Iklan Minuman Lebih Tren Saat Ramadhan

promag - obatmaagcair.com
Seminggu atau tiga hari jelang bulan ramadhan, pasti sudah mulai bermunculan iklan khas Ramadhan. Mungkin generasi 90an dan 2000an awal sudah paham betul ketika Deddy Mizwar muncul di TV lengkap dengan baju koko dan peci lalu berbicara soal lambung. Yup! Iklan promag is in the house, sebentar lagi bulan Ramadhan akan menyapa. Puasa dan lambung kala itu seperti dua objek yang tidak bisa dipisahkan.

Tahun berganti, era berubah, masyarakat semakin teredukasi dengan baik soal puasa dan maag. Memang untuk beberapa kasus, puasa akan sangat mengganggu bagi yang menderita maag. Tapi banyak sekali kasus yang justru membuktikan sebaliknya, penderita maag justru semakin enakan saat Ramadhan hadir.

Makin ke sini, iklan promag semakin berkurang dan lama-lama menghilang seiring pindahnya Deddy Mizwar menjadi bintang iklan lain.

Siruup Marjan - pengetahuanproduk.com
Promag anggap saja sudah gugur dari dominasi iklan Ramadhan. Tapi ada satu yang tetap eksis hingga sekarang. Apalagi kalau bukan sirup Marjan? Mungkin intensitasnya tidak terlalu garang di televisi. Tapi coba tengok di Indomaret, Alfamart, Carefour, Giant dan lain-lain. Berdus-dus sirup Marjan ini nongkrong manis di dekat pintu masuk. Sangat mudah dilihat dan mudah dijangkau.

Setelah 11 bulan kita tidak pernah beli sirup, 1 bulan ini pasti beli sirup. Dan namanya Marjan. Begitu lah.
\
Kalau promag sudah dianggap gugur, sekarang balik ke soal iklan minuman yang saya taruh sebagai judul. Setidaknya ada 2 jenis tag yang diusung oleh iklan minuman di bulan Ramadhan ini.

Pertama, soal dehidrasi. Karena yang namanya puasa, tidak makan dan minum, namun aktifitas bisa jadi sama saja. Artinya sangat rentang dehidrasi, ini yang dijual. Siapa saja pemainnya?

campaign Aqua - klipingliterasi.blogspot.co.id
Jelas produk air mineral dengan embel-embel aturan minum 8 gelas sehari seperti Aqua ikut andil pada tag dehidrasi ini. Selebihnya ya minuman isotonik macam Pocari Sweat yang juga sejak hadir (tanpa ramadhan pun) sudah mengusung tema dehidrasi ini.

campaign Pocari sweat - emak2blogger.com
Kedua, iklan minuman yang kemudian muncul dengan alasan penyakit dan kesehatan. Penyakit yang diusung pada iklan ini adalah panas dalam. Dan seiring hijrahnya Deddy Mizwar pada salah satu brand penghilang panas dalam bernama Cap Badak tetap menjadikan Deddy Mizwar juga gencar di bulan Ramadhan.

Deretan varian cap badak - dream.co.id
Terakhir, iklan yang juga booming saat bulan Ramadhan adalah BearBrand. Itu loh, susu steril dari sapi yang gambarnya beruang tapi iklannya naga. Menurut saya, penetrasi susu kalengan siap minum ini bisa dibilang yang paling sadis. Bukan cuma kuat di televisi, tapi juga kuat di sosial media. Coba saja lihat berapa banyak para influencer social media memamerkan aktifitasnya bersama produk ini.

1 kaleng saat sahur bear brand - haipromo.com
Kira-kira begitu lah iklan yang ramai saat Ramadhan. Ada yang terlewat?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment