Ready Player One : Kembali Ke Dunia Nyata!

Poster film Ready Player One
Ini dia film karya Steven Spielberg yang terbaru. Seorang sutradara yang selalu menelurkan film-film yang keren. Keren bukan cuma dari sisi cerita, tapi juga setingan film yang ajaib. Film yang benar-benar punya dunianya sendiri.

Seperti pada film Ready Player One ini, mengambil seting tahun 2045 dimana sudah terjadi banyak peristiwa geopolitik sehingga banyak kota di Bumi menjadi daerah kumuh. Penduduk bumi kala itu melarikan diri ke dunia virtual OASIS. Sepertinya hampir seluruh penduduk bumi masuk dalam dunia virtual OASIS ini.

Pendirin OASIS, almarhum James "Anorak" Halliday, mengumumkan sebuah kontes dimana pemain yang menemukan easter egg akan diberikan imbalan berupa kepemilikan dan kontrol penuh atas OASIS.

James Halliday - dailynews.com
Sebelum lanjut, easter egg dalam dunia game biasanya berbentuk sesuatu yang aneh, lucu, atau ajaib yang dibuat oleh pembuat gamenya. Ini biasa, semacam pesan tersembunyi dari pembuat game untuk pemainnya. Cari saja di youtube dengan kata kunci easter egg diikuti nama gamenya. Lantas kenapa orang-orang memperebutkan kontrol OASIS? Ya jelas saja, ini game dimainkan oleh orang di seluruh dunia. Mengontrol gamenya, berarti mengontrol dunia.

Oleh sebab itu lah mengapa easter egg ini diminati banyak orang, termasuk Innovative Online Industries (IOI) yang dipimpin oleh Nolan Sorrento.

Rombongan IOI - ew.com
Oh iya, ambisi IOI untuk mendapatkan Easter Egg pada Oasis ini mengingatkan saya pada istilah farmer di game online RPG. Mereka-mereka ini yang bikin game jadi enggak asik. Mereka mengumpulkan gold di game, lalu dijual di dunia nyata. Lah, yang punya duit banyak mah baru main udah langsung jumawa karakternya.

Balik lagi ke film

Karakter utama film ini adalah Wade Watts, 17 tahun yang tinggal bersama bibinya di tempat yang bisa dibilang kumuh. Karakternya di OASIS bernama Parzival. Dan bersama teman online-nya Aech adalah seorang FPS yang jago dan seorang mekanik virtual, mereka tentu ikut misi pertama untuk memecahkan easter egg OASIS. Misi pertama ini adalah balapan dengan rute yang berubah sesuka hati. Pada misi ini, Parzival bertemu dengan Art3mis yang dia selamatkan dari King Kong.

Misi ini kemudian berhasil dipecahkan oleh Parzival dengan menggali arsip virtual Anorak (karakter Halliday di OASIS). Rahasia ini tentu dibagi bersama teman Parzival lain, Art3mis, Daito, Sho dan Aech. Nama mereka segera muncul di puncak papan skor global sebagai "High Five".

High Five bersama kurator OASIS - thisisinsider.com
Selanjutnya, Di dance club OASIS, i-R0k, seorang tentara bayaran yang membantu Sorrento, sengaja mendengar Parzival memberitahu Art3mis nama aslinya. Sorrento meminta Wade untuk bergabung dengan IOI, tetapi ketika ia menolak karena ketidakpercayaan, Sorrento dan anak buahnya, F'Nale Zandor mengebom tempat tinggal Wade, membunuh tetangga Alice dan Wade. Wade dibawa ke tempat persembunyian Gunter di mana ia bertemu Art3mis dalam wujud aslinya: Samantha Cook.

Mereka menemukan bahwa Halliday menyesali kencan film dengan seorang wanita bernama Kira, yang kemudian menikah dengan Morrow. Setelah Parzival memenangkan koin pada taruhan kecil dengan kurator arsip, High Five memasuki film The Shining di mana mereka melintasi serangkaian peristiwa menakutkan untuk akhirnya mencapai Kira untuk mendapatkan kunci kedua.

Sorrento - wikia.com
Zandor kemudian melacak Wade ke tempat persembunyian Gunter, tetapi hanya menemukan Samantha, yang ditangkap dan dijadikan Sixer karena gagal membayar utang keluarganya. Wade diselamatkan oleh para pemain High Five lainnya - Aech / Helen Harris, Daito / Toshiro, dan Sho / Zhou - yang secara diam-diam menjalankan avatar mereka dari mobil milik Helen.

Penjelasan sedikit, Gunter itu semacam people power pada game ini. Jadi mereka adalah orang-orang yang tidak setuju dengan rencana IOI untuk menguasai OASIS ini. Mereka menginginkan OASIS ya seperti sekarang saja, jangan sampai ketika dikuasai oleh IOI malah makin komersil. BWAHAYA!

i-R0k mengaktifkan medan gaya di sekitar lokasi kunci ketiga di dalam sebuah benteng di Planet Doom. Setelah menipu Sorrento untuk mengungkap lokasi Samantha, Wade membantunya melarikan diri. Dia meretas tempat Sorrento, membuat Wade mengajak seluruh pemain OASIS untuk bergabung dengannya melawan Sorrento.

Di sini adegannya seru banget, hampir semua karakter game, komik, cerita fiksi kayaknya ada semua di sini. Ada Mechagodzilla sampai Gundam. Beneran kacau nih film.


Gunter menyerbu Sorrento - gfycat.com
Selanjutnya, medan magnet bisa lumpuh karena Art3mis, rombongan Gunter sukses mengalahkan Mechagodzilla Sorrento dan i-R0K. Dalam momen mengalahkan Sorrento, karakter Art3mis dibunuh Parzival agar keluar dari markas IOI. Dan Parzival melanjutkan untuk memecahkan misi ke 3 dari Easter Egg OASIS.

Sudah bisa ditebak ending dari misi ke 3 ini, Parzival sukses menyelesaikan misi ke 3 dan sukses mendapatkan easter egg dari Halliday dengan segala kelebihannya (kontrol penuh terhadap OASIS).

the Egg - comicbook.com
Sorrento dan Zandor ditangkap setelah Aech mengirim polisi rekaman percakapan Sorrento dengan Wade yang mengakibatkan pemboman. Pemain kontrak IOI dibebaskan dari hutang mereka, melakukan restrukturisasi besar-besaran terhadap perusahaan. The High Five berbagi kendali atas OASIS, dengan Wade mempekerjakan Morrow, yang dinyatakan sebagai kurator arsip, sebagai konsultan. OASIS melanjutkan operasi, tetapi ditutup pada hari Selasa dan Kamis untuk memaksa orang menghabiskan lebih banyak waktu di dunia nyata, termasuk Wade dan Samantha yang telah menjalin hubungan dan membeli sebuah apartemen bersama.

Yes! Film ini setidaknya mengingatkan kita untuk tetap berada di dunia nyata, betapapun indah dan nikmatnya dunia virtual. Mungkin kalau dari kacamata agama lebih dalam lagi, betapapun indahnya dunia, tetap yang kekal adalah dunia akherat. Halah!

Udah gitu aja.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment