Pelajaran Dari Film Alice Through The Looking Glass

Poster film Alice Through The Looking Glass - screenrant.com
"Satu-satunya cara untuk mencapai hal mustahil yaitu percaya hal tersebut tidak mustahil."
Begitu quote yang muncul di awal film yang dilontarkan oleh Alice sangn kapten kapal saat lolos dari kejaran perompak di Selat Malaka. Iyes, di film ini Alice sudah dewasa dan sedang ekspedisi memimpin sebuah kapal ke China. Alice Kingsleigh mengikuti jejak ayahnya mengarungi lautan.

Saat kembali ke London, Alice mengetahui mantan tunangannya, Hamish Ascot sudah mengambil alih perusahaan milik ayahnya dan berencana untuk memaksa Alice menjual kapal ayahnya dengan ganti rugi rumah. Jadi kapal ayahnya dijual demi menyelamatkan rumah keluarganya. Ini yang kemudian tidak patut ditiru, dalam galaunya, Alice justru ngabur sambil mengejar Absolem yang tembus ke balik kaca.

Absolem - dailymail.co.uk
Selanjutnya Alice bertemu dengan Mirana, the White Rabbit dan teman-teman Alice di Underland. Di sini Alice mendapatkan berita buruk. Bahwa Tarrant Hightopp, the Mad Hatter dalam kondisi kesehatan yang sangat buruk. Karena keluarganya menghilang setelah kejadian Serangan Naga Jabberwocky. Seluruh keluarganya hilang, masih hidup dan entah di mana. Itu yang diyakini oleh Tarrant, sementara sahabat-sahabatnya justru menganggap keluarga Hightopp sudah meninggal karena serangan Jabberwocky si naga.

Mirana si Ratu putih meyakinkan Alice bahwa hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menjelajah waktu ke masa lampau dan menyelamatkan keluarga Hightopp. Caranya dengan menggunakan Chronosphere. Benda ini ada di sebuah tempat yang dimiliki oleh Time. Seorang setengah dewa dan setengah manusia yang sebagian manusia dan sebagian jam.

Alice mengambil Chronosphere - capture youtube.com
Saat mengambil Chronosphere sebenarnya Alice sudah diperingatkan oleh Time bahwa masa lalu tidak pernah bisa berubah. Dia akan tetap terjadi dengan caranya sendiri. Namun Alice tetap tidak peduli dan tetap berangkat ke masa lalu dengan menggunakan Chronosphere. Dan tanpa sengaja Alice menuju tempat di mana Iracebeth dinobatkan sebagai calon ratu. Namun di sana dia mendapati Tarrant mengejek Iracebeth yang mengakibatkan keretakan hubungan Tarrant dengan keluarganya. Saat itu Iracebeth gagal dinobatkan karena prilaku yang sangat kasar.

Setelahnya, Mirana mengatakan kalau Iracebeth seperti ini lantaran kejadian dulu yang disebabkan oleh Mirana juga. Mendengar hal ini, Alice menggunakan Chronosphere dan kembali ke masa lalu.

Iracebeth dan Mirana - philstar.com
Alice kemudian berhenti pada masa dimana Iracebeth dan Mirana masih kecil. Ternyata Mirana saat itu jahil, ia makan kue di dekat tempat tidur Iracebeth. Saat ditanya itu kue siapa yang makan, maka Iracebeth jadi yang tertuduh. Tidak terima difitnah, Iracebeth lari dari istana. Ia lari kencang tidak melihat jalan. Dia kemudian tersandung dan jatuh. Kepalanya terbentur. Sejak saat itu lah Iracebeth sangat dikenal dengan kata-kata yang kasar dan tempramen. Mungkin saat jatuh dan kepalanya terbentur itu Iracebeth menjadi konslet dan mudah marah.

Akhirnya Alice memutuskan untuk ke masa dimana Jabberwocky menyerang tempat keluarga Hightopp berada. Ternyata eh ternyata, di sana dia menemukan bahwa Jabberwocky itu dikontrol joleh Iracebeth dan seluruh keluarga Hightopp selamat dan menjadi tawanan Iracebeth. Alice kembali ke masa sekarang dan kemudian menceritakan hal tersebut pada Tarrant dan kawan-kawannya. Alice and the gank kemudian berusaha menyelamatkan keluarga Hightopp.

Hightopp Family
Kejadian puncaknya tidak usah diceritakan lah ya pada tulisan ini. Intinya setelah Iracebeth dan Mirana menggunakan Chronosphere, Mirana kemudian meminta maaf pada Iracebeth dan mengembalikan keluarga Hightopp dalam keadaan normal. Lalu Alice kembali ke dunia nyata.

Di sana Alice mendapati ibunya kemudian rela untuk tidak mendapatkan rumah dan tetap mempertahankan kapalnya. Sebuah ending yang membahagiakan bagi Kingsleigh.

SELESAI.

Lantas apa PELAJARANNYA?

Pertama, jangan lupa meminta maaf. Lihat persaudaraan Mirana dan Iracebeth menjadi kacau hanya karena tidak ada permintaan maaf.

Kedua, dengarkan nasihat si ahli, jangan sembrono. Time kan sudah beritahu Alice bahwa masa lalu tidak dapat diubah. Eh Alice tetap nyelonong saja ke masa lalu.

Ketiga, pertemanan dan persahabatan itu bagai kepompong. Ini yang agak kurang penting. Karena dengannya, Tarrant berubah menjadi lebih baik. Tentunya dengan berteman dan bersahabat dengan teman-teman dan sahabat-sahabatnya.

Keempat, Keluarga adalah yang utama. Ini seperti keluarga cemara. Ini yang diperlihatkan si nyonya Kingsleigh ibunda Alice. Dia urung menjual kapal demi mendapatkan rumahnya. Dia memilih untuk melihat anaknya mengejar mimpi hingga dia merelakan rumahnya.

Kelima dan seterusnya cari saja sendiri ya. Caw..!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment