Ini Fungsi Lain Totem di Film Inception

totem pada film inception - saieshkpsych.blogspot.co.id
Masih ingat film Inception? Buat yang belum nonton ya bisa cari sendiri lah. Siapa tahu di google play movie ada filmnya. Tinggal bayar dan nonton. Nah pada film Inception itu si tokoh utama Dom Cobb selalu membawa totem yang berbentuk pada gambar utama di atas.

Totem itu adalah semacam benda kecil yang bisa dimainkan bisa berupa keseimbangan atau lain-lain yang sifatnya tidak konstan. Nah, Dom Cobb ini menggunakan totem dengan bentuk seperti gambar di atas. Dan cara memainkannya adalah dengan diputer seperti gangsing. Jika totem tersebut terus berputar dan berputar dan tidak jatuh-jatuh, artinya Dom Cobb ini sedang berada di dalam mimpi. Sementara jika totem ini tidak terus berputar, artinya dia berada di dunia nyata.

Jadi, secara tidak langsung, penggunaan totem ini digunakan untuk mengingatkan pelaku inception bahwa mereka sedang berada di dalam mimpi atau tidak. Kurang lebih seperti itu.

Tapi...

Memainkan totem ini seringkali menjadi cara untuk menghapuskan bosan. Masih ingat video klip Britney Spears yang berjudul Baby One More Time? Pada sebuah scene digambarkan kalau Britney sedang memainkan pulpen. Nah itu juga fungsi sebuah totem.


Selain untuk mengusir bosan, penggunaan totem seperti yang digunakan oleh Britney ini dapat juga membantu penggunanya untuk fokus. Persis seperti yang dilakukan dalam film Inception tadi. Totem digunakan untuk fokus dan menganalisa, dimana kita sekarang. Tapi dalam kehidupan nyata, memainkan totem yang berbentuk pulpen itu bisa membantu orang untuk berpikir dan mencari ide.

Sepertinya celah ini dimanfaatkan oleh Jym Daniel dan Kent Lyon. Mereka kemudian menciptakan Think Ink Pen yang diklaim dapat membantu penggunanya untuk tetap fokus. Seperti apa bentuknya? Nih lihat video di bawah ini :


Sudah lihat videonya? Tertarik punya gak? Biar bisa main-mainin totem sambil tetap fokus.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment