Bumblebee, Perjalanan Awal Menapak Bumi

screenrant.com
Sangat wajar ketika terdapat karakter favorit dalam sebuah universe, lalu dibuatkan film solonya. Selain secara fanbase sudah diyakini menjual, juga secara cerita bisa dikembangkan. Keduanya bisa saling menunjang atau salah satunya saja selama mendukung.

Buat yang pernah nonton Transformer, selain Optimus selaku pemimpin Autobot dan Megatron pemimpin Decepticon, penonton pasti kenal dengan karakter Bumblebee. Sidekick Optimus di Autobot ini dengan mudah dikenali karena selain keren dengan aksinya, Bumblebee adalah salah satu Autobot yang paling mencuri emosi.


Jadi wajar sekali kalau film yang memusatkan karakter pada Bumblebee ini dibuat. Plot film ini bercerita bagaimana Bumblebee datang ke bumi dan konflik apa yang dialaminya.

Suasana Cybertron - slashfilm.com
Kehancuran Cybertron dan Pengungsian.

Di awal cerita, kita disuguhkan dengan pertarungan di planet Cybertron antara Decepticon dan Autobot. Agak kurang nangkep juga sih kenapa kemudian Autobot mundur dan melarikan diri. Apakah karena kalah? Apakah karena karena planet ini ini akan hancur atau kenapa? Tapi ada yang menarik dari salah satu ucapan prajurit Decepticon di bumi pada Bumblebee. Dia mencap Autobot adalah penghianat dan pemberontak.

Walah, udah kayak perebutan kekuasaan aja ya? Padahal seingat saya mereka berselisih karena beda ambisi penguasaan energi AllSpark.

But it's ok. Para Autobot mengungsi dan Bumblebee tiba di Bumi. 

Kesalahpahaman dan Rusaknya Vokal Bumblebee

Wujud awal Bumblebee sebagai Jeep - digitalspy.com
Saat Bumblebee tiba di bumi, dia jatuh di tengah-tengah latihan militer. Lantas dengan mudah militer menganggap jatuhnya Bumblebee itu sebagai sebuah serangan. Bumblebee kemudian diburu oleh anggota militer tersebut.

Kedatangan Bumblebee ini juga terdeteksi oleh salah satu anggota Decepticon yang ada di bumi, Blitzwing. Serangan Blitzwing yang membabibuta ini melukai anggota militer yang tadi mengejar Bumblebee.

Blitzwing vs Bumblebee ini dimenangkan oleh Bumblebee dengan harga yang mahal, vokalnya dirusak oleh Blitzwing sebelum kalah. Bumblebee yang terluka kemudian berubah menjadi VW kuning.

Blitawing - comicbook.com
Herbie versi Robot

Herbie & Maggie
Adalah Charlie Watson si remaja wanita yang kemudian berjodoh dengan Bumblebee. Sumpah! Remaja cewek dengan mobil VW kodok langsung mengingatkan saya pada Herbie dan Maggie Payton. Memang latar belakang Watson dan Payton ini bedbeda jauh. Tapi emosi si gadis terhadap VW Kodok ini rasanya sama.

Satu hal yang menarik dari Watson pada film ini. Dia digambarkan benar-benar seperti anak remaja perempuan pada umumnya. Keras kepala, pingin terkenal dan manja, kelihatan sekali saat pada ulang tahun yang ke 18 dia merengek pada ibunya kepingin mobil. Padahal di tengah kondisi ekonomi keluarganya bisa dibilang sulit diwujudkan.

Tapi film ini menggambarkan betuk bagaimana karakter Charlie Watson ini tumbuh. Dari yang kepingin populer dan selalu marah dengan keadaan, hingga akhirnya sadar diri dan semakin dewasa seiring dirinya menghadapi konflik bersama Bumblebee.

Bumblebee & Watson
Penipuan Decepticon

Bumblee yang baru dihidupkan kembali oleh Watson ini otomatis mengirimkan sinyal ke luar angkasa. Sinyal ini ditangkap oleh Shatter dan Dropkick di Saturnus. Dan berkat pelacakan ini, mereka menuju Bumi.

Di bumi, mereka disambut oleh tim sector 7 yang dipimpin Jack Burns yang sempat konflik dengan Bumblebee. Pertemuan ini dengan lihai dimanfaatkan oleh Shatter. Mereka berpura-pura sebagai penjaga perdamaian galaksi dan mencari buronan dengan menunjukan hologram Bumblebee.

Shatter & Dropkick -screenrant.com
Oh jelas Burns yang punya pengalaman buruk dengan Bumblebee tentu termakan bualan Shatter ini. Apalagi dibujuk oleh Dr. Powell. Makin percaya lah otoritas manusia ini. Dan mereka mendapatkan akses terbatas terhadap satelit manusia.

Mencegah Decepticon Datang

Selain mencari B-127 (nama asli Bumblebee), Shatter dan Dropkick punya misi utama. Mereka kepingin mengundang Decepticon datang ke Bumi. Dengan berbekal informasi yang mereka curi dari satelit, mereka menemukan menara untuk mengirimkan sinyal.

Burns yang kemudian sadar kalau dirinya hanya dimanfaatkan oleh Shatter dan Dropkick kemudian berbalik mengahalangi misi mereka dan membantu Bumblebee.

Udah ketebak lah ya endingnya gimana, Shatter dan Dropkick gagal kirim sinyal. Mereka kalah dan Bumblebee bebas malah temenan sama Burns.

Scene akhir sebelum Bumblebee menjadi Camaro.
Di akhir film, kita melihat bagaimana Bumblebee berubah menjadi Camaro dan jalan bersandingan dengan truk yang mirip Optimus lawas. Saya Saya sebagai penonton malah menduga-duga jadinya. Jangan-jangan bakal ada lanjutannya yang mungkin menceritakan perjalanan Optimus dan Bumblebee di Bumi.

Udah gitu aja.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment