Google AMP Percepat Akses Mobile


Smartphone dan tablet telah merevolusi cara kita mengakses informasi, dan hari ini banyak orang beralih menggunakan ponsel untuk mengakses berita. Para penyedia layanan berita di seluruh dunia menggunakan web mobile untuk menjangkau pembaca ini, tapi banyak juga dari pembaca yang akhirnya meninggalkan halaman berita. Setiap kali membuka sebuah halaman web, butuh waktu terlalu lama untuk bisa dilihat, mereka kehilangan pembaca-dan kesempatan untuk memperoleh pendapatan melalui iklan. Hal ini terjadi karena pengiklan di situs ini membutuhkan waktu lebih lama agar iklannya dapat dilihat.

Berdasarkan penglaman ini, google bekerja sama dengan penyedia konten web membuat inisiatif open source baru yang disebut Accelerated Mobile Pages yang bertujuan untuk meiningkatkan kinerja web mobile. Halaman web yang kaya konten seperti video, animasi dan grafis akan bisa muncul bersamaan dengan iklan. AMP hadir dan mampu bekerja di beberapa platform dan perangkat sehingga konten dapat muncul di mana-mana dalam sekejap - tidak peduli jenis ponsel, tablet atau perangkat seluler yang digunakan.

Proyek ini bergantung pada AMP HTML, kerangka terbuka baru yang dibuat seluruhnya dari teknologi web yang ada, yang memungkinkan situs web untuk menampilkan halaman web ringan.

Seiring waktu kami mengantisipasi bahwa produk Google lainnya seperti Google News juga akan mengintegrasikan dengan AMP HTML. Saat ini tercatat hampir 30 penerbit dari seluruh dunia turut serta dalam proyek ini.Kolaborasi menarik ini sudah merangkul banyak penyedia konten seperti Twitter, Pinterest, WordPress.com, Chartbeat, Parse.ly, Adobe Analytics dan LinkedIn

Selanjutnya Google AMP ini akan fokus pada bidang berikut :

Konten

Penyedia web semakin bergantung pada konten yang kaya seperti gambar, peta, sosial plug-in, visualisasi data, dan video untuk membuat cerita mereka lebih interaktif dan menarik. Mereka juga perlu untuk mengimplementasikan iklan dan analisis untuk menguangkan konten dan untuk memahami apa yang pembaca mereka suka dan tidak suka. AMP yang open source, memungkinkan penyedia web untuk fokus pada memproduksi konten yang besar, dan AMP mengurus sisanya.

Distribusi

Penyedia web tentu ingin orang-orang untuk menikmati berita atau artikel yang dibuat di mana saja dan kapan saja. Sehingga cerita atau konten yang dihasilkan di Spanyol dapat disajikan dalam sekejap seluruh dunia, seperti Indonesia. Itu berarti distribusi di semua jenis perangkat dan platform sangat penting. Jadi, sebagai bagian dari upaya ini, kami telah merancang sebuah pendekatan baru untuk caching yang memungkinkan penerbit untuk terus meng-host konten mereka sementara memungkinkan untuk distribusi yang efisien melalui global cache milik Google yang memiliki kinerja tinggi. Dengan AMP, Google akan membuka Cache server untuk digunakan oleh siapa saja secara gratis.

Iklan

Layanan Iklan memberikan dana dan konten di web. Dengan Accelerated Pages Mobile, akan mendukung berbagai format iklan, jaringan iklan dan teknologi yang komprehensif. Setiap situs yang menggunakan AMP HTML tetap pada jaringan iklan pilihan mereka, Ini juga merupakan tujuan inti dari proyek AMP untuk tetap mendukung subscriber dan paywalls.

AMP akan melindungi arus informasi yang bebas dengan memastikan web mobile bekerja lebih baik dan lebih cepat untuk semua orang, di mana saja.

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut Martin Hartono selaku CEO KASKUS, saat ini KASKUS masuk dalam projek Google AMP di Indonesia. Jadi jangan heran saat menggunakan ponsel, akses KASKUS terasa lebih cepat.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment