Oscar Andres, Bikin Rumah dari Plastik di Kolombia

Oscar Andres - brightfuture.unilever.us
Nama Oscar Andres makin dikenal setelah masuk nominasi Young Enterpreneur Award, kita singkat saja menjadi YEA (lucu juga ya?). YEA ini sendiri semacam program award yang diadakan oleh Unilever. Itu loh perusahaan multinasional yang jualan kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Mungkin YEA ini semacam program CSR yang dilakukan oleh Unilever. Mungkin loh ya.

Seperti kebanyakan negara berkembang lainnya, Kolombia juga mengalami masalah yang sama seperti Indonesia. Demografi yang melejit, dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi yang juga melejit. Masalahnya juga mirip-mirip, salah satunya adalah jurang antara si kaya dan si miskin. Dan salah satu problem bagi yang tidak mampu adalah ketidakmampuan untuk membeli rumah. Beruntung Indonesia punya program rumah murah.

Nah, Oscar Anres ini kemudian melihat peluang rumah di Kolombia dengan pemanfaatan sampah plastik. Dengan metode kompres yang dimiliki, plastik-plastik tidak berguna ini kemudian dijadikan bahan baku pembuat dinding. Mungkin bentuknya sama seperti bata. Bahan ini kemudian yang disusun menjadi bahan pembuat rumah.


Sayang tidak ada yang dengan translate bahasa Inggris, jadi ya kita sebagai orang yang tidak mengerti bahasa spanyol hanya bisa menerka-nerka saja apa kira-kira yang disampaikan oleh si narator. Tapi ada juga nih video yang sudah diedit oleh David Wolfe sudah dengan penjelasan dalam bahasa Inggris.


Asik banget ya inovasi dari Kolombia ini. Mungkin kelak juga bisa diterapkan di Indonesia. Selain lebih murah dan ramah lingkungan, pastinya kalau bahannya plastik bisa anti bocor. Siapa tahu kalau banjir, nanti rumahnya justru bisa jadi perahu.

(sorry becanda yang terakhir)
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment