Berasa Jadi Warrior di 20 Fit

A post shared by Fahmi Idris (@fahmi_gemblonk) on

20 Fit masuk Indonesia bisa dibilang baru atau lama ya? Agak bingung juga. Sepertinya tempat ini bisa dibilang baru. Tapi enggak tahu juga apa karena saya yang kurang gaul saja atau memang benar baru.

Yang jelas saya sempat menjajal tempat ini beberapa waktu lalu dan untuk minggu depan. Istri membelikan promo di Fave yang dulu GroupOn. Harganya 399 ribu untuk 3 sesi latihan. Ya kalau tanya-tanya sama teman yang suka fitnes sih bilangnya 20 Fit ini worth it banget, tapi capek banget.

Itu lo sama aja latihan tapi semua ototlo dibikin kenceng. Kebayang gak capeknya?, begitu kata teman saya.

Sempat deg-deg ser juga dengar penjelasan teman saya itu. Tapi ya mau dikata apalagi, daripada sayang 399 ribu gak dipake, yaudah pake aja. Dan saat tulisan ini dibuat, saya baru menggunakan sekali saja.

Ternyata untuk pemula itu dapatnya 12 menit saja durasinya. Jadi, untuk yang baru pertamakali di 20 FIt, pasti 12 menit saja. Pas hari H sih asik-asik saja. Tapi besok dan besok-besoknya baru berasa pegelnya.

Ini rompi saat latihan - 20fit.co.id
Kenapa bisa pegel? Karena 20 Fit ini menggunakan yang namanya EMS yang kepanjangan dari Electronic Muscle Simulation. Yang mungkin kalau bisa diterjemahkan bebas sesuai dengan pengalaman saya kurang lebih begini, EMS itu gunanya untuk memberikan simulasi pada otot agar seolah-olah kerja berat. Bukan seolah-olah juga sih, tapi benar kerja berat.

Bayangkan saja, padahal hanya 12 menit, tapi rasa pegelnya kayak latihan lebih dari 1 jam. Bisa jadi sih karena fisik yang kurang OK karena obes dan jarang olahraga. Tapi tetap saja pegel.

Saya sih mengira bahwa tujuan dasar 20 Fit yang belakangan saya tahu hadir di Indonesia pada 2014 silam ini untuk menyasar orang-orang sibuk yang tidak punya waktu di Gym atau fitness center. Dari beberapa catatan sih mengatakan kalau 20 menit di 20 Fit ini setara dengan 2.5 jam di Gym. Gilak kan?

Walaupun agak sulit dipertanggungjawabkan angka 2.5 jam tersebut. Karena bisa jadi porsi latihan setiap orang itu kan beda-beda.

Karena memang waktu yang dipangkas katanya lumayan banyak, harga untuk satu kali sesi di 20 Fit juga tidak murah. Bayangkan saja untuk member dengan kontrak 12 bulan, untuk per-datangnya dikenai 249 ribu. Sedangkan member dengan kontrak 6 bulan, untuk per-datangnya dikenai 290 ribu. Dimana untuk menjadi member harus membayar bulanan. Tapi untuk bulan pertama dikenai biaya administrasi 500 ribu.

Berapa biaya bulanannya? Ya hitung saja harga perminggu dikali 4. Karena memang maksimal hanya 4 kali saja sesi latihan dalam sebulan. Begitu kata trainernya. Tentu saja angka 4 ini bisa dipertanggungjawabkan katanya.

Tertarik? Saya sih pingin ikut yang bulanan, tapi masih hitung-hitung anggarannya euy....
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment