Mendingan masukin
asuransi, baru bisa bawa mobil juga kan? Lumayan loh!
Masih teringat pesan kakak ipar waktu pertama kali melihat
mobil kami. Memang bukan mobil baru sih, mobil bekas. Diputuskan untuk dibeli
karena kondisinya sangat baik. Bukan cuma karena masih mulus, tapi juga karena
mobil ini bukan mobil harian, tapi mobil mingguan yang dipakai seminggu sekali
saja. Bayangkan saja untuk setahun pemakaian, tidak sampai 12 ribu kilometer.
Terlebih saat dibandingkan dengan harga mobil jenis ini di pasar mobil bekas,
selisihnya bisa sampai 20an juta.
Umur segini baru bisa
nyetir? Kemana aja?
Agak memalukan memang, lulus kuliah lebih dari 5 tahun tidak
punya SIM A. Prinsip baru mau bisa kalau
punya sendiri bisa dibilang salah juga sih. Rada malu kalau jalan-jalan
bareng naik mobil pribadi, bisa jadi prioritas terakhir yang diajak karena
dianggap tidak terlalu berguna. Baru kerasa sekarang setelah punya mobil
sendiri, baru belajar, baru bisa, dan lecet di mana-mana.
Dan konyolnya, lecetnya itu selalu saat parkir di rumah,
justru kalau di jalan mah aman-aman saja. Dari spion kanan patah, depan kanan
dan kiri, sampai belakang kanan pun akhirnya lecet.
Makanya nanti sebelum Damar lulus sekolah atau mau masuk
kuliah, kudu bisa bawa kendaraan. SIM A dan SIM C kudu punya. Lah kan
Rasulullah juga memberi pesan ajarkan
anakmu memanah, berenang dan berkuda bukan? Anggap saja punya SIM A dan SIM
C adalah tambahan dari ajaran berkuda. Biar makin mandir.
Mencari Asuransi
Mobil
Proses pencarian asuransi mobil ini terbilang alot dan
panjang. Dari mulai tanya teller bank untuk rekomendasi asuransi mobil yang
cocok, hingga menyempatkan diri untuk hadir pada acara kumpul blogger yang
membahas soal asuransi mobil.
Oh iya, untuk urusan asuransi, saya bisa dibilang kolot.
Saya termasuk yang trauma dengan metode telemarketing soal penawaran asuransi.
Pokoknya beneran kolot deh, kudu ketemu orangnya, pingin tahu lebih rinci
bagaimana aturan mainnya dan seterusnya. Karena di era sekarang kan informasi
harusnya dengan mudah tersajikan ya, tinggal aktif saja mencari informasinya
entah di website atau kirim brosur via email atau WA.
Balik lagi ke soal asuransi mobil pada acara kumpul blogger
kemarin, saya punya kriteria untuk saya pribadi dalam memilih asuransi mobil.
Dan RaksaOnline (nama asuransi mobil yang dikenalkan) menjawab tuntas kriteria
saya tersebut. Ini kriteria yang menurut saya penting :
1. Informasi Produk Mudah Didapat.
Jaman sekarang itu eranya informasi, setiap orang dengan
mudah memberikan informasi. Baik melalui chat, social media, video, bahkan
website (istilahnya user generated
content). Kita semua bisa jadi publisher. Saking banyaknya informasi yang
berseliweran ini membuat generasi sekarang itu berpikir kritis. Ditambah lagi
kemampuan observasi yang sudah mewabah membuat generasi sekarang ini kian
mandiri mencari informasi.
Saya salah satunya,
makanya saya tidak senang jika informasi hanya dating dari telemarketing saja.
Pingin caritahu lebih dalam, bagaimana reviewnya dan seterusnya.
RaksaOnline menjawab hal tersebut dengan setidaknya 2 hal :
Pertama, simulasi premi asuransi mobil. Dari sini, secara gamblang
dapat diketahui apa saja produk yang dimiliki oleh RaksaOnline. Tinggal isi
saja sesuai dengan kebutuhan. Tentunya yang paling penting adalah perkiraan
harga kendaraan, tahun kendaraan dibuat dan penggunaan kendaraan. Selebihnya
tinggal pilih fasilitas apa yang diinginkan.
![]() |
nominal premi setelah isi harga kendaraan dan kebutuhan lain. |
Ingat ya! Premi yang tertera di sini adalah premi tahunan.
Dan bisa saja naik atau turun tergantung pada hasil survey kendaraan lanjutan.
Kedua, fitur chat dengan customer service. Lagi-lagi tidak
seperti telemarketing yang ketika kita ada pertanyaan setelah percakapan, kita
bingung mau tanya ke mana. Fitur chat pada RaksaOnline ini sangat membantu.
Kalau semisal malam habis diskusi dengan istri dan kemudian ada pertanyaan,
tinggal tanya saja lagi.
Patut dicatat ya! Untuk chat ini hanya dijawab saat jam
kerja saja. Sepertinya dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Tolong koreksi kalau
saya salah.
2. Berorientasi Pada Nasabah.
Ini poin penting untuk urusan jasa. Harus memiliki orientasi
pada Nasabah. Pokoknya gimana caranya biar nasabahnya terpuaskan. Minimal
tenang saat menghadapi musibah, tidak justru ditambah ribet oleh pihak
asuransi. Dan lagi-lagi dijawab dengan lugas oleh RaksaOnline dengan setidaknya
3 hal. Hal ini diluar layanan fasilitas derek 24 jam dan jaringan bengkel di
seluruh Indonesia.
Pertama, Member Club. Asuransi Raksa ini punya club member
untuk para nasabahnya. Terbagi menjadi dua, Silver dan Gold.
Yang jelas untuk Gold adalah mereka yang harga mobilnya diatas 900 juta a.k.a
mobil MEVVAH.
Kalau ditanya fasilitasnya apa? Untuk yang Silver dulu ya.
Selain ruang tunggu yang nyaman, juga mbak-mbaknya siap membantu kita. Selain
ruang tunggu yang enak dan komplimen gratis macam kopi.
Bagaimana dengan yang Gold? Sama seperti Silver, dengan
tambahan personal asisten. Kurang? Yang Gold juga punya reflexology, manicure
dan pedicure. Tentu juga dengan priority
authorized workshop. Secara mobilnya mahal, fasilitasnya juga kudu lebih.
Kedua, Aplikasi Mobile. Jaman sekarang pelayanan tidak disertai
aplikasi mobile itu rasanya hampa. Mungkin ini yang mendasari RaksaOnline
kemudian mengeluarkan aplikasi mobile untuk para nasabahnya di Android.
Selain informasi seputaran RaksaOnline, aplikasi ini juga
membantu nasabahnya untuk mencaritahu posisi bengkel terdekat dan tempat klaim
terdekat (tempat klaim ini bisa pindah-pindah
karena dapat dilakukan pada Moline – Mobil Raksa Online). Juga bisa
memantau perkembangan klaim secara real-time.
Ketiga, Mobil Raksa Online. Ini dia yang saya maksud
pindah-pindah. Adalah mobil yang keliling-keliling untuk mempromosikan
RaksaOnline secara offline. Eh aneh juga ya bahasanya, maksudnya Asuransi Raksa
secara offline. Mobil ini keliling-keliling seputaran Jabodetabek.
Karena fungsinya juga sebagai penerima klaim, maka interior
mobilnya pun terbilang nyaman. Bahkan dilengkapi kulkas mini segala.
3. Berpengalaman Dan Punya track record Baik.
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Setidaknya mencari
asuransi mobil yang sudah berpengalaman dan punya rekam jejak yang baik adalah
yang utama. Tercatat Asuransi Raksa ini berdiri sejak tahun 1975. Walah,
usianya saja sudah lebih tuir dari usia saya. Kalau tanya bagaimana rekam
jejaknya, lihat saja pada halaman testimony di websitenya.
![]() |
secuplik testimoni |
Lagian kalau penghargaan terhadap nasabahnya kurang/tidak
memuaskan, pasti akan ditinggalkan. Tidak akan bertahan hingga sekarang dan
tidak mencakup seluruh Indonesia.
Ajib ya 3 kriteria di atas, terjawab tuntas semua. Sangat
layak RaksaOnline sebagai Asuransi Mobil.
Asuransi buat mobil penting ya Mi. Utamanya buat nyetir di Jakarta. Kita udah hati-hati banget, eh orang pada sembrono.
ReplyDelete