Serunya Mewarnai Adult Coloring Book


Awalnya sih tidak tertarik sama sekali dengan adult coloring book. Tapi istri akhirnya pamer juga hasil karyanya pada saya ternyata lucu juga. Istri saya mewarnai objeknya dengan seluruh warna dari pensil warna yang dia miliki. Sedikitnya ada 30an pensil warna. Semua dia coba. Dan hasilnya sangat menarik.


Saya pun lalu membolak-balik buku untuk mencari objek yang menarik hati untuk diwarnai. Akhirnya saya memilih gambar buah-buahan lengkap dengan dedaunan dan bunga-bunga. Dan saya pun mulah menggurat-gurat warna sesuai dengan keinginan saya.

Mungkin secara tidak sadar, saya senang sekali dengan realita. Sehingga dalam pewarnaan, saya berusaha sebisamungkin sesuai dengan warna aslinya. Kalau kuning agak oranye, ya saya warnai demikian. Begitu seterusnya.


Mewarnai ini seperti candu buat saya. Iya candu. Rasanya saya tidak bisa berhenti sampai melihat hasil akhirnya. Bayangkan saja, saya membawa seluruh pensil warna dan buku gambar ke resto. Alhasil istri saya sibuk dengan steak sementara saya ngurek-ngurek mewarnai.

Sedikitnya saya mendapat 3 manfaat dari kegiatan ini. Pertama saya merasa lebih tekun. Saya seperti dilatih untuk sabar dalam proses. Mungkin ini juga alasan kenapa pelukis-pelukis dan pengrajin-pengrajin itu terlihat lebih tenang. Karena mereka sudah terbiasa sabar dan menikmati proses.

Yang kedua, saya belajar untuk mempersiapkan diri sebelum beraksi. Saya dapat ini ketika mewarnai menggunakan pensil yang mulai tumpul. Sungguh tidak enak. Yang enak itu raut dulu hingga ketajamannya pas, baru muali lagi mewarnai. Siapkan diri terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan. Wah jarang-jarang menemukan filosofi dalam begini.

Yang ketiga, mewarnai memberikan ruang untuk berharap dan berimajinasi. Ya jelas saja, karena kita melihat terus finish yang akan kita raih. Kita benar-benar melihat objek yang sedang kita warnai. Kita juga membayangkan bagaimana jadinya nanti gambar yang sedang diwarnai. Sepertinya kegiatan ini cook sekali untuk orang tua.

Daaaaaan, beginilah hasilnya setelah seharian saya mewarnai. Lumayan lah ya untuk seorang pemula.



Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment