Yuk Main di Kerlap-kerlip Pasar Malam



Pasar tempat jual beli konon katanya berasal dari kata bazaar yang berasal dari Persia. Seiring berkembangnya jaman, pasar memiliki banyak jenis. Dari komoditas yang dijual sampai waktu penyelenggaraannya. Pasar yang hanya menjual ikan, lebih dikenal dengan pasar ikan. Pasar yang muncul hanya pagi hari, disebut pasar pagi. Tapi ada yang berbeda dengan pasar malam yang saya datangi di daerah Krukut (daerah perbatasan antara Jakarta dan Depok).

Seperti pasar malam di hampir seluruh wilayah Indonesia. Pasar malam hanya berlangsung pada event-event tertentu dan berada di tempat tertentu saja. Biasanya mereka pindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun pasar malam memiliki ciri khasnya sendiri. Penuh kerlap-kerlip dan memanjakan anak kecil.

Di depan pintu masuk ke dalam pasar, kita sudah dihadang oleh tukang pancing. Dia punya kolam kecil yang diisi ikan mainan, bola-bola plastik warna-warni. dan pernak-pernik lain warna-warni yang mengambang.

Semakin masuk ke dalam, semakin hingar bingar suaranya. Meriah dan ramai. Arena-arena permainan mulai tampak. Masing-masingnya juga dihias lampu-lampu warna-warni yang menarik. Semuanya khusus untuk anak-anak. Karcisnya pun murah, hanya 5.000 rupiah per anak untuk satu permainan.



Permainan yang pasti ada pada setiap ada pasar malam salah satunya adalah komedi putar. Entah kenapa dikasih nama komedi putar. Berbentuk lingkaran. Berputar. Ada kuda-kudaan. Bebek-bebekan. Kursi duduk yang bentuknya seperti kereta kencana. Komedi putar ini kemudian berputar sambil diiringi musik.

Agak masuk ke dalam, kita akan menemui permainan yang hampir mirip dengan komedi putar. Permainan ini juga sama-sama berputar. Tapi permainan memberikan sensasi naik dan turun seperti saat sedang naik perahu menerjang ombak. Mungkin itu lah sebabnya permainan ini diberi nama ombak banyu. Beberapa daerah punya nama khas. Di daerah Bekasi diberi nama Kemidi Ombak. Sementara di daerah Sulawesi sana bernama Pusing Beliung. Terimakasih pada Bang Ibay dan Mak Ratih yang berbagi info nama permainan ini.


Agak ke tengah pusat pasar malam ada perahu besar mirip perahu jaman penjajahan dulu. Warnanya ungu dan tangkai geladak berwarna hijau. Kalau dilihat-lihat, perahu ini mirip terong. Aturan mainnya seperti ayunan. Perahu diayun ke depan dan belakang. Teriakan dan tawa menghiasi permainan ini. Pokoknya kalau naik ini bikin 'deg-deg ser'.


Tepat di pusat pasar malam, kita bakal ketemu sama bintang permainan pasar malam. Permainan ini seolah sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk pasar malam. Berbentuk kincir besar yang banyak orang menyebutnya bianglala. Permainan ini juga tak kalah dengan permainan yang lain. Lampu-lampu warna-warni juga menghiasi rangkanya. Bahkan rangka dan ruang-ruangnya pun penuh warna. Semarak dan meriah. Pokoknya kalau sudah diposisi teratas, semua sudut pasar terlihat.



Selain permainan-permainan di atas, masih ada dua permainan lagi. Ini permainan ketangkasan dengan hadiah yang lumayan. Permainan ini diberinama ketangkasan bola genit. Untuk bermain, cukup keluarkan 1.000 rupiah untuk bermain 2 bola. Dan 2.000 rupiah untuk bermain sebanyak 5 bola.



Permainan bola genit ini juga sederhana, bola yang kita punya, harus ditempatkan pada tempat bola diujung yang posisinya pas sekali hanya untuk satu bola. Kita cukup menggelindingkan bola karet tadi. Halangannya di tengah papan permainan diberi paku-paku yang mengganggu. Bola kita harus melalui paku tersebut sebelum sampai ke bawah. Gaya gravitasi dan Gaya dorong tangan kita menentukan posisi akhir bola di ujung nanti. (sok ngerti fisika)


Selain ketangkasan bola genit, ada juga permainan ketangkasan lain. Sebut saja permainan lempar cincin. Harga permainannya sama seperti bola genit. 1.000 rupiah untuk 3 cincin dan 2.000 rupiah untuk 6 cincin. Kita diberi jarak untuk melemparkan cincin kita pada kayu-kayu bundar yang menonjol di papan permainan. Masing-masing kayu yang menonjol, dituliskan kode-kode huruf. Kode-kode ini yang nantinya ditukarkan dengan hadiah.



Begini lah kumpulan hadiah yang menarik hati. Ada dispenser sampai ember. Tapi jelas, untuk dapat salah satunya, perjuangannya tidak mudah. Benar-benar memerlukan ketangkasan ekstra. Yang paling jago main basket sekali pun belum tentu mahir dalam permainan ini.



Sebelum pulang, jangan lupa mampir beli mainan. Murah. 15.000 rupiah dapat dua jenis. Tinggal dipilih maunya yang mana. Kios mainannya lengkap. Untuk macam-macam usia anak ada di sini semua.



Begitu lah kerlap-kerlip meriahnya pasar malam. Kalau mau bikin anak makin sayang, atau sekedar kepingin bikin anak senang dengan harga murah yang tidak bikin gelisah, cukup ajak main saja ke pasar malam. Pasti seru. Dan murah meriah tentunya.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment