Gamelawan, Nakal Gubah Lagu Dengan Citarasa Gamelan

Gamel Awan - capture youtube.com/GamelAwan
Satu lagi nih talenta musisi Indonesia hasil kekayaan budaya bangsa. Enggak tau kenapa nemu aja channel youtube keren macam begini. Menurut saya ini keren, karena dia kreatif dan punya identitas. Apalagi membawa identitas budaya bangsa. (halah, nasionalis banget).

Menurut keterangan about pada channel youtubenya, GamelAwan adalah kependekan dan dari Awan si pecinta Gamelan. Jadi, bisa diduga kalau pemilik channel youtube bernama Awan yang suka sekali dengan Gamelan. Menurutnya, gamelan itu banyak jenis dan ragamnya, ada Gamelan Jawa, Bali, Banyumas, Madura, Sunda dan lain-lain. Tapi karena Awan ini adalah orang Jawa, maka karya Gamelan yang diunggah di channelnya tentu Gamelan Jawa.

Nih, intip salah satu video yang diunggah yang berhasil mencapai viewer sejuta lebih. Lagu asalnya adalah Kun Anta yang dibawakan oleh Humood AlKhudheer. Dibuatkan dalam versi gamelan jawa. Begini jadinya :


Saya senang sekali waktu bagian bridge. Cengkok Jawanya keluar sekali dan sangat khas Jawa. Dengan lantunan gamelan kok jadinya sreg banget. Ya biarpun ada bahasa Indonesianya yang untungnya masih nyambung dengan makna utama dari lagu Kun Anta. Oh iya, Kun Anta ini menyampaikan pesan bahwa kecantikan diri itu penting dan utama. Jadi ya masih relevan lah dengan lirik Indonesia yang dibawakan oleh GamelAwan.

Eh tapi selain Kun Anta yang masih relevan dengan versi aslinya, ada juga cover yang dibuat GamelAwan ini nyeleneh. Saya bilang nyeleneh karena nyaris tidak nyambung lagu aslinya. Tapi tetap saja dia sakti menggubah lirik dalam bahasa Jawa. Salah satu yang nyeleneh maksud saya adalah lagu Justin Bieber yang berjudul What Do You Mean dirubah menjadi Ngaku Mukmin. Liat saja videonya di bawah ini :


Masih kurang puas dengan karya-karyanya di atas? Masih banyak, lihat saja sendiri di channelnya GamelAwan.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment