Black Panther, Perang Menjaga Vibranium

Poster Black Panther - cloudfront.net
Do Not Freeze!

Kata di atas dengan mudah menjadi icon menarik untuk menggambarkan film ini. Sebuah film fenomenal awal tahun 2018 yang disuguhkan oleh Marvel Cinematic Universe. Perkenalan dengan Black Panther sebenarnya sudah diawali pada film Civil War dimana Black Panther ini berada pada kubu Captain America. Dan setelah perkenalan tersebut, film ini kemudian hadir untuk memunculkan latar belakang dari tokoh Black Panther itu sendiri.

Baca : Baper di Civil War

Kisah Black Panther dibuka dengan hadirnya meteorit asing yang bernama Vibranium yang jatuh di kawasan Afrika. Batu ini begitu berharga dan menjadi perebutan dari setidaknya 5 suku yang berada di sana. Hingga satu hari muncul dukun (atau shaman ya pokoknya sebut saja begitu) yang dipercaya memiliki kekuatan roh Black Panther yang dipercaya menjadi pemimpin ke-5 suku yang memperebutkan Vibranium tersebut.

Tapi 1 suku lebih memilih melipir untuk tidak ikut campur pada kepemimpinan sang dukun. Dan wilayah tersebut kemudian dikenal sebagai Wakanda.

Wakanda
Cerita ini kemudian dimulai pada tahun 1992, Raja T'Chaka mengunjungi saudaranya, N'Jobu, yang bekerja di Oakland, California. T'Chaka menuduh N'Jobu membantu penjual senjata pasar gelap Ulysses Klaue dengan mencuri vibranium dari Wakanda. Namun tuduhan itu kemudian dibantah teman N'Jobu, mengatakan bahwa dia adalah Zuri, Wakaji lain.

Yup! Wakanda memang menyembunyikan Vibranium. Negaranya berpura-pura biasa saja, padahal di dalamnya terdapat teknologi sangat canggih di berbagai bidang. Bahkan mungkin yang paling canggih di dunia.

T'Chaka & T'Challa - hellogiigle
Cerita berlanjut pada tragedi pembunuhan T'Chaka dengan bom. Sudah bisa ditebak ya, ada yang tidak suka dengan pemimpin yang satu ini. Dan setelah kematian T'Chaka, putranya T'Challa kembali ke Wakanda untuk mengambil tahta. Dia dan Okoye, pemimpin resimen Dora Milaje, mengekstrak Nakia, mantan kekasih T'Challa, dari penugasan yang menyamar sehingga dia dapat menghadiri upacara penobatannya dengan ibunya Ramonda dan adik perempuan Shuri.

Pada upacara tersebut, pemimpin Suku Jabari, M'Baku menantang T'Challa untuk mahkota dalam pertempuran ritual. T'Challa mengalahkan M'Baku dan membujuknya untuk menyerah daripada mati.

Mbaku - screenrant.com
Ketika Klaue dan Erik Stevens mencuri artefak Wakandan dari museum London, W'Kabi, teman T'Challa dan kekasih Okoye, mendesaknya untuk membawa Klaue kembali hidup atau mati. T'Challa, Okoye, dan Nakia melakukan perjalanan ke Busan, Korea Selatan, di mana Klaue berencana untuk menjual artefak itu kepada agen CIA, Everett K. Ross.

Baku tembak meletus dan Klaue mencoba melarikan diri tetapi ditangkap oleh T'Challa, yang dengan enggan melepaskannya ke tahanan Ross. Klaue mengatakan pada Ross bahwa citra internasional Wakanda adalah sebuah front bagi peradaban yang berteknologi maju. Erik menyerang dan mengekstrak Klaue saat Ross terluka parah melindungi Nakia. Daripada mengejar Klaue, T'Challa membawa Ross ke Wakanda, di mana teknologi mereka dapat menyelamatkannya.

Sementara Shuri menyembuhkan Ross, T'Challa menghadapkan Zuri tentang N'Jobu. Zuri menjelaskan bahwa N'Jobu berencana untuk berbagi teknologi Wakanda dengan orang-orang keturunan Afrika di seluruh dunia untuk membantu mereka menaklukkan penindas mereka. Ketika T'Chaka menangkap N'Jobu, N'Jobu menyerang Zuri, memaksa T'Chaka untuk membunuhnya. T'Chaka memerintahkan Zuri untuk berbohong bahwa N'Jobu telah menghilang dan meninggalkan putra N'Jobu di Amerika, Erik, untuk mempertahankan kebohongan itu. Erik menjadi tentara ops hitam AS, mengadopsi nama "Killmonger".

Sementara itu, Killmonger membunuh Klaue dan membawa tubuhnya ke Wakanda. Dia dibawa ke hadapan sesepuh suku, mengungkapkan identitasnya dan mengklaim tahta. Killmonger menantang T'Challa dalam pertempuran ritual, di mana ia membunuh Zuri, mengalahkan T'Challa dan melemparkannya ke air terjun, di mana ia dianggap tewas. Killmonger menelan ramuan berbentuk hati dan memerintahkan sisanya dibakar, tetapi Nakia ekstrak yang pertama. Killmonger, didukung oleh W'Kabi dan pasukannya, bersiap untuk mendistribusikan pengiriman senjata Wakandan kepada para pelaku di seluruh dunia.

Killmonger, T'Challa - forbes.com
Nakia, Shuri, Ramonda dan Ross melarikan diri ke Suku Jabari untuk meminta bantuan. Mereka menemukan T'Challa koma, diselamatkan oleh Jabari sebagai pelunasan untuk menyelamatkan hidup M'Baku. Disembuhkan oleh ramuan Nakia, T'Challa kembali untuk melawan Killmonger, yang mengenakan setelan Panther-nya sendiri dan memerintahkan W'Kabi dan pasukannya untuk menyerang T'Challa. Shuri, Nakia, dan Dora Milaje bergabung dengan T'Challa, sementara Ross jauh dari pilot jet dan menembak jatuh pesawat membawa senjata vibranium.

M'Baku dan Jabari tiba untuk memperkuat T'Challa. Dihadapkan oleh Okoye, W'Kabi dan pasukannya mundur. Bertempur di tambang vibranium milik Wakanda, T'Challa mengganggu pakaian Killmonger dan menikamnya. Killmonger menolak untuk disembuhkan, memilih untuk mati sebagai manusia bebas daripada dipenjara.

Killmonger menjadi Panther
T'Challa mendirikan pusat penjangkauan di gedung tempat N'Jobu mati untuk dijalankan oleh Nakia dan Shuri. Dalam adegan kredit-menengah, T'Challa muncul di hadapan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengungkap sifat alami Wakanda kepada dunia.

Dalam adegan pasca-kredit, Shuri membantu Bucky Barnes dengan penyembuhannya. Widiiih.. Keliatan banget ya kalau Black Panther ini tetap jadi film tunggal tapi punya misi besar untuk lanjut ke Infinity War nanti.

NICE!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment