3 Alasan Pilih Asuransi Mobil Raksa



Mendingan masukin asuransi, baru bisa bawa mobil juga kan? Lumayan loh!

Masih teringat pesan kakak ipar waktu pertama kali melihat mobil kami. Memang bukan mobil baru sih, mobil bekas. Diputuskan untuk dibeli karena kondisinya sangat baik. Bukan cuma karena masih mulus, tapi juga karena mobil ini bukan mobil harian, tapi mobil mingguan yang dipakai seminggu sekali saja. Bayangkan saja untuk setahun pemakaian, tidak sampai 12 ribu kilometer. Terlebih saat dibandingkan dengan harga mobil jenis ini di pasar mobil bekas, selisihnya bisa sampai 20an juta.

Umur segini baru bisa nyetir? Kemana aja?

Agak memalukan memang, lulus kuliah lebih dari 5 tahun tidak punya SIM A. Prinsip baru mau bisa kalau punya sendiri bisa dibilang salah juga sih. Rada malu kalau jalan-jalan bareng naik mobil pribadi, bisa jadi prioritas terakhir yang diajak karena dianggap tidak terlalu berguna. Baru kerasa sekarang setelah punya mobil sendiri, baru belajar, baru bisa, dan lecet di mana-mana.


Dan konyolnya, lecetnya itu selalu saat parkir di rumah, justru kalau di jalan mah aman-aman saja. Dari spion kanan patah, depan kanan dan kiri, sampai belakang kanan pun akhirnya lecet.

Makanya nanti sebelum Damar lulus sekolah atau mau masuk kuliah, kudu bisa bawa kendaraan. SIM A dan SIM C kudu punya. Lah kan Rasulullah juga memberi pesan ajarkan anakmu memanah, berenang dan berkuda bukan? Anggap saja punya SIM A dan SIM C adalah tambahan dari ajaran berkuda. Biar makin mandir.

Mencari Asuransi Mobil

Proses pencarian asuransi mobil ini terbilang alot dan panjang. Dari mulai tanya teller bank untuk rekomendasi asuransi mobil yang cocok, hingga menyempatkan diri untuk hadir pada acara kumpul blogger yang membahas soal asuransi mobil.

Oh iya, untuk urusan asuransi, saya bisa dibilang kolot. Saya termasuk yang trauma dengan metode telemarketing soal penawaran asuransi. Pokoknya beneran kolot deh, kudu ketemu orangnya, pingin tahu lebih rinci bagaimana aturan mainnya dan seterusnya. Karena di era sekarang kan informasi harusnya dengan mudah tersajikan ya, tinggal aktif saja mencari informasinya entah di website atau kirim brosur via email atau WA.

Balik lagi ke soal asuransi mobil pada acara kumpul blogger kemarin, saya punya kriteria untuk saya pribadi dalam memilih asuransi mobil. Dan RaksaOnline (nama asuransi mobil yang dikenalkan) menjawab tuntas kriteria saya tersebut. Ini kriteria yang menurut saya penting :

1. Informasi Produk Mudah Didapat.

Jaman sekarang itu eranya informasi, setiap orang dengan mudah memberikan informasi. Baik melalui chat, social media, video, bahkan website (istilahnya user generated content). Kita semua bisa jadi publisher. Saking banyaknya informasi yang berseliweran ini membuat generasi sekarang itu berpikir kritis. Ditambah lagi kemampuan observasi yang sudah mewabah membuat generasi sekarang ini kian mandiri mencari informasi.

Saya salah satunya, makanya saya tidak senang jika informasi hanya dating dari telemarketing saja. Pingin caritahu lebih dalam, bagaimana reviewnya dan seterusnya.

RaksaOnline menjawab hal tersebut dengan setidaknya 2 hal :

Pertama, simulasi premi asuransi mobil. Dari sini, secara gamblang dapat diketahui apa saja produk yang dimiliki oleh RaksaOnline. Tinggal isi saja sesuai dengan kebutuhan. Tentunya yang paling penting adalah perkiraan harga kendaraan, tahun kendaraan dibuat dan penggunaan kendaraan. Selebihnya tinggal pilih fasilitas apa yang diinginkan.

Kalau bingung bagaimana menentukan harga mobil yang dimiliki saat ini, bisa klik saja pada tombol lihat harga mobil yang akan langsung mendaratkan kita pada laman mobil123. Di sana kita bisa tahu berapa harga pasaran mobil kita. Ini cocok untuk yang punya mobil second macam saya. Dan kalau sudah diisi semua, bakal keluar total premi yang harus dibayar.

nominal premi setelah isi harga kendaraan dan kebutuhan lain.
Ingat ya! Premi yang tertera di sini adalah premi tahunan. Dan bisa saja naik atau turun tergantung pada hasil survey kendaraan lanjutan.

Kedua, fitur chat dengan customer service. Lagi-lagi tidak seperti telemarketing yang ketika kita ada pertanyaan setelah percakapan, kita bingung mau tanya ke mana. Fitur chat pada RaksaOnline ini sangat membantu. Kalau semisal malam habis diskusi dengan istri dan kemudian ada pertanyaan, tinggal tanya saja lagi.


Patut dicatat ya! Untuk chat ini hanya dijawab saat jam kerja saja. Sepertinya dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Tolong koreksi kalau saya salah.


2. Berorientasi Pada Nasabah.

Ini poin penting untuk urusan jasa. Harus memiliki orientasi pada Nasabah. Pokoknya gimana caranya biar nasabahnya terpuaskan. Minimal tenang saat menghadapi musibah, tidak justru ditambah ribet oleh pihak asuransi. Dan lagi-lagi dijawab dengan lugas oleh RaksaOnline dengan setidaknya 3 hal. Hal ini diluar layanan fasilitas derek 24 jam dan jaringan bengkel di seluruh Indonesia.

Pertama, Member Club. Asuransi Raksa ini punya club member untuk para nasabahnya. Terbagi menjadi dua, Silver dan Gold. Yang jelas untuk Gold adalah mereka yang harga mobilnya diatas 900 juta a.k.a mobil MEVVAH.

Kalau ditanya fasilitasnya apa? Untuk yang Silver dulu ya. Selain ruang tunggu yang nyaman, juga mbak-mbaknya siap membantu kita. Selain ruang tunggu yang enak dan komplimen gratis macam kopi.


Bagaimana dengan yang Gold? Sama seperti Silver, dengan tambahan personal asisten. Kurang? Yang Gold juga punya reflexology, manicure dan pedicure. Tentu juga dengan priority authorized workshop. Secara mobilnya mahal, fasilitasnya juga kudu lebih.


Kedua, Aplikasi Mobile. Jaman sekarang pelayanan tidak disertai aplikasi mobile itu rasanya hampa. Mungkin ini yang mendasari RaksaOnline kemudian mengeluarkan aplikasi mobile untuk para nasabahnya di Android.



Selain informasi seputaran RaksaOnline, aplikasi ini juga membantu nasabahnya untuk mencaritahu posisi bengkel terdekat dan tempat klaim terdekat (tempat klaim ini bisa pindah-pindah karena dapat dilakukan pada Moline – Mobil Raksa Online). Juga bisa memantau perkembangan klaim secara real-time.

Ketiga, Mobil Raksa Online. Ini dia yang saya maksud pindah-pindah. Adalah mobil yang keliling-keliling untuk mempromosikan RaksaOnline secara offline. Eh aneh juga ya bahasanya, maksudnya Asuransi Raksa secara offline. Mobil ini keliling-keliling seputaran Jabodetabek.


Karena fungsinya juga sebagai penerima klaim, maka interior mobilnya pun terbilang nyaman. Bahkan dilengkapi kulkas mini segala.


3. Berpengalaman Dan Punya track record Baik.

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Setidaknya mencari asuransi mobil yang sudah berpengalaman dan punya rekam jejak yang baik adalah yang utama. Tercatat Asuransi Raksa ini berdiri sejak tahun 1975. Walah, usianya saja sudah lebih tuir dari usia saya. Kalau tanya bagaimana rekam jejaknya, lihat saja pada halaman testimony di websitenya.

secuplik testimoni
Lagian kalau penghargaan terhadap nasabahnya kurang/tidak memuaskan, pasti akan ditinggalkan. Tidak akan bertahan hingga sekarang dan tidak mencakup seluruh Indonesia.

Ajib ya 3 kriteria di atas, terjawab tuntas semua. Sangat layak RaksaOnline sebagai Asuransi Mobil.
Share on Google Plus

1 komentar :

  1. Asuransi buat mobil penting ya Mi. Utamanya buat nyetir di Jakarta. Kita udah hati-hati banget, eh orang pada sembrono.

    ReplyDelete