Ini Beda Lari Indoor Dan Outdoor

Ilustrasi lari pagi - hellosehat.com
Apa olahraga paling murah? Ya jelas lari lah. Tidak ada ketentuannya harus bagaimana dan bagaimana. Mau lari sambil telanjang juga bisa. Asal tahu diri aja. Itu lah sebabnya kenapa lari dianggap paling murah. Bisa dilakukan tanpa biaya, bahkan membantu. Misalnya mengejar KRL. Loh kenapa harus KRL sih?

Haha.

Lari memang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. termasuk di dalam ruangan atau di luar ruangan. Tapi kalau di dalam perlu ngemodal pakai treadmill ya. Tapi ternyata lari di luar ruangan dan di dalam ruangan ternyata memiliki beberapa perbedaan. Ini perbedaan antara lari di luar ruangan dan lari di dalam ruangan.

Energi 

Ternyata untuk urusan energi yang dikeluarkan, lari di luar ruangan lebih memakan banyak energi dibandingkan dengan lari di dalam ruangan. Jelas berbeda lah ya, karena di luar ruangan banyak sekali faktor eksternal yang memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras. Dari mulai kelembaban udara hingga kontur track lari yang belum tentu datar.

Kecepatan

Mungkin banyak dari kita mengira kalau lari dengan treadmill lebih cepat dibandingkan di luar ruangan. Pasalnya treadmill lebih konstan dan bisa diukur kecepatannya. Tapi ternyata studi penelitian mengatakan sebaliknya. Lari di luar ruangan ternyata menghasilkan kecepatan lebih cepat dibandingkan dengan treadmill. Makanya ada istilah treadmill slow you down.

Sementara ini para ahli berhipotesa mungkin efek gerak objek membuat otak memacu otot lebih kencang dalam berlari. Bisa dibilang hanya sensasinya saja yang berbeda sehingga memberi efek luar berbeda.

Cedera

Sudah bisa ditebak lah ya mana yang paling berisiko cedera. Jelas lari di luar ruangan paling berisiko. Pasalnya bisa tertabrak mobil, terpapar polusi udara secara langsung, dan tentu saja terpapar panas matahari secara langsung. Jadi bisa dicari sendiri lah ya kemungkinan risiko cederanya. Sementara pada treadmill paling hanya cedera pada otot dan ligamen saja.

Dari 3 perbedaan di atas, kamu pilih mana? Oh iya, ada tambahan sedikit untuk yang lari di luar ruangan. Yang lari di luar ruangan lebih baik mentalnya dan lebih positif. Tapi baik di luar ruangan atau di dalam ruangan ya balik lagi pada yang menjalaninya. Selama enjoy ya tidak masalah bukan?

sumber :



Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment