Negara-negara pesisir ini tenggelam paling cepat

REUTERS/Eduardo Munoz
Ketika bencana alam menyerang, gambar-gambar televisi menunjukkan kepada kita kekuatan banjir yang menghancurkan, tanah longsor, badai dan angin topan. Rumah-rumah dan bisnis yang hancur, mobil yang terbalik, dan perahu-perahu pantai adalah merek dagang dari cuaca tropis yang parah. Sementara kerusakan semacam ini adalah mengubah hidup orang-orang yang terkena dampak, itu sebagian besar dapat diperbaiki.

Namun, peristiwa cuaca penuh kekerasan ini, ditambah dengan efek perubahan iklim, dapat meninggalkan kerusakan yang tidak pernah mungkin diperbaiki. Seluruh daratan dapat bergeser, atau tenggelam di bawah gelombang, tidak pernah terlihat lagi.

Data bank dunia menunjukkan 37 negara menderita kerugian ke lahan mereka antara 1961 dan 2017.

Beberapa negara mengalami pengurangan lahan yang dramatis tetapi secara keseluruhan perubahannya relatif kecil.

Penyebab kehilangan tanah termasuk naiknya permukaan laut dan erosi pantai, tetapi bencana alam sering menjadi kekuatan yang paling merusak dalam hal mengurangi luas lahan negara-negara di garis api.

Seperti yang diperlihatkan bagan, negara pulau kembar St Kitts dan Nevis kehilangan lebih dari 25% dari luas daratan tahun 1961, proporsi terbesar dari negara mana pun. Pengurangan lahan seluas 90 kilometer persegi itu sebagian besar disebabkan oleh naiknya permukaan laut dan posisi teritorial Karibia, membuatnya rentan terhadap dampak peristiwa iklim ekstrim seperti angin topan.

Beberapa badai kuat telah merusak pulau-pulau, khususnya Hurricane Luis (1995), Georges (1998) dan Lenny (1999). Angin kencang dan ombak dapat mengikis garis pantai, memindahkan pantai dan menyerap lahan basah, membentuk kembali wilayah daratan.

Ekuador menunjukkan penurunan massa tanah terbesar berikutnya di antara negara-negara dengan garis pantai, kehilangan 10,29% dari wilayahnya selama periode waktu yang sama, pengurangan 28.480 kilometer persegi.

Vietnam telah kehilangan 4,74% dari total luas lahannya sejak 1961, diikuti oleh Bulgaria dengan pengurangan lahan keseluruhan 1,87%.

Serta St Kitts dan Nevis, grafik termasuk negara-negara pulau lainnya yang berisiko dari naiknya permukaan laut, seperti Seychelles dan Kuba.

Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment