Pesan Dramatis Sing

poster film Sing - comingsoon.net
Saat menyaksikan trailer film ini, mungkin banyak yang pesimis seperti saya. Film ini terkesan murahan karena mendompleng fenomena kompetisi bernyanyi dunia. Cuma bedanya, ini dimainkan dengan karakter hewan seperti Zootopia. Coba lihat trailernya di bawah ini :


Cheezy banget ya? Tapi salah total.

Adalah seekor Koala bernama Buster Moon memiliki sebuah teater. Dia sudah sejak lama tertarik dengan dunia pertunjukan. Hingga akhirnya dia mengelola sebuah teater. Namun teater yang dikelolanya sangat buruk. Buruk karena banyak hal. Teater yang tidak laku membuat manajemen kesulitan uang hingga buruk pula perlakuan pada para pekerjanya.

Karena terlilit hutang, Moon berencana membuat sebuah kompetisi bernyanyi dengan hadiah US$ 1.000. Untuk mendukung rencananya itu, Moon meminta bantuan kawannya yang kaya raya, Eddie yang merupakan cucu dari artis teater terkenal, Nana.

Moon Buster - sing.wikia.com
Tapi saat mencetak flyer terjadi kesalahan. Harusnya total hadiah US$ 1.000, malah menjadi US$ 100.000. Alhasil menjadi sangat menggiurkan dan banyak sekali yang ikut serta. Tentunya dengan berbagai latar belakang.

Setiap karakter peserta punya latar belakang tersendiri yang seru untuk diulas dan diambil pesannya. Yang pertama, Moon Buster. Dia adalah bos dari teater yang mengadakan kompetisi bernyanyi ini. Semangatnya untuk terus maju sangat bisa dicontoh. Tapi jangan diikuti juga spiritnya dengan menghalalkan segala cara untuk maju. Karena bisa jadi merugikan orang lain.

Momen dimana teater tetap menjalankan kompetisi bernyanyi ditengah keterbatasan adalah momen yang berkesan buat saya. Tidak ada listrik, curi dari gedung sebelah. Kurang kru teater, Moon yang bergerak. Walaupun dirinya sempat terpuruk dan mengubur mimpinya akan teater dan menjadi pencucui mobil tapi Moon berhasil bangkit karena mendengar suara emas Meena si gajah.

Ash - capture youtube.com
Waktu pertama tahu kalau orang dibalik Ash si landak ini adalah Scarlett Johansson ya sempat ragu. Apakah Scarlet bisa bernyanyi? Tapi ternyata terjawab kalau musik dan suaranya yang serak seksi pas banget.

Ash ini sebenarnya datang audisi bersama kekasihnya, Lance. Tapi Moon kemudian mengambil Ash untuk pertunjukan solo. Ada perseturuan antara Ash dengan Lance. Lance merasa dirinya lebih pantas menjadi lead singer sementara Ash tidak. Keegoisan Lance ini dibalut dengan istilah band. Menjijikan ya?

Ash tetap maju untuk ikut kompetisi. Alasannya sederhana, jika dirinya menang dan kemudian dikenal, dia bisa maju bersama Lance sebagai sebuah band. Tapi lance kemudian punya selingkuhan baru. Ya sakit hati lah si Ash ini. Emosinya berasa sekali saat lagu pamungkas pertunjukkannya.


Peserta berikutnya yang menarik adalah Rosita dan Gunter. Gunter adalah seorang entertainer yang karakternya sangat egosentris. Pernaha ada kejadian dimana Rosita jatuh, saat Moon bertanya, justru Gunter yang menjawab "I'm OK!".

Sementara Rosita adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang hidupnya membosankan. Saat Rosita melihat flyer tentang kompetisi menyanyi ini, dia merasa menemukan tujuan baru. Yang ajaibnya, Rosita ini ternyata sangat cerdas. Tahu sendiri kan kalau babi itu anaknya banyak, dan Rosita berhasil membuat mekanik yang membantu seluruh pekerjaannya terkait ke 24 anaknya.

Gunter & Rosita - bostonglobe.com
Rosita juga adalah otak dibalik berlangsungnya pertunjukkan menyanyi. Dengan kemampuan tekniknya, dia berhasil memimpin para peserta lain untuk membangun teater yang sudah hancur lebur. Gunter dan Rosita adalah performer perdana yang sukses.


Johnny si Gorila pun hadir dalam kompetisi bernyanyi ini. Dia adalah anak dari seorang penjahat berkelompok yang biasa merampok bank. Ayahnya sering mengeluh dengan kinerja Johnny yang sepertinya tidak bisa diharapkan. Lupa pasang topeng lah, tidak mengawasi dengan benar lah, dan lain sebagainya.

Johnny - gannett-cdn.com
Sampai satu titik kelompok ayahnya gagal merampok bank dan berhasil ditangkap. Hal tersebut terjadi karena Johnny ternyata sedang berlatih untuk kompetisi bernyanyi. Ayahnya jelas sangat kecewa pada Johnny. Dia menganggap Johnny sebagai anak tidak berguna.

Di tengah kegundahannya tersebut, Johnny tetap mengejar mimpinya untuk bernyanyi dan terus berlatih. Hingga pertunjukkan terakhirnya dengan menggunakan piano sukses. Bukan hanya sukses membuat penonton berdecak kagum, tapi juga sukses membuat ayahnya mengakui pilihan anaknya dan bangga dengan pilihan anaknya tersebut.


Meena si gajah yang sepertinya superstar pertunjukkan ini. Karakternya pemalu menjadikannya sulit mengeluarkan kemampuan bernyanyinya. Hanya kalangan keluarga saja yang tahu keindahan suara Meena. Dorongan kakeknya lah yang membuat Meena percaya diri untuk ikut kompetisi bernyanyi ini. Tapi sayang rasa gugupnya sukses membuatnya gagal.

Meena menjadi trigger untuk Moon untuk bangkit. Suaranya di atas reruntuhan teater membangkitkan semangat Moon untuk tetap mewujudkan mimpinya. Dan di akhir pertunjukkan, Meena yang semula diremehkan Mike akhirnya mendapat pengakuan dari Mike.


Yang terakhir ini yang paling kampret. Namanya Mike dengan perawakan tikus putih. Awalnya dia adalah pengamen jalanan dengan menggunakan saxophone. Tapi dia kasar dan oportunis. Sempat memaksa orang untuk memberinya uang. bahkan ketika flyer kompetisi bernyanyi ini datang padanya, dia yakin betul kalau dirinya lah orang yang pantas mendapatkan hadiah utama.

Mike
Wataknya yang oportunis dan kasar ini membuatnya mendapatkan banyak sekali masalah. Dari perseteruan dengan Beruang di bar hingga perlentenya membeli mobil mewah. Alhasil bisa dibilang kalau Mike ini tenggelam dengan kesombongan dan kelakuannya. Dia yang merasa jumawa karena bakatnya yang paling mentereng dibandingkan yang lain akhirnya bubar jalan setelah mendengar suara emas Meena.

Sempat ada adegan dikejar-kejar Beruang, tapi kemudian berhasil lolos bersama kekasihnya. Tapi masih ada beruang di atas mobilnya. Entah bagaimana kelanjutannya.

Yang jelas ini film rekomen banget. Apalagi endingnya yang agak ketebak sih. Teater akhirnya mendapat suntikan dana dari Nana. Si artis super kaya nenek dari Eddie. Dan akhirnya, Moon sukses mewujudkan mimpinya untuk memiliki gedung pertunjukan.

Tonton deh!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment