Inilah mengapa Swedia adalah negara terbaik untuk menjadi orangtua

Ilustrasi anak dan orangtua - REUTERS/Luke MacGregor
Banyak orangtua yang memiliki pengalaman sedih karena meninggalkan rumah untuk bekerja sebelum anak-anak mereka bangun, hanya untuk kembali setelah mereka pergi tidur.

Namun, ada satu negara di negara maju di mana (karena sistem pendukung orang tua yang dermawan) ini kurang umum: Swedia. Dan berkat skema ini, orang tua dapat bekerja lebih pendek, atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

Negara ini tahun lalu memilih yang terbaik di dunia untuk perawatan anak, dan berada di urutan kedua setelah Belanda untuk kehidupan keluarga.

Cuti orang tua terlama di dunia

Orangtua Swedia diberi lebih banyak waktu luang untuk merawat anak-anak yang baru lahir daripada orang-orang di negara lain. Dan - sementara negara-negara lain mungkin menawarkan cuti hamil dan paternitas yang lebih lama - tidak ada yang memiliki skema yang lebih murah hati kepada kedua orang tua.

Orang tua memiliki tunjangan cuti 480 hari, 390 di antaranya dengan bayaran 80%. 90 hari sisanya dibayar dengan harga tetap.

Tunjangan dapat dibagi 50-50 antara kedua orang tua, tetapi ada juga periode minimum tiga bulan tidak dapat dialihkan untuk setiap orang tua dalam 480 hari, manfaat yang menempatkan Swedia di antara ayah yang paling murah hati kepada ayah baru.

Namun, sementara orang tua tidak perlu mengambil tiga bulan, mereka kehilangan apa pun yang tidak mereka gunakan.


Saat ini ada usulan untuk meningkatkan "gunakan atau kehilangan itu" elemen cuti untuk ayah sampai lima bulan, karena ayah cenderung dibandingkan dengan ibu untuk menggunakan seluruh uang saku mereka.

Peningkatan “kuota ayah” ini akan membuat ayah Swedia melompati rekan-rekan Perancis mereka dan memiliki cuti ayah ketiga terlama di dunia setelah Korea Selatan dan Jepang.

Namun, sementara pemerintah membuat proposal dalam upaya untuk mempromosikan pembagian cuti yang sama, pemerintah juga mengusulkan untuk memotong tunjangan keseluruhan menjadi 460 hari.

Pembayaran sakit untuk anak-anak

Dukungan Swedia untuk orang tua tidak berhenti pada masa bayi: mereka juga dapat mengambil hingga 120 hari cuti per tahun untuk merawat anak yang sakit hingga usia 12 tahun.

Dikenal sebagai vĂ¥rd av barn, yang berarti “merawat anak” di Swedia, orang tua dibayar sedikit malu 80% dari gaji mereka untuk merawat anak mereka yang sakit. Dana tersebut diberikan kepada orang tua melalui skema kompensasi pemerintah alih-alih majikan mereka.

Orangtua bahkan dapat mengajukan hingga 60 hari kompensasi jika anak mereka sehat tetapi pengasuh reguler mereka, seperti pengasuh anak atau kakek-nenek, tidak sehat dan tidak dapat merawat anak. Waktu istirahat untuk membawa anak-anak ke dokter dan janji dokter gigi juga tercakup dalam skema ini.

Tunjangan anak

Sementara itu, anak-anak di Swedia dapat menghadiri prasekolah secara sukarela sejak usia satu tahun, dan secara wajib dari usia tiga hingga enam tahun. Pemerintah membayar selama tiga jam prasekolah per hari.

The prasekolah, yang dipandang dianggap sebagai jembatan untuk pendidikan arus utama, fokus pada campuran bermain dan belajar.

Orangtua dengan anak-anak di bawah usia delapan tahun yang belum menyelesaikan tahun pertama sekolah mereka berhak untuk mengurangi waktu kerja mereka hingga 25%, sehingga mengubah delapan jam sehari menjadi enam jam.

Ini memberi orang tua anak-anak muda waktu untuk mengantarkan mereka ke pengasuh atau di sekolah - atau hanya pulang ke rumah sebelum anak-anak mereka tidur.

sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment