Perspektif: Cara Sederhana Menipu Mata

Perspektif Pensil. (sumber: wikipedia)

Menurut KBBI,

perspektif/per·spek·tif/ /pérspéktif/ n 1 cara melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata dengan tiga dimensi (panjang, lebar, dan tingginya); 2 sudut pandang; pandangan;

Namun dalam visual, perspektif adalah konteks sistem dan persepsi visual adalah cara bagaimana objek terlihat pada mata manusia berdasarkan sifat spasial, atau dimensinya dan posisi mata relatif terhadap objek. Artinya, semakin dekat objek dengan mata, maka akan semakin besar. Dan ketika semakin jauh dengan mata akan terlihat semakin kecil.

Tapi jangan terlalu dekat, nanti seperti peribahasa yang sering kita dengar, Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan nampak jelas. Ya jelas aja gajahnya enggak keliatan kan gajahnya dipelupuk mata. Menutupi cahaya sehingga kita tidak bisa melihatnya.

Perspektif ini kemudian dijadikan bahan untuk membuat ilusi optik dalam foto. Pernah gak sih kita mencoba membuat foto dengan seolah-olah makan matahari, nyolek bulan atau memegang gedung tinggi dengan ujung jari saja. Atau seperti ingin menyentil matahari senja seperti gambar di bawah ini.

sumber: instantshift.com

Disamping untuk mengabadikan momen yang tak biasa, perspektif juga digunakan untuk membuat diorama dengan menggunakan miniatur. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Jorge Saenz si fotografer asal Paraguay. Saenz menggunakan action figure dinosaurus untuk menghasilkan gambar yang keren. Seolah-olah dinosaurus tampak nyata. Tidak perlu menggunakan photoshop atau foto editor untuk membuatnya tampak nyata. Cukup mainkan dengan teknik perspektif saja.



Tunggu dulu, perspektif ini tidak hanya berlaku untuk foto. Tapi juga berlaku untuk video. Contohnya seperti yang dilakukan oleh pria di bawah ini. Dalam sebuah setnya terdapat sebuah meja dengan dua gelas cangkir dan satu kursi besar. Coba deh tonton videonya. Pasti terkejut.



Sudah ditonton? Tidak menyangka bukan kalau ada benda-benda yang ternyata ukurannya sangat kecil dan tampak besar seperti ukuran  manusianya. Semua hanyalah tipuan perspektif. Coba pikir-pikir lagi, jangan-jangan yang kita lihat dan yakini selama ini hanya ilusi belaka. Hahaha.

Semoga menghibur.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment