7 rahasia hutan

REUTERS/Regis Duvignau
Di mana Anda akan menemukan pusat rekreasi terbesar di dunia dan supermarket paling alami? Hutan tidak akan menjadi jawaban pertama Anda, kan?

Itu hal tentang hutan. Mereka menyimpan rahasia.

Sudah terlalu lama kita melihat pohon sebagai objek atau hias yang murni, objek di latar belakang atau di samping. Mereka menghiasi jalan-jalan kota. Mereka memberi kita tempat-tempat teduh untuk beristirahat dan lega dari matahari. Mereka memberi kita kertas dan bahan bakar, buah dan kacang. Manfaat ini cukup jelas.

Namun, beberapa manfaat lainnya hampir tidak terlihat oleh mata telanjang. Hutan diam-diam bekerja di latar belakang, diam-diam membersihkan air kita, menyaring udara kita dan melindungi kita dari perubahan iklim. Mereka adalah malaikat penjaga bagi lebih dari satu miliar orang, menyediakan makanan, obat-obatan, dan bahan bakar bagi mereka yang mungkin tidak memiliki akses ke sumber daya ini dari tempat lain. Mereka menampung lebih dari tiga perempat dari keanekaragaman hayati darat dunia dan merupakan rumah bagi banyak orang termiskin di dunia.

Hutan memainkan peran kunci dalam kehidupan kita yang bahkan tidak kita kenal. Berikut adalah 7 cara bagaimana dan beberapa rahasia terbaik mereka disimpan:

1. Supermarket - Lebih dari sekadar apel atau jeruk yang kita ambil dari pohon, hutan adalah pasar makanan yang sesungguhnya. Hampir 50 persen buah yang kita makan berasal dari pohon, belum lagi kacang dan rempah-rempah yang juga kita dapatkan dari keranjang makanan ini.

2. Asuransi jiwa - Beberapa komunitas bergantung hampir secara eksklusif pada hutan untuk sumber makanan mereka. Sekitar 40 persen penduduk miskin pedesaan yang ekstrim - sekitar 250 juta orang - hidup di kawasan hutan dan padang rumput. Untuk komunitas ini, hutan dan pohon yang hidup adalah jalur hidup dan asuransi mereka terhadap kelaparan.

3. Air Mancur - Hutan menyediakan sebagian besar air minum untuk lebih dari 1/3 kota terbesar di dunia termasuk New York dan Mumbai. Banyak sungai dan sungai memiliki sumber mereka di hutan. Pohon bertindak sebagai filter dan memberi kita air bersih yang sangat penting untuk kehidupan.

4. Energi - Sekitar sepertiga penduduk dunia menggunakan kayu sebagai sumber energi untuk kebutuhan seperti memasak, merebus air dan pemanasan. Kayu dari hutan memasok sekitar 40 persen dari energi terbarukan global - sebanyak tenaga surya, hidroelektrik dan tenaga angin digabungkan. Pepohonan tumbuh kembali, tetapi kita perlu lebih menekankan penggunaan sumber daya ini secara berkelanjutan untuk melindungi hutan kita dari degradasi.

5. Superhero - Hutan dan pepohonan mungkin terlihat tidak mencolok seperti Clark Kent, tetapi mereka seperti Superman dalam banyak hal. Mereka adalah pahlawan kita dalam perang melawan perubahan iklim. Mereka membuat kota kita lebih berkelanjutan dengan mendinginkan udara secara alami dan menghilangkan polutan. Mereka menjaga kesehatan kita dengan memberi kita tempat untuk beristirahat dan bersantai. Mereka mengatasi degradasi lahan dan berdiri melawan hilangnya keanekaragaman hayati dengan menyediakan kehidupan tanaman dan hewan dengan habitat.

6. Penyerap karbon - Sebagai kekuatan yang baik, superhero hutan kita bertindak sebagai penyerap karbon, menyerap setara dengan sekitar 2 miliar ton karbon dioksida setiap tahun. Seperti halnya pahlawan super, mereka memiliki kekurangan. Deforestasi adalah kryptonite mereka. Ketika pohon ditebang, mereka melepaskan karbon dioksida ini kembali ke udara. Deforestasi sebenarnya merupakan penyebab perubahan iklim kedua setelah pembakaran bahan bakar fosil. Ini menyumbang hampir 20 persen dari semua emisi gas rumah kaca - lebih dari seluruh sektor transportasi dunia.

7. Rekreasi - Pohon adalah penghilang stres. Pariwisata berbasis alam tumbuh tiga kali lebih cepat daripada industri pariwisata secara keseluruhan dan sekarang menyumbang sekitar 20 persen dari pasar global. Studi bahkan menghubungkan ruang hijau dan tutupan pohon di kota-kota untuk mengurangi tingkat obesitas dan kejahatan. Sebagai salah satu contoh, tingkat obesitas anak-anak yang tinggal di daerah dengan akses yang baik ke ruang hijau lebih rendah daripada mereka yang memiliki akses terbatas atau tidak sama sekali.

Hutan telah menjadi pembantu kami yang tenang. Mereka diam-diam memainkan peran yang lebih besar dalam kehidupan kita sehari-hari daripada yang kita sadari. Kita tidak dapat menjalani kehidupan yang sehat dan produktif yang kita tanpanya tanpa mereka dan kita tidak bisa berharap memiliki dunia #ZeroHunger tanpa meminta bantuan mereka, bantuan pemerintah, agen dan badan yang melindungi mereka dan bantuan Anda dalam menghormati mereka.

Bagikan pesan-pesan ini dengan teman-teman dan pikirkan tentang bagian yang mereka mainkan dalam hidup Anda. Hutan dan pohon juga harus mendapatkan pengakuan. Sudah waktunya untuk menumpahkan rahasia mereka.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment