Cara Unik Mengingatkan Keselamatan di Kabin Pesawat

Pesawat Air Asia yang mengangkasa - wikipedia.org
Kendaraan udara benar-benar sangat diperhatikan keselamatannya. Bukan hanya karena moda transportasi ini paling mahal dibandingkan moda transportasi lain, tapi karena memang pengawasannya juga sangat ketat. Tak heran jika ada berita pesawat jatuh atau hilang, beritanya pasti membahana ke seluruh penjuru dunia. Jadi berita besar dan dimuat di headline berita.

Jadi jangan heran jika setiap akan lepas landas, pilot selaku pemimpin perjalanan di angkasa selalu memberikan instruksi dan panduan keselamatan bagi seluruh penumpang. Dan seluruh penumpang harus mematuhinya. Karena jika ada satu saja yang melanggar, maka bukan hanya merugikan dirinya, tapi juga bisa merugikan ratusan orang, baik penumpang dan kru pesawat.

Ritual instruksi dan panduan keselamatan ini kemudian menjadi wajib diberitahukan oleh pilot dengan sambil diperagakan oleh pramugari/a di kabin pesawat. Karena menjadi standar, mungkin bagi orang yang sering naik pesawat menjadi bosan. Atau mungkin pilot dan kru juga merasa jenuh karena harus mengulang-ngulang instruksi dan panduan keselamatan saat akan take off. Tapi mau bagaimana lagi, kan sudah jadi standar. Jadi harus patuh dan dijalankan.


Jangan heran lah dengan video yang sempat viral beberapa waktu lalu. Lihat saja betapa lucunya instruksi pilot Air Asia tersebut. Ada yang dengan efek echo memantul-mantul. Ada yang dengan patahan-patahan kata-kata. Pokoknya macam-macam bikin seluruh penumpang tertawa. Bahkan awak kabin pun turut tertawa.

Dianggap tidak layak dan main-main dalam memberikan instruksi dan panduan keselamatan? Ah tidak juga. Toh seluruh instruksi dan panduan keselamatan disampaikan secara komplit. Anggap saja cara tersebut adalah trik pilot agar seluruh penumpang memperhatikan dengan seksama. Toh tidak ada ruginya, seluruh penumpang jadi memperhatikan instruksi dan panduan keselamatan tersebut.

Saking pentingnya soal instruksi dan panduan keselamatan pesawat, Virgin Airlines membuat terobosan sosialisasinya dengan menggunakan video clip. Instruksi dan panduan keselamatan dibuat menjadi sangat menarik dalam lantunan lagu yang segar. Bahkan sampai ada rapnya segala. Tidak percaya? Intip saja video di bawah ini :


Bagaimana? Mantap juga ya. Penumpang dan awak kabin berkolaborasi untuk memberitahukan instruksi dan panduan keselamatan. Liriknya pun sangat enak didengar. Renyah.

Saya jadi ingat pepatah begini, jika ingin hasil yang baik, maka caranya pun harus baik. Mungkin banyak orang bilang cara pilot Air Asia itu tidak baik karena terlalu bercanda. Tapi bukankah jika dalam kondisi senang, kita lebih mudah menerima masukan. Iya kan? Anggap saja iya. Karena kalau lagi kesel, pasti bawaannya semua salah! Hehe.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment