Fotografi Makro: Karya Die Cast Mobil yang Keren

ilustrasi miniatur mobil. (rajaminiatur.com)

Sebenarnya Die cast metal adalah mainan atau model yang diproduksi menggunakan die casting, yang berarti melalui proses melelehkan logam kemudian dituang untuk dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bisa diartikan secara bebas, Diecast adalah sebuah bentuk cetakan/bahan yang berasal dari besi, alumunium, magnesium, tembaga atau timbal.

Sekarang agak keliru sebenarnya soal die cast ini. Istilah ini justru dilekatkan pada orang-orang yang hobi mengoleksi Hot Wheels. Jenis mainan yang satu ini memang booming sekali. Lihat saja di Indomaret, Alfamart atau minimarket lainnya, pasti ada jenis mainan ini di salah satu rak dagangannya. Memang ada banyak item yang rare. Item-item yang limited edition ini seringnya dijual dengan harga tinggi. Ya kalau sudah senang mengooleksi, bisa tetap diladeni walaupun harganya tinggi.

Hot Wheels (dailiymotion.com)

Sebenarnya selain Hot Wheels, banyak sekali produsen die cast cars. Misalnya saja Kinsmart, Auto World, CMC, dan lain-lain. Detailnya bisa dilihat di sini.

Karena tingkat presisi yang tinggi, penggemar Mobil replika ini kadang sering pamer koleksinya dalam bentuk foto. Dari sinilah kemudian salah satu kepuasan para die cast bertambah. Bisa membuat foto-foto Mobil keren tanpa batas. Seperti yang dilakukan oleh mycustomhotwheels.com. Karyanya lengkap dengan miniator jalanan dan pernak perniknya.

mycustomhotwheels.com

mycustomhotwheels.com

Selain diorama-diorama di atas, ternyata ada fotografer yang fokus membuat diorama dengan menggunakan die cast car. Dia adalah Takuji. Seorang berkebangsaan Jepang yang karya-karya dioramanya sukses menarik perhatian dunia. Lihat saja contoh-contoh karya dioramanya di bawah ini.

A photo posted by Takuji (@takupon0816) on


A photo posted by Takuji (@takupon0816) on


Saya sengaja memilih jenis VW Combi, karena memang saya suka jenis mobil ini. Mungkin foto  makro dengan koleksi die cast ini bisa dijadikan backgroun untuk menghasilkan foto. Tentunya dengan menggunakan metode perspektif. Jadi produksi foto bisa lebih murah.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment