Sejarah Jepang dalam 9 Menit


"Paham itu artinya ketika elo udah bisa ngejelasin sesuatu sama orang lain."

Begitu yang dosen saya katakan waktu di sela-sela diskusi dengan mahasiswanya. Jadi, jangan heran katanya kalau ada dosen yang bertanya soal sesuai yang sudah diajarkan pada mahasiswanya. Hal ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana pemahaman si mahasiswa dengan mata kuliahnya.

Sama seperti channel youtube bill wurtz ini. Pada channel tersebut saat ini terdapat satu video yang sangat menarik. Diberi judul History of Japan. Video berdurasi 9 menit ini benar-benar merangkum keseluruhan sejarah Jepang dari mulai Bronze Age.

Jika merujuk pada wikipedia, sejarah Jepang diurai dengan sangat detail subjudul hingga 12 buah. Sementara bill wurtz merangkumnya hanya dengan 9 menit. Padahal kalau dilihat-lihat video yang lain dari channel ini semuanya aneh dan sepertinya tidak penting. Hanya satu video ini saja yang nongkrong dengan durasi yang panjang.

Jadi, bisa disimpulkan orang dibalik channel bill wurtz ini paham betul sejarah Jepang sehingga mampu membuatnya dalam 9 menit dengan tampilan yang menarik dan menghibur. Berikut videonya :

Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment