ETU x Wardah di VAMFF2016 Buka Pasar Internasional untuk Fashion Indonesia



Penduduk dunia yang memeluk Islam saat ini diperkirakan antara 1,25 - 1,4 Milyar orang. Menurut www.30days.net pada tahun 2013, sebaran agama islam mencapai 21.43% dari total penduduk dunia 7.021.836.029.


Menurut catatan The Almanac Book of Facts pada tahun 2011, dalam satu dekade terakhir penduduk dunia membengkak sebanyak 137%. Dimana yang beragama Kristen tumbuh sebesar 46%. Sementara yang beragama Islam tumbuh sebesar 235%. Jadi tidak heran kalau diperkirakan kelak pada tahun 2070 Islam akan menjadi agama mayoritas di dunia.

Seiring meningkatnya jumlah penduduk beragama Islam di dunia tentu juga meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya produk halal. Dengan market saat ini mencapai 20% dari total penduduk dunia, tentu ini adalah market super besar yang sangat menggiurkan. Jadi jangan heran jika beberapa negara berpenduduk muslim besar mengajukan diri menjadi Pusat Halal dunia. Termasuk Indonesia.

Kesadaran umat Islam dunia tidak terhenti pada halal haram sebuah produk saja. Segala aspek kehidupan masuk di dalamnya termasuk soal berbusana. Dengan kesadaran yang tinggi ini, semakin banyak gelaran-gelaran peragaan busana yang menghadirkan jajaran pilihan model-model pakaian berhijab. Seperti yang perhelatan Virgin Australia Melbourne Fashion Festival 2016 (VAMFF2016) ini, Kali ini, perwakilan Indonesia adalah ETU. ETU menjadi perwakilan bukan tanpa alasan, ETU terpilih karena menjadi pemenang dari The ANZ Australia – Indonesia Young Fashion Designer Award, hasil kerjasama Australia-Indonesia Centre, Jakarta Fashion Week, dan Femina Group.
Melihat kesempatan ini, Wardah sebagai pelopor kecantikan halal mendukung penuh dan menjadi sponsor utama untuk ETU di perhelatan VAMFF2016. ETU x Wardah akan berkolaborasi untuk menghadirkan yang terbaik sebagai wakil dari Indonesia. Salman Subakat selaku Direktur Marketing Wardah Cosmetics menuturkan bahwa Wardah akan terus berkomitmen untuk mendukung brand lokal Indonesia untuk menembus pasar global. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri kosmetik, Wardah memiliki hubungan yang sangat erat di industri lifestyle dan fashion. Kehadiran Wardah terhadap pengembangan brand lokal merupakan wujud kontribusi Wardah terhadap kemajuan ekonomi kreatif Indonesia. Atas dasar itulah, Wardah mempersembahkan event Succeeding Together yang bertujuan untuk meningkatkan competitiveness brand lokal Indonesia di mata dunia internasional, yang untuk selanjutnya mencapai kesuksesan bersama demi kepentingan ekonomi dan bangsa.

ETU x Wardah di kancah VAMFF2016 tentu harus didukung sepenuhnya. Menurut Joshua M. Simandjuntak selaku Deputi IV Badan Ekonomi Kreatif bidang Pemasaran, saat ini nilai ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia ke Australia hanya menyentuh nilai USD 176 juta per tahun. Sementara potensi pasar fashion Australia mencapai USD 15 milyar atau Rp. 202 triliun per tahun. 

Selain potensi ekspor tekstil dan produk tekstil, Australia dan Oceania menurut data UN pada tahun 2012, sejak 1989 hingga 2012, perkembangan jumlah pemeluk agama Islam paling cepat. Yakni ada di angka 257.01%. Menurut catatan yang disampaikan Joshua M. Simandjuntak bahwa angka penduduk muslim di Australia mencapai kurang lebih 500 ribuan orang.

Dengan tampilnya ETU x Wardah di VAMFF2016 tentu penduduk Australia bakal melihat desain-desain dari Indonesia. Acara VAMFF2016 juga pasti akan menjadi sorotan bagi pecinta fashion di Australia sana. Berita-berita tentangnya pasti jadi headline di kanal fashion dan lifestyle. ETU x Wardah sebagai perwakilan dari Indonesia tentu akan menghiasi kanal-kanal tadi.

Dengan semakin dikenalnya produk fashion asal Indonesia oleh penduduk Austarlia, harapannya akan meningkatkan kedekatan emosi produk fashion Indonesia dengan mereka. Terlebih dengan canggihnya era internet sekarang ini. Mereka bisa langsung pesan produk fashion lain, langsung dari Indonesia.

Semoga saja ini jadi pintu untuk produk-produk Indonesia lainnya agar semakin dikenal di kancah Internasional.



sumber : 

  • islamislami.com
  • tempo.co
  • etuforvamff2016.com


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment