Yuk Jalan-Jalan, Inspirasi 10 Orang Top Karena Traveling

Ilustrasi jalan-jalan - bbc.com
Pernah dengar sindiran untuk orang yang kurang jalan-jalan? Itu loh sindiran saat ada orang yang stalking atau berkomentar terlalu sempit. Sindiran itu sangat kasar sepertinya, selain menyindir, sekaligus memberikan penilaian bahwa orang tersebut kurang mengenal dunia luar. Hingga sulit memahami apa yang sedang terjadi.

Jalan-jalan, selain mendapat wawasan baru mengenai tempat baru, ternyata dapat juga menghadirkan inspirasi untuk yang melakoninya. Banyak tokoh dunia yang justru karya-karya dan apa yang dia capai sekarang ini adalah hasil dari inspirasi yang hadir saat jalan-jalan. Berikut 10 orang Top yang menemukan inspirasinya dari jalan-jalan.

Howard Schultz – CEO Starbucks


Howard Schultz - aib.edu.au/
Pada usia 29 tahun, Howard melakukan perjalanan ke Itali dan melihat budaya minum kopi orang Itali. Dia membawa konsep minum kopi ini ke Amerika dan membangun perusahaan yang saat ini nilainya mencapai 78 Miliar Dollar Amerika.

Dietrich Mateschitz – Co-founder Redbull

Dietrich Mateschitz - pitchi.com 
Pada usia 40 tahun, Mateschitz melakukan perjalanan ke Thailand. Disana dia melihat pengemudi taksi tuk-tuk minum sesuatu untuk tetap terjaga. Setelah mencicipi minuman tersebut, dia membeli sebuah perusahaan kecil dan saat ini sudah menjelma menjadi bisnis besar dengan nilai 20 miliar dollar.

J.K. Rowling – Penulis Harry Potter


J.K. Rowling - huffpost.com
Pada usia 25 tahun, Rowling terjebak pada sebuah perjalanan kereta dari Manchester ke London. Mungkin karena bengong, dia kemudian menemukan ide-ide untuk menulis yang memerlukan 5 tahun untuk menyelesaikannya. Ide-ide tersebut kemudian menjadi serial novel dengan nilai 15 miliar dollar.

Steve Jobs – Co-Founder Apple

Steve Jobs - historything.com
Pada usia 23 tahun, Steve melakukan ziarah selama 7 bulan ke India yang kemudian disebut sebagai “salah satu dari dua atau tiga hal paling penting yang pernah saya lakukan selama hidup”.

Mark Zuckerberg – Co-Founder Facebook

Mark Zuckerberg - biography.com
Pada tahun 2008, Steve Jobs merekomendasikan Mark juga untuk melakukan ziarah ke India, kemudian muncul surat berikut “ini adalah bagian penting bagi perusahaan kami pada awal kemunculannya”.

Christopher Columbus – Penjelajah Dunia Baru

Christopher Colombus - history.com
Pada usia 41, orang ini berlayar ke ujung dunia hingga akhir hayatnya. Tapi kemudian dia menjelajah hingga Utara dan Selatan Amerika.

Benjamin Franklin – Founding Father Amerika

Benjamin Franklin - philanthropyroundtable.org
Pada usia 17 tahun, orang ini lari dari rumah dan berlayar menuju London. Terinspirasi dari perjalanannya kemudian membuka usaha percetakan. Perjalanan menuju Perancis menjadi titik balik kemenangan perang sipil di Amerika dan mendeklarasikan kemerdekaan.

Elizabeth Gilbert – Penulis Eat, Pray, Love

Elizabeth Gilbert - howtoacademy.com
Pada usia 37 tahun, orang ini menulis buku tentang petualangannya menjelajah Itali, India dan Indonesia. Buku tersebut kemudian terjual sebanyak 9 juta eksemplar dan dibuat filmnya dengan nilai 204 juta dolar dalam penjualan box office.

Shahid Khan – Pemilik Flex-N-Gate

Shahid Khan - forbes.com
Pada usia 16 tahun, orang ini melakukan perjalanan ke Amerika dari Pakistan. Banting tulang dengan mencuci piring di siang hari dan tidur di lantai YMCA pada malam hari. Sekarang memiliki perusahaan dengan aset 30 miliar dollar.

Jeff Bezos, Founder Amazon.com

Jeff Bezos - inc42.com
Pada usia 30, orang ini melakukan perjalanan sejauh 3 ribu mil melintasi Amerika sambil menulis rencana bisnis tentang serbet. Sekarang memiliki perusahaan dengan nilai 355 miliar dollar.

Orang-orang ini tidak lebih pintar atau berbakat di banding kita. Pada saat yang sama, sebagian memiliki sedikit uang atau tidak memiliki uang sama sekali. Mereka tetap melakukan perjalanan dan mengobservasi dunia di sekelilingnya. Mereka kemudian memiliki mimpi yang besar dan kemudian mengasah diri untuk mewujudkan mimpinya.

Orang-orang ini memang berhasil dan dianggap beruntung. Tapi jangan samakan keberuntungan mereka seperti tambang emas di kuburan. Semua ide dan mimpi yang bisa merubah dunia selamanya.

Seringkali harapan dan cita-cita, terkubur sirna karena ketakutan dan kekhawatiran.
Tantangan kita sekarang bukan membuat sesuatu yang besar. Tantangan kita sesungguhnya adalah menerima dan mengetahui kemampuan yang sebenarnya kita miliki dan bagaimana memanfaatkannya.

Yuk Jalan-jalan!

sumber :


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment