10 hal yang harus dan jangan dilakukan oleh pengidap psoriasis

Psoriasis - davidwolfie.com
Psoriasis sering disebut sebagai yang paling tidak biasa dari semua kondisi kulit.

Hal ini disebabkan oleh perbanyakan sel-sel kulit yang cepat dan biasanya terjadi pada lutut, siku, kulit kepala, telapak tangan dan kaki.

Gejala psoriasis meliputi:

  • Tambalan merah, kulit yang meradang
  • Masalah kuku
  • Tambalan sisik atau kerak

Dokter telah menelusuri penyebab psoriasis untuk cuaca kering, stres, obat-obatan tertentu, infeksi, cedera kulit, merokok (termasuk tangan kedua) dan minum berat.

Mungkin sulit untuk mengetahui langkah pertama Anda jika Anda yakin Anda memiliki psoriasis. Berikut ini adalah beberapa petunjuk tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Yang tidak boleh dilakukan

1. Jangan terlalu agresif



Cara terbaik untuk menangani psoriasis Anda adalah melakukannya dengan lembut. Hindari godaan untuk menggosok lesi, yang hanya akan mengiritasi mereka, membuat mereka lebih buruk. Mandi dengan air yang sangat panas atau menggunakan pembersih abrasif juga dapat membuat psoriasis Anda menyala.

2. Hindari stres



Stres dapat menyebabkan psoriasis Anda menjadi lebih panas, jadi hindari situasi yang membuat stres saat Anda bisa, dan ambil langkah ekstra untuk merawat diri sendiri seperti makan dengan baik, berolahraga, dan cukup tidur. Jika Anda tidak dapat menghindarinya, cobalah meditasi atau relaksasi.

3. Perhatikan kemunculannya



Sayangnya, psoriasis adalah sesuatu yang tidak hilang, tetapi itu tidak berarti Anda harus hidup dengannya dengan cara yang lebih buruk. Jika psoriasis Anda kembali setelah periode terkendali, jadwalkan kunjungan dengan dokter Anda untuk mencari tahu mengapa dan memikirkan bagaimana untuk mendapatkan kembali kontrol.

4. Jangan Menyerah

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi tentang mengobati psoriasis adalah bahwa sesuatu yang bekerja dengan baik untuk satu orang mungkin tidak bekerja sama sekali untuk yang lain. Mungkin perlu waktu untuk menemukan kombinasi terapi yang tepat yang paling cocok untuk Anda. Bersabarlah dan jangan menyerah.

Yang harus dilakukan

1. Kunjungi dermatologis



Luangkan waktu untuk bertemu dengan dokter kulit yang berspesialisasi dalam mengobati psoriasis. Dia akan tahu perkembangan terbaru mengenai rencana perawatan. Anda dapat mendiskusikan rincian kondisi Anda dengan dokter Anda, termasuk ketika Anda pertama kali memperhatikan psoriasis Anda, apa gejala Anda, setiap situasi yang tampaknya membuat gejala Anda lebih buruk, dan perawatan apa yang telah dan belum berhasil untuk Anda di masa lalu.

2. Lembabkan kulit



Lebih mungkin bagi Anda untuk mendapatkan kulit kering ketika Anda memiliki psoriasis, jadi pastikan Anda menjaga pelembap kulit Anda. Setelah mandi atau mandi, tutuplah kelembapan dengan menggunakan krim pelembab atau minyak yang melimpah ke kulit Anda.

3. Buat sendiri krim pertolongan pertamanya

Minyak alpukat, gel lidah buaya, dan krim capsaicin yang dioleskan secara topikal dapat mengurangi kerak, ketebalan, kemerahan, dan gatal. Menambahkan minyak esensial kelas medis ke dalam campuran juga sangat membantu untuk meredakan gejala dan berkontribusi pada proses penyembuhan.

Minyak esensial berikut ini direkomendasikan:

  • bergamot -untuk membantu menyembuhkan plak kulit
  • lavender - untuk mengurangi rasa gatal yang berlebihan
  • melissa -untuk kulit yang teriritasi
  • melati - untuk kulit sensitif kering
  • geranium - untuk kulit iritasi kering
  • kayu cendana - untuk kulit yang dehidrasi, meradang, dan sensitif


4. Mandi



Berendam atau mandi dalam bak mandi hangat (tidak panas) selama 15 menit dapat membantu melonggarkan sisik kering dan mengurangi rasa gatal dan peradangan. Menambahkan garam laut, oatmeal, minyak mandi, atau gel mandi yang mengandung tar batubara ke air dapat lebih menenangkan dan melembabkan kulit Anda.

5. Mandi cahaya matahari



Para ahli masih belum sepenuhnya memahami mengapa, tetapi lesi psoriasis sering berkurang ketika terkena sinar ultraviolet. Meskipun berjemur tidak disarankan karena risiko kanker kulit, hal ini dapat membantu bagi penderita psoriasis. Triknya adalah memastikan bahwa hanya area yang terkena psoriasis yang terbuka. Tutupi kulit yang tidak terkena dengan pakaian atau tabir surya dengan SPF minimal 15. Batasi paparan sinar matahari hingga 15 menit, dan berhati-hatilah untuk menghindari sengatan matahari, yang hanya akan memperburuk keadaan.

6. Buat diri mudah dijangkau

Memiliki psoriasis dapat melelahkan secara fisik, tetapi juga menguras emosi. Perasaan depresi, frustrasi, dan isolasi sering terjadi. Lebih dari 125 juta orang terpengaruh di seluruh dunia, jadi jika Anda merasa Anda adalah satu-satunya orang yang lelah, sadar diri, atau tidak berdaya, Anda tidak. Diskusikan perasaan Anda tentang penyakit ini dengan keluarga dan teman-teman Anda dan dokter Anda. Papan pesan, obrolan online, dan organisasi psoriasis, seperti National Psoriasis Foundation, dapat menghubungkan Anda dengan orang lain yang hidup dengan psoriasis, serta memberi Anda informasi tentang perkembangan dan peluang penelitian untuk terlibat dalam kegiatan pengumpulan dana dan acara lainnya.

Dengan perawatan yang tepat, psoriasis dapat dikelola.

Diagnosis psoriasis tidak harus mengeja kiamat untuk kehidupan sosial Anda atau harga diri Anda. Dengan perawatan yang tepat, bantuan dan pandangan, Anda dapat mengelola psoriasis dan berkembang

sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment