Kimi no Na wa, Film Animasi Keren Yang Wajib Tonton

poster kimi no na wa - idigitimes.com
Sebenarnya sudah tidak tertarik lagi sih nonton film-film anime Jepang. Habis biasanya yang ditonton begitu-begitu saja. Biasanya tentang perjuangan anak laki-laki yang sedang berjuang melawan statusquo. Anjaaay... Bahasanya ngeri banget ya?

Tapi untuk film animasi ini kemudian saya berhasil dibuat penasaran oleh teman-teman saya di Facebook yang juga pernah menjadi pecinta anime. Mereka bilang kalau film anime ini keren sekali.

Akhirnya saya pun menonton film ini, Kimi no Na wa. Sebuah film animasi yang ternyata bukan untuk konsumsi anak-anak. Begitu lah kurang lebih penilaian saya setelah tuntas menonton film ini. Karena film ini rasanya lumayan berat untuk anak-anak SD. Eh tapi banyak juga sekarang anak SD yang pemikirannya luar biasa. Jadi sulit juga bilang film ini cocok untuk konsumsi siapa.

Taki & Mitsuha saat menulis nama mereka - fetch.fm
Film ini menceritakan dua orang yang bertukar tubuh untuk beberapa kali selama periode tertentu. Pertukaran terjadi antara Mitsuha si gadis keturunan penerus kuil di sebuah tempat bernama Itomori dengan Taki seorang remaja yang tinggal di Tokyo.

Yang seru dari film ini, puzzlenya dibuka pelan-pelan tak terduga. Pelan-pelan terkuak karakteristik Mitsuha yang ternyata membenci status dirinya yang merupakan keluarga penerus kuil. Dia yang harus menjaga tradisi sementara dalam dirinya punya keinginan untuk melihat tempat yang jauh lebih maju seperti Tokyo. Sementara Taki adalah seorang pemuda yang bersekolah di Tokyo yang juga seorang pekerja paruh waktu sebagai pelayan di sebuah restoran di Tokyo.

Saat tubuh mereka tertukar, Taki berusaha merubah Itomori menjadi lebih menyenangkan. Sementara Mitsuha punya rencana kecil saat bertukar dengan Taki, berusaha mendekatkan Taki dengan Okudera yang merupakan gadis senior di tempat kerja Taki. Masing-masingnya berhasil. Taki sukses berkencan dengan Okudera.

Namun hati Taki berkata lain, dia sepertinya menolak Okudera dan diam-diam dia menyimpan rasa pada Mitsuha. Akhirnya Taki memutuskan untuk menemui Mitsuha. Dia hanya bermodalkan gambar Itomori yang dibuat dengan sketsa.

Beruntung perjalanan yang tanpa arah tersebut akhirnya dibantu oleh seorang pemilik ramen yang mengenali sketsa gambar yang dibuat oleh Taki. Itomori katanya. Tapi tempat tersebut hancur sekitar 3 tahun lalu karena komet tiamat.

Jreng... Jreng...


Capture Tiamat trailer youtube Kimi no Na wa
Serius deh, waktu nonton cuma bisa bilang KAMPRET!!! Ternyata Mitsuha dan Taki bertukar tubuh dalam dimensi waktu yang berbeda. Selisihnya berarti sekitar 3 tahun. Dan benar saja, ternyata gelang yang digunakan oleh Taki adalah ikat rambut yang digunakan oleh Mitsuha.

Ternyata dalam rentang waktu yang berbeda itu, Mitsuha juga berusaha menemui Taki. Dan ternyata saat Mitsuha bertemu dengan Taki, Taki sama sekali belum mengenali Mitsuha. Ya iya lah, kan dimensi waktunya beda, jadi gak saling kenal.

Twist dan puzzle yang dibuka pelan-pelan ini benar-benar nikmat buat saya. Ditambah lagi endingnya yang sama sekali tidak bisa ditebak. Yah, yang pasti endingnya GREGET banget dan enggak usah saya bongkar lah ya di sini. Tonton aja sendiri!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment