Meksiko Buat Taman Laut Besar Untuk Melindungi Spesies yang Terancam Punah


Mexico City (Reuters) - Pemerintah Meksiko telah menciptakan taman laut seukuran Illinois di Pasifik, cagar alam terbesar di Amerika Utara untuk konservasi sinar raksasa, paus dan kura-kura, termasuk puluhan spesies yang endemik di daerah tersebut.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto pada hari Jumat menunjuk Kepulauan Revillagigedo, yang terletak sekitar 390 km (242 mil) tenggara semenanjung Baja California, sebagai taman nasional.

Keempat pulau vulkanik yang membentuk Kepulauan Revillagigedo dan perairan sekitarnya adalah rumah bagi ratusan spesies hewan dan tumbuhan, termasuk sinar matahari, paus bungkuk, kura-kura laut, kadal dan burung migran.

Kepulauan ini kadang-kadang dikenal sebagai Galapagos di Amerika Utara, mengacu pada pulau-pulau Ekuador yang memiliki banyak spesies endemik yang mengilhami ahli biologi Charles Darwin.

Luas 148.000 kilometer persegi (57.143 mil persegi) adalah tempat berkembang biak bagi spesies komersial seperti tuna dan sierra.

Kini semua kegiatan penangkapan ikan akan dilarang, serta pembangunan infrastruktur hotel di kepulauan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Angkatan Laut "akan melakukan kegiatan pengawasan, peralatan dan pelatihan yang mencakup pemantauan jarak jauh secara real time, pendidikan lingkungan diarahkan pada nelayan dan sanksi terhadap pelaku," kata Pena Nieto.

Penciptaan taman laut ini diharapkan dapat membantu memulihkan populasi ikan yang terpukul oleh penangkapan ikan komersial dan dipuji oleh World Wildlife Fund dan milyarder Inggris Richard Branson.


sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment