Mau Jadi Touchscreen Tinggal Semprot? Kok Bisa?

Touchscreen peta amerika - nerdist.com
Baru-baru ini muncul lagi teknologi yang menggemparkan. Muncul footage video yang memperlihatkan mudahnya membuat touchscreen pada bidang datar hanya dengan menyemprotkan cat. Lalu bidang tersebut langsung menjadi touchscreen dan bisa dimanipulasi pada komputer.

Videonya seperti ini :


Bisa dibayangkan bagaimana pemanfaatannya kelak? Mungkin sudah tidak perlu lagi instalasi listrik yang ribet pada bangunan. Karena kelak cukup semprot-semprot lalu install kebutuhan dan kegunaannya pada komputer saja.

Atau mungkin kita bisa membuat remote TV sendiri di sofa atau kasur. Cukup semprot-semprot saja. Bayangkan betapa nilai ekonominya tinggi sekali. Sangat tinggi dan bisa membuat apapun selama bisa terkoneksi.

Kok bisa?

Teknologi ini sepertinya masih dikembangkan oleh Carniege Mellon University di Pittsburgh sana. Spray cat ini seperti konduktor yang bisa mendeteksi sentuhan. Lantas untuk mendeteksi sentuhan terdapat pada titik mana digunakan elektroda-elektroda pada sisi-sisi bidang.


Coba lihat yang saya lingkari pada gambar di atas. Itu adalah elektroda yang digunakan untuk mendeteksi dimana titik sentuhan terjadi. Konsepnya sama seperti A-GPS pada handphone Android yang menggunakan setidaknya 3 tower provider untuk mendapatkan posisi tanpa menggunakan GPS satelit. Jadi, semakin banyak elektroda yang dipasang, maka semakin presisi titiknya.

Mungkin kalau mau baca-baca seperti apa teknologinya bisa lihat di sini.

Kebayang ya kalau sudah ada opensource-nya dan bisa dibuat sendiri liquid untuk spraynya pasti akan berubah total mindset teknologi yang selama ini kita gunakan. Bisa lebih yahud.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment