3 Drone Mungil


Teknologi drone memang sedang seksi. Masih ingat saat pilpres Indonesia 2014 lalu juga memasukan kata drone dalam debat capres yang kala itu melibatkan dua kandidat, Jokowi - JK dan Prabowo - Hatta. Bahkan saking seksinya soal drone, pertanyaan terkait drone untuk pengawasan dan penggunaannya untuk militer jadi isu HOT.

Ragam drone memang semakin BUANYAK sekali dewasa ini. Dari mulai yang besar dan bisa mengangkut manusia hingga yang mungil yang ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan. Sepertinya seru untuk menyingkap sedikit ragam drone mungil yang ada.

1. Micro Drone



Sudah lihat kan betapa kecilnya ukuran drone yang bernama Micro Drone di atas? Drone buatan UK ini saat ini sudah masuk episode 3 alias sudah versi 3.0. Pada versi terdahulunya, 2.0+, Micro Drone masih belum dapat dikendalikan dengan menggunakan smartphone. Sedangkan saat ini untuk versi 3.0, drone mungil ini bisa dikendalikan melalui radio dan smartphone.


Walaupun kecil dengan kapasitas baterai terbatas yang hanya bisa terbang kurang dari 10 menit, micro drone ini sudah dilengkapi kamera yang mampu merekam video dengan resolusi HD. Dan yang keren, drone mungil ini bisa melakukan streaming video hingga seolah-olah seperti terbang. Bayangkan kalau dilihat dengan menggunakan VR. Seru banget.

2. Nano Drone



Tidak hanya Micro Drone yang mengembangkan drone mungil rupanya, penantangnya Nano Drone hadir dengan ukuran lebar sekitar 5 cm dan tinggi kurang dari 2 cm ini sudah dilengkapi fitur 6-Axis Gyro. Axis-Gyro sendiri adalah sensor gerak yang membuat stabil pergerakan sebuah drone. Umumnya untuk empat baling-baling (quadcopter) hanya memiliki 3-Axis-Gyro. Namun untuk Nano Drone ini sudah dilengkapi dengan 6-Axis-Gyro yang menjadikannya jauh lebih stabil.


Memang untuk 3-Axis-Gyro pergerakan drone akan lebih cepat dibandingkan dengan 6-Axis-Gyro. Tapi kecepatan tinggi juga rasanya tidak akan berpengaruh untuk Nano Drone ini. Kan ukurannya mungil. Jadi bebannya juga akan mungil. Jadi bakalan kuenceng. Lihat saja video di atas.

3. Axis Wallet Drone



Satu lagi drone mungil yang juga fenomenal. Disebut Axis Wallet Drone. Sesuai namanya, drone ini hanya berukuran sebesar dompet. Jadi jika ingin dibawa kemana-mana cukup dimasukan ke dalam saku saja. Praktis.


Ukuran yang sebesar dompet itu sudah berikut dengan kontrolernya. Desain yang compact menjadikan drone ini sangat asik untuk dibawa-bawa dan sangat cocok untuk pemula.

Sudah segitu saja 3 drone mungil yang sangat cocok untuk pemula. Tapi perlu diingat, drone ini bukan mainan untuk mesum. Jangan gunakan drone mungil ini untuk mengintip. DOSA!

Eh kok malah saya yang kasih ide ya? Hadeeeeeeh...
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment