Ini Fungsi Lain Hutan Mangrove

Ilustrasi hutan mangrove - ebiologi.com
Pernah main ke hutan mangrove? Saya sih belum. Pasalnya setiap mendekati perairan payau rasanya tidak enak. Enggak tahu kenapa kalau pertemuan air darat dan air laut rasanya seperti angker. Mungkin cuma perasaan saja karena dulu waktu kecil sering membaca cerita seram dari Tatang S. Tapi sekarang sudah tidak pernah lagi ke perairan payau. Apalagi perairan yang memiliki hutan mangrove-nya.

Padahal beberapa waktu lalu wisata hutan mangrove sempat populer. Selain mendukung ekosistem, juga bisa jadi data tarik tersendiri untuk wisata dan jadi mata penghasilan yang baru. Disamping fauna yang hadir di sini juga unik, mangrove juga punya ciri unik dan bermanfaat.

Akarnya yang seperti menembus air ini ternyata sangat kokoh. Bahkan sebuah percobaan mengatakan kalau salah satu fungsi hutan mangrove ini adalah untuk mencegah terjadinya tsunami. Ya mungkin tsunami dengan ukuran setinggi pohon mangrove ini.

Nih lihat videonya :

Asik ya. Sudah manfaat lingkungannya dapat, bisa jadi mata pencaharian baru karena tempat ini bisa jadi menghasilkan banyak ikan. Eh tapi juga bisa digunakan untuk menghalau tsunami. Lumayan banget kan?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment