Okja: Ketika Mija Mengorbankan Segalanya untuk Okja

Poster Okja - tv.bt.com
Enggak tahu kenapa ada dorongan pingin nonton film ini. Mungkin karena ditayangkan di Netflix jadi kesannya lebih independent dan seringkali mengangkat isu-isu dunia yang ajib dan cenderung lebih nakal. Ya kesannya film yang eksklusif di Netflix dan HBO itu pasti temanya longlasting. Karena menurut saya film yang diangkat pada platform ini tema besarnya harus longlasting agar bisa dinikmati lintas waktu.

Film ini dibuka pada setting tahun 2007, adalah Lucy Mirando seorang CEO Mirando Corporation, menggantikan kakek kontroversialnya, ayahnya dan saudara kembarnya yang kejam, Nancy. Dia mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mengembangbiakan jenis babi super. Dua puluh enam spesimen jumlahnya dan dikirim ke sebanyak petani di berbagai lokasi di seluruh dunia, dan dibuatlah semacam kompetisi untuk mencari metode peternak mana yang terbaik dan sepuluh tahun kemudian, salah satu dari mereka akan dinobatkan sebagai pemenang kompetisi untuk menghasilkan yang terbaik.

Lucy Mirando - legionofleia.com
Sepuluh tahun kemudian pada tahun 2017, seorang gadis muda bernama Mija hidup bahagia di pedesaan Korea Selatan bersama kakek dan babi supernya, Okja. Setting Mija dan Okja ini keren banget. Ada di hutan di perbukitan yang sepertinya ada di pedalaman Korea Selatan. Mija dan Okja sedang mencari buah. Mija ini akrab sekali dengan Okja (si babi super). Hubungan mereka sudah seperti manusia dan anjing. Tidak seperti manusia dan babi.

Mereka kemudian dikunjungi oleh juru bicara dan ahli kimia Mirando Dr. Johnny Wilcox, yang menyatakan Okja sebagai babi super terbaik dan mengumumkan bahwa mereka akan membawanya ke New York City. Kakek Mija yang tahu kedekatan emosional Mija dengan Okja ini mengajak Mija untuk mengunjungi kuburan orang tuanya. Di sana sang kakek memberikan babi emas pada Mija. Sang kakek ingin membeli Okja dan babi emas itu bisa digunakan untuk biaya hidup masa depan Mija katanya.

Okja dan Mija - hollywoodreporter.com
Mija yang tahu kalau babi emas itu adalah pengganti Okja tidak terima. Dia kemudian menyusul Okja ke Seoul. Di sini digambarkan benar-benar seorang gadis pedalaman Mija yang memaksa masuk pada perusahaan perpanjangan tangan Mirando Corporation tampak seperti anak kampungan yang tidak tahu tatakrama. Ya jelas saja marah-marah, dia sedang terbakar emosi.

Di saat yang sama, ternyata Okja sudah berada di dalam truk besar dan dikejar oleh Mija. Gadis ini berhasil mengejar truk yang akhirnya dicegat truk lain, yang dijalankan oleh Front Pembebasan Hewan (ALF). Dalam kekacauan yang dihasilkan Mija dan Okja melarikan diri menyebabkan malapetaka meski akhirnya mereka diselamatkan oleh ALF. Menyadari bahwa Mija adalah pemilik Okja, mereka mengatakan kepadanya bahwa rencananya adalah memasang alat rekaman di telinga Okja dan membiarkannya ditangkap kembali oleh perusahaan Mirando untuk menunjukkan betapa brutalnya mereka memperlakukan hewan mereka.

Mija mengatakan kepada mereka untuk mengembalikannya ke pegunungan tapi penerjemah mereka, K, sengaja berbohong, memimpin kelompok tersebut untuk percaya bahwa Mija sesuai dengan rencana mereka. Mereka meninggalkannya, dan Okja kembali tertangkap.

Gerombolan ALF saat akan membebaskan Okja - motherboard.vice.com
Sementara itu, rekaman Okja dan Mija yang berjalan di jalanan Seoul telah menjadi sentimen negatif bagi Mirando Corporation. Untuk meminimalkan sentimen tersebut, Lucy membayar Mija untuk datang ke New York untuk dipertemukan kembali di atas panggung dengan babinya.

Okja kemudian dibawa ke laboratorium di New Jersey di sana sudah ada Wilcox yang mabuk. Okja kemudian dipertemukan dengan seekor babi jantan yang sedang bernafsu - mau kawin maksudnya. Penggambaran adegan ini bisa dibilang Okja diperkosa oleh si babi jantan. Dan sadisnya lagi, setelah disetubuhi (halah bahasanya) Wilcox yang sedang mabuk ini mengambil sample daging Okja untuk langsung dimasak dan dicicipi.

ALF yang sudah memasang alat perekam itu melihat kejadian tersebut. Dan saat menonton adegan ini, K mengungkapkan bahwa dia dengan sengaja berbohong kepada anggota kelompok lainnya tentang dukungan Mija terhadap rencana tersebut untuk melanjutkan misi tersebut. Sebagai tanggapan, Jay dengan marah dan memukul K, dan pada saat yang sama mengusirnya dari ALF, karena dengan sengaja salah menerjemahkan persetujuan Mija ke rencana tersebut, yang menyebabkan perlakuan kejam ini pada Okja. Jay bersumpah untuk membantu Okja dan Mija dan menggunakan rekaman tersebut untuk mengekspos pelecehan hewan terhadap korporasi Mirando.

Ekspresi K saat melihat penyiksaan terhadap Okja - karolina-dean.tumblr.com
Di New York City, Mija menghabiskan waktunya untuk belajar bahasa Inggris dan dipaksa untuk menyetujui keinginan perusahaan Mirando. Jay, pemimpin ALF, masuk ke kamarnya dan mengatakan kepadanya bahwa mereka masih berencana untuk menyelamatkan Okja saat di atas panggung. Sebuah parade besar diletakkan oleh Mirando Corporation, yang memberikan daging gratis di jalan. Mija bersatu kembali dengan Okja yang sudah buta dan babak belur tidak mengenalinya dan menyerangnya. Dalam kekacauan yang terjadi, Jay mencoba menyakiti Okja, tapi Mija mencegahnya melakukannya, menenangkan Okja sehingga dia mengenali Mija.

Video tentang perlakuan Wilcox terhadap Okja sukses ditayangkan pada layar besar panggung oleh ALF sehingga bisa dilihat oleh semua orang. Mija dan ALF berusaha melarikan diri dengan Okja,

Nancy saudara kembar Lucy dengan cepat mengambi alih Mirando Corporation, merebut kembali Okja dan membuat anggota ALF dipukuli dan ditangkap oleh keamanan pribadi mereka dan NYPD. Nancy menutup lab, menarik semua pemasaran promosi Lucy, dan mulai beroperasi penuh waktu di rumah jagal mereka. Jay dan Mija diselamatkan oleh K yang sekarang punya tato Translations are Sacred.


Tato pada lengan K - vulture.com
Jay dan K mengajak Mija untuk menemukan Okja di rumah jagal massal. Kelompok mencari Okja tapi tidak dapat menemukannya sampai Mija melihat dia naik ke rumah jagal. Untuk menyelamatkan Okja dia berjalan melalui pabrik pembunuhan dan melihat banyak babi super yang mati. Mija melihat Okja saat dia akan disembelih dan menunjukkan foto dirinya dan bayi Okja pada karyawan Mirando. Pria itu tampaknya bergerak, tapi Nancy datang dan memberitahu Mija dan orang yang Okja harus disembelih. Mija menawarkan babi emas ke Nancy dengan imbalan kehidupan Okja. Nancy menyetujui kesepakatan tersebut sementara kemudian menangkap Jay dan K.

Saat Mija dan Okja pergi, mereka melihat lebih banyak babi dibawa ke pembantaian. Sepasang babi super berhasil mendorong bayi mereka melewati pagar, dan Okja menyembunyikannya di dalam mulutnya untuk mengambilnya.

Kembali ke pedesaan, Mija melanjutkan hidupnya bersama kakeknya, Okja, dan anak babi yang baru. Kemudian salam adegan pasca-kredit, Jay dilepaskan dari penjara dan naik bus dengan K dan anggota organisasi lainnya, yang mengungkapkan bahwa ALF akan mengganggu sebuah pertemuan besar yang melibatkan semua pemegang saham Mirando.

Sepertinya pertarungan ALF dengan Mirando belum selesai. Mungkin ada lanjutannya. Btw akhir dari tulisan ini saya sertakan trailernya, siapa tahu tertarik menonton.


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment