5 Hal Ini Baik Untuk Melatih Otak

ilustrasi otak - nationalgeography.com

Hingga saat ini, otak masih menjadi bahan penelitian yang seksi untuk para ilmuwan. Betapa tidak, benda yang rumit ini mampu mengendalikan seluruh otot yang ada di dalam tubuh manusia hanya dengan mengirimkan sinyal saja. Jadi, cukup satu sinyal, manusia bisa mengendalikan otot yang berada di ujung kaki dengan bantuan otak.

Selain sebagai alat penelitian yang seksi, otak adalah bagian di dalam tubuh manusia yang paling penting. Konon ketika otak mati, maka mati lah seluruh jasad manusia itu sendiri. Otak yang buruk, maka akan menghasilkan tubuh dan prilaku tubuh yang buruk pula. Sementara otak yang sehat tentu akan menghasilkan olah tubuh yang juga baik.

Banyak peneliti kemudian menemukan cara-cara agar otak kita menjadi lebih sehat. berikut 5 cara melatih otak agar tetap sehat :

1. Berolahraga


Lari pagi - informasikan.com

Ada yang tidak suka berolahraga? Tentu lebih banyak dampak buruknya dibanding dengan dampak positif yang dihasilkan. Olahraga selain membuat tubuh kita bugar dan fit, ternyata olahraga juga membantu untuk mengaktifkan otak. Jadi, jangan heran jika setiap pagi kita juga disarankan untuk berolahraga ringan. Selain karena alasan kebugaran, olahraga pagi juga membantu membuat hari lebih bersemangat.

Kenapa?

Karena ketika tubuh kita bergerak (olahraga), maka aliran darah di dalam tubuh akan semakin lancar dan bagus. Nah, otak manusia sangat membutuhkan oksigen untuk tetap bekerja dengan baik. Dengan olahraga, maka aliran darah yang semakin lancar juga menyebabkan suplai oksigen ke otak akan menjadi lebih lancar.

Tahu kan apa yang terjadi ketika otak tidak cukup oksigen?

Kita lebih mudah menguap dan mengantuk.

2. Membaca


Membaca buku - whelladwinurlela.blogspot.com

Buku adalah jendela dunia. Itu kata orang-orang zaman dahulu. Tapi sekarang yang jadi jendela dunia adalah internet. Kita dengan mudah menemukan apapun di sini. Tapi tentu membaca buku secara fisik memberikan dampak yang lain pada diri. Misalnya saja tidak ada radiasi cahaya pada saat membaca buku cetak dibandingkan dengan membaca melalui gawai.

Sedikitnya terdapat dua manfaat dari membaca bagi otak. Pertama orang yang gemar membaca akan melatih otak kirinya. Fungsi otak kiri untuk membantu manusia menyelesaikan suatu masalah secara sistematis dan detail. Selain melatih otak kiri, ternyata membaca juga mampu meningkatkan memory otak.

3. Musik


Bermain Biola - maricari.com

Ini dia yang sepertinya disukai oleh semua orang. Walaupun orang tersebut tidak mahir dalam bermusik, tentu dia akan mencari jalan lain untuk mewujudkan cita-citanya. Untuk manfaat bermusik sendiri terdapat dua manfaat.

Pertama, dengan bermusik, para ilmuwan mengatakan bahwa dengan bermusik, maka akan meningkatkan kecerdasan manusia. Kedua, dengan bermusik ternyata mengembangkan kemampuan berpikir. Mungkin perempuan yang satu ini adalah jago bermusik dan penyanyi bagus.

4. Belajar Bahasa 

ilustrasi bahasa - merdeka.com

Belajar bahasa baru juga ternyata sangat baik untuk melatih otak. Kegiatan ini menurut para ilmuwan dipercaya akan memperlambat penuaan otak dan meningkatkan produktifitas. Terbukti saat kita belajar bahasa baru, tentu selain harus mengingat arti dan maksud bahasa, kita juga harus bisa melafalkan bahasa baru tersebut dengan lidah, mulut, tenggorokan bahkan hidung kita agar pelafalannya benar dan tepat.

5. Bermain Video Games

ilustrai bermain games - theodysseyonline.com

Mungkin kegiatan ini adalah kegiatan yang paling dibenci oleh orangtua. Sebuah kegiatan yang sama sekali tidak tampak manfaatnya di mata orangtua. Duduk dan bermain game ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi otak. Dengan bermain game, dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan meningkatkan kecepatan reaksi.

Dengan bermain game, pemain harus konsentrasi terhadap game. Hal ini lah yang melatih otak untuk lebih konsentrasi. Karena sering dilatih, maka kemampuan konsentrasi akan meningkat. Begitu juga dengan kecepatan reaksi. Hanya dengan melihat layar, jari-jemari tangan dengan lihai menekan-nekan tombol pada stik permainan. Sensor dan refleks gerak ini kemudian akan terlatih dengan sangat baik. Tapi jangan lebih dari 30 menit sehari bermain game, bisa bahaya.

Itu lah 5 kegiatan yang baik untuk melatih otak. Yang mana yang sering kamu lakukan? Sebisa mungkin semuanya.

Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment