Alat Ini Bantu Kamu Jadi Manusia Super

salah satu image pemanfaatan exoskeletons - 33rdsquare.com
Buat pecinta film fiksi ilmiah pasti tahu film-film semodel Starship Troopers yang memiliki pasukan khusus dengan perlengkapan super canggih seperti senjata yang otomatis mengenai target, armor yang sangat kuat dan lain sebagainya. Salah satu yang mungkin dikenal dari film-film fiksi ilmiah macam ini adalah hadirnya teknologi pakaian yang bisa meningkatkan kemampuan penggunanya.

Meningkatkan kemampuan penggunanya itu ya tentu meningkatkan kemampuan seperti mengangkat benda berat, atau mungkin memukul. Kita mungkin kenal istilah bionic body yang menggabungkan tubuh biologis dengan mesin sehingga kekuatannya berlipat-lipat, tapi tidak dengan baju super, ya pokoknya siapa yang pakai ini bisa punya kekuatan tambahan.

Salah satu yang berkembang dari pakaian super ini adalah exoskeleton. Bisa diartikan tulang yang berada di luar tubuh. Kalau dalam bahasa biologi bisa berupa cangkang atau kulit dari lobster atau kepiting misalnya. Tapi dalam hal teknologi, exoskeleton ini diciptakan untuk dipakai manusia agar dapat melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan.

Penggunaan exoskeleton pada 1890 misalnya di Rusia oleh Nicholas Yagn, digunakan untuk membantu orang yang lumpuh untuk berjalan. Pokoknya menggunakan kakinya.

Gambar paten Nicholas Yagn - cyberneticzoo.com
Tidak berhenti sampai situ, pada tahun 1960, General Elektric dan Angkatan Bersenjata Amerika mengembangkan exoskeleton yang diberinama Hardiman. Kemampuannya bisa mengangkat 110 kg seperti mengangkat 4.5 kg. Artinya bisa 20 kali lipat kemampuan orang biasa. Belakangan proyek ini terhenti, katanya sih karena ada masalah saat menyentuh angka 680 kg. Ah tapi kan teknologi militer memang selalu dirahasiakan.

Penggunaan exoskeleton ini bisa beragam bidang, dari mulai kesehatan untuk membantu yang lumpuh seperti yang sudah digagas Nicholas Yagn, hingga membantu untuk pertahanan diri seperti yang digagas militer Amerika. Tapi yang populer sekarang, justru exoskeleton yang digunakan untuk membantu para pekerja.



Salah satu company yang sudah menggunakan alat ini untuk pekerjanya adalah Ford pada pusat perakitan di Amerika sana. Lah lumayan membantu pekerjanya yang sehari setidaknya mengangkat tangan 600an kali. Mengurangi pegal dan meringankan pekerjaan.
Tapi tetep, armor beginian yang masih juara ya punyanya IronMan. Iya gak?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment