Begini Penampakan Underpass Kartini di Lebak Bulus, Tapi...

Nama Underpass persimpangan poin square - foto pribadi
Sejak 22 Februari 2018 kemarin akhirnya underpass Kartini ini dibuka. Underpass ini menghubungkan langsung Jl. Metro Pondok Indah dengan Jl Jkt - Bogor (maaf kalau nama jalan salah, karena saya ambil dari google map). Lewat underpass ini tidak lagi kena lampu merah, Jadi, bisa langsung cuss baik yang menuju Ciputat atau pun yang menuju Karang Tengah.

Sempat frustasi kalau pulang kantor saat pengerjaannya, karena setelah halte Busway depan Swiss-Belhotel Pondok Indah, langsung menyempit jalannya yang tadinya 4 lajur menjadi 2 lajur, beberapa kali bahkan menjadi 1 lajur. (eh bener kan ya namanya lajur?). Tapi sekarang sudah lancar. Dan penampakan lewat Underpass Kartini bisa dilihat pada video di bawah ini :


Tapi ada yang aneh dengan dibangunnya Underpass Kartini ini. Dari arah Pondok Indah, sudah tidak bisa lagi mengambil jalur lurus tanpa melalui Underpass. Semua yang tidak lewat Underpass, pilihannya cuma 2. Belok kanan ke Jl. R.A Kartini, atau belok kiri ke Jl. Tahi Bonar Simatupang Raya.


Dengan kata lain, untuk mampir ke Poin Square dari Jl Metro Pondok Indah kamu harus ke kiri terlebih dahulu ke Jl TB Simatupang lalu putar balik di persimpangan Fatmawati. Dengan kata lain, jarak dan waktu tempuh ke Poin Square di Pondok Indah semakin jauh dan semakin lama. Kayaknya makin sepi aja nih Poin Square terlebih setelah ditinggal Matahari.

Untuk Carefour Lebak Bulus masih beruntung karena punya pintu masuk di Jl. R.A Kartini, jadi untuk pengunjung dari arah Pondok Indah tetap bisa langsung masuk.

Sejak Underpass Kartini dibuka, saya merasakan titik macet baru. Bukan baru juga sih, tapi berasa macet aja. Titik pertama ada di persimipangan Jl Jkt-Bogor dan Jl. Lebak Bulus Raya. Karena ternyata di situ adalah pintu masuk menuju proyek MRT ditambah dengan adanya angkot yang masih suka ngetem. Kasihan abang-abang angkot enggak punya tempat ngetem selama pembangunan stasiun MRT.

Titik macet kedua ada di pertigaan Jl Adiaksa Raya dengan Jl Lebak Bulus Raya. ini kerusuhan banget kalau pas jam sibuk. Udah kayaknya, itu titik macetnya. Dan yang pasti masih jadi titik macet adalah pembangunan stasiun MRT Lebak Bulus ini. Karena pasti pas finishing pasti bakal ada lah tutup-tutup jalan.

Bener-bener enggak sabar Stasiun MRT Lebak Bulus nanti jadinya kayak apa. Pengen tahu aja nanti angkot dan Bus Bandara bakal ada di mana. Kalau Busway udah keliatan lah ya integrasinya. Soalnya saya cari-cari bagaimana angkot dan bus bandara ini di Stasiun Lebak Bulus masih belum ketemu. Adanya gambar di bawah ini aja :

Area stasiun Lebak Bulus - jakartamrt.co.id
Udah gitu aja, berbagi cerita Underpass Kartini dan penasaran dengan Stasiun MRT Lebak Bulus.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment