Inilah rahasia psikologis yang memastikan kereta api Jepang berjalan tepat waktu

REUTERS/Toru Hanai
Kereta api Jepang, termasuk sistem komuter lokal dan rute jarak jauh yang menjangkau sebagian besar negara, merupakan objek yang sering dikagumi karena kecepatan, efisiensi, dan ketepatan waktu yang hampir berlebihan. Efektivitas keseluruhan sistem sangat tergantung pada geografi unik Jepang dan beberapa penyelarasan yang sangat cerdas antara transportasi dan perencanaan real estat. Tetapi setiap hari (atau menit ke menit), beberapa trik psikologis yang menarik juga membantu menjaga semuanya berjalan lancar.

Menurut CityLab, kereta api Jepang sangat bergantung pada apa yang disebut “teori nudge”, atau sinyal kecil yang hampir tidak sadar mempengaruhi perilaku pengendara, menjaga lalu lintas pejalan kaki bergerak lancar melalui stasiun yang padat. Hal-hal ini melampaui dasar-dasar indikator boarding yang jelas, peta yang dirancang dengan baik, dan pengumuman yang sepenuhnya dapat didengar - yang mana terlalu banyak sistem transit AS yang sudah mengalami kesulitan untuk dieksekusi.

Misalnya, sistem kereta api Jepang menggunakan melodi yang menenangkan untuk memberi sinyal kepergian, bukan dari bel yang keras, yang mana studi telah menunjukkan mencegah cedera dengan membuat penumpang tidak terburu-buru. Sedikit lebih Machiavellian adalah penggunaan suara ultrasonik, tidak terdengar bagi penumpang yang lebih tua, untuk membubarkan kerumunan orang yang berpotensi mengganggu remaja.

Penggunaan nudge halus juga meluas untuk melatih operator, yang diharapkan untuk memberi isyarat dengan tangan mereka dan menyatakan tindakan yang dimaksudkan dengan keras. Itu meningkatkan keterlibatan mental dan mengurangi kesalahan operasi.

Yang jauh lebih serius adalah penggunaan lampu biru yang menenangkan di bagian-bagian tertentu dari platform, yang telah terbukti mengurangi upaya bunuh diri oleh orang-orang yang melompat di depan kereta. Bunuh diri secara umum adalah masalah sosial utama di Jepang, dan bunuh diri dengan kereta api juga sering menyebabkan gangguan serius terhadap sistem operasi yang lancar.

Allan Richaz/CityLab
Mencegah gangguan kecil atau besar sangat penting untuk berfungsinya transportasi massal secara efisien; tanyakan saja pada New Yorker yang pernah mendidih dengan marah ketika penumpang baru masuk ke dalam kereta bawah tanah tanpa membiarkan para pengendara keluar terlebih dahulu. Namun bagi para pendukung mass transport Amerika, penyempitan seperti itu dapat mengambil tempat di belakang investasi bawah yang kronis yang telah meninggalkan sistem termasuk kereta bawah tanah New York dan Amtrak yang semakin tidak aman dan tidak efisien.


sumber


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment