Begini Tempat Tinggal Masa Depan Manusia

Tenda Bulma Dragon Ball - openthetoy.com

Mungkin bagi pecinta Dragon Ball pasti kenal dengan gambar di atas. Gambar di atas adalah rumah dan motor yang digunakan Bulma saat menjelajah mencari dan mengumpulkan tujuh bola naga. Rumah dan motor di atas dibuat hanya dengan melemparkan kapsul milik capsule corp milik Bulma. Pada seri Dragon Ball, rumah yang ditrigger dari kapsul milik capsule corp ini komplit. Bahkan tersedia shower air panas segala.

Bentuk rumah instan seperti yang Bulma miliki ini ternyata di masa sekarang desainnya mirip sekali dengan rumah tahan gempa. Bentuknya yang nyaris seperti setengah bola ini juga sering disebut rumah teletubbies. Atau kalau ingat dengan film Lord of The Ring, mirip sekali dengan rumah-rumah perkampungan Hobbit.

Rumah tahan gempa di Desa Sumberharjo, Yogjakarta - liputan6.com

Bentuk bangunan seperti ini juga ternyata jadi inspirasi untuk membuat rumah perahu modern. Sebutlah namanya JET CAPSULE. Rumah perahu ini didesain untuk hidup di laut dan menjelajah dunia. Desain persis seperti UFO di film alien. Desain yang sangat unik ini membuat manusia bisa menjelajah dalam kemewahan dan kenyamanan. Rumah perahu ini mampu bergerak dengan kecepatan maksimal 4 mph dengan baling-baling yang energinya disuplai dari cahaya matahari.

JET CAPSULE ini juga dilengkapi dengan sistem tata kelola air yang sangat hebat. Dengan mengumpulkan air hujan dan air laut, bisa digunakan untuk mandi, minum dan menyiram tanaman. Iya, ada kebun kecil di dalamnya. Dan di dalamnya juga sudah tersedia dapur layaknya rumah perahu mewah.



Ide gila rumah perahu sepertinya berlanjut menjadi kota terapung yang modular. Iya modular karena setiap bangunan bisa plug and play hingga membentuk area kota. Konsep ini seolah menjawab tantangan pemanasan global yang memprediksi air laut akan terus meninggi. Namanya Artisanopolis. Fasilitasnya hampir sama dengan JET CAPSULE si rumah perahu. Hanya saja skalanya jauh lebih besar.



Semoga saja konsep kota terapung ini cuma konsep saja dan tidak terealisasi. Karena harapannya bumi ini akan tetap terjaga sehingga ketinggian air laut tidak semakin meninggi. Jadi buat apa membuat kota terapung sementara bumi masih sehat dan segar bugar?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment