Berpikir Kreatif itu Bukan Cuma Seni, Tapi Solusi

Ilustrasi kreatif - merdeka.com
"Ah elu mah nyonteknya gak kreatif, jadi aja gw kebawa-bawa."

Kalimat begitu pernah saya ucapkan pada seorang kawan ketika mencontek tugas kuliah. Kalimat yang sama juga pernah tertuju pada saya juga sih. Jadinya, kami dihukum karena jawaban kami sama persis dan kemudian kami dianggap melanggar aturan. Namanya juga tugas pemrograman dan algoritma, pasti harusnya setiap orang punya jawaban yang berbeda. Tidak bisa benar-benar sama persis.

Contoh bahwa dalam algoritma semua orang punya alurnya sendiri-sendiri adalah dengan kasus pembuatan kopi. Anggap saja sudah tersedia, gelas, sendok, bubuk kopi, gula dan air panas. Mungkin ada yang urutannya ambil gelas, tuang air panas, tuang kopi, tuang gula, aduk. Atau ada juga yang tuang kopi, tuang gula, aduk, tuang air panas, aduk. Macam-macam, semua tergantung selera dan keinginan.

Nah, kenapa kalimat pertama yang keluar dari mulut kami? Ya karena kami tahu betul bahwa setiap manusia itu unik dan tidak akan sama satu dengan yang lain. Jadi kreatif sedikit lah dalam mencontek, tidak usah benar-benar sama jawabannya.

Kreatif itu bukan kere tapi aktif yang sering didengungkan oleh kawan SMA saya. Kreatif itu bisa bermakna macam-macam. Bisa berkaitan dengan orang-orang yang memiliki estetika seni tinggi, bisa juga berkaitan dengan orang-orang yang suka menciptakan barang, dari barang-barang usang yang sudah tidak terpakai. Semua bisa dibilang kreatif.

Tapi menurut saya pribadi, kreatif adalah sebuah pola pikir untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan solusi. Pada pendidikan kita, mungkin kita terlalu sering untuk melihat hasil akhir ketimbang proses. Justru proses itu harusnya dinikmati dan dipelajari proses penyelesaian masalahnya. Agar jadi pelajaran dan semakin jitu dalam menyelesaikan masalah. Justru ketika semakin kaya dengan penyelesaian masalah maka akan semakin kreatif.

Semakin kreatif, maka semakin canggih dalam menghadapi permasalahan hidup. Maka semakin siap dalam bertahan hidup. Banyak sekali contoh-contoh life hack yang kemudian menjadi panduan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Hidup menjadi lebih mudah, murah dan efisien. Contohnya seperti gambar di bawah ini :

life hack dari imgur.com
Untuk melihat cara-cara kreatif lain dalam menghadapi hidup, coba saja search di google dengan kata kunci life hack. Langsung bermunculan seluruh link bermanfaat. Jika ingin lihat dalam bentuk gambar, masuk saja ke tab image. Atau untuk video-video DIY kreatif, bisa cari saja di Youtube dengan kata kunci yang sama. Semua tersedia.

Bukan hanya untuk menghadapi kegiatan sehari-hari. Kreatif juga bisa menghasilkan uang. Seperti yang dilakukan oleh pedagang kreatif yang satu ini. Lokasinya di Indonesia. Dan bisa jadi duit. Mainan murah yang menghibur anak-anak. Yuk berpikir kreatif. Kan sekarang Badan Ekonomi Kreatif sedang gencar mencari talen muda untuk dijadikan pengusaha.

SEMANGAT!


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment