Alita Batle Angel, Robot pun Jatuh Cinta

Alita - foxfilm.com
Ini adalah film cyberpunk action yang diadaptasi dari Manga series Gunnm. Yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Inggris ya sama dengan judul film ini, Alita Battle Angel. Premis film ini pun bisa dibilang sederhana namun menarik, seorang gadis cyborg amnesia yang mulai belajar tentang takdirnya setelah dia terbangun dalam tubuh baru tanpa memori masa lalu tentang siapa dia.

Film ini mengambil setting pada tahun 2563, saat itu Bumi dihancurkan oleh perang antarplanet yang dikenal sebagai "The Fall" atau "The Great War". 300 tahun kemudian, di kota metropolis rongsokan Iron City, ilmuwan Dr. Dyson Ido menemukan cyborg wanita tanpa tubuh dengan otak manusia yang utuh. Ido menempelkan tubuh cyborg baru ke otak, yang tidak memiliki ingatan, dan menamainya "Alita" setelah putrinya yang telah meninggal untuk siapa ia awalnya membangun tubuh.

Saat Ido membangun kembali "Alita"
Alita terbangun, dan bertemu Dr. Chiren, mantan istri Ido yang terasing, dan berteman dengan Hugo yang karismatik, yang bermimpi pindah ke kota langit Zalem yang kaya. Hugo memperkenalkan Alita ke Motorball, sebuah olahraga pertarungan yang dimainkan oleh gladiator cyborg. Diam-diam, Hugo merampas cyborg bagian mereka untuk Vector, pemilik turnamen Motorball, untuk membangun juara sendiri yang tak terkalahkan.

Suatu malam, Alita mengikuti Ido dan menemukan dia adalah Hunter-Warrior; mereka disergap oleh tiga pembunuh berantai cyborg yang dipimpin oleh Grewishka. Ido terluka, dan Alita secara naluriah membunuh dua cyborg dan merusak Grewishka, yang mundur di bawah tanah. Meskipun Alita telah menemukan kembali keterampilan masa lalunya dalam seni bela diri kuno "Panzer Kunst" (ungkapan Jerman, yang berarti "seni baju besi" secara harfiah "seni baju besi") Ido tidak mendorongnya untuk menjadi Hunter-Warrior.

Grewishka vs Alita - slashfilm.com
Alita menemukan tubuh cyborg yang sangat canggih di pesawat ruang angkasa yang jatuh di luar kota. Mengenali jenazah sebagai Berserker - pasukan kejut mematikan musuh United Republics of Mars (URM) - Ido menolak untuk memasang Alita di dalamnya.

Frustrasi, Alita merusak troli Ido dan mendaftar sebagai Hunter-Warrior. Di Kansas Bar, dia dan Hugo tidak dapat merekrut Hunter-Warriors lain untuk mengalahkan Grewishka. Zapan yang narsis memprovokasi Alita. Dia kemudian memukulinya dengan keras, memicu perkelahian di bar yang kacau sampai Ido turun tangan. Grewishka yang ditingkatkan tiba dan menantang Alita untuk berduel, mengungkapkan dia telah dikirim oleh penguasa teknokrat Zalem, Nova, untuk menghancurkannya.

Terlepas dari keberanian dan keterampilan tempurnya, tubuh Alita diiris oleh jari-jari Grewishka yang bergerigi, tetapi Ido, Hugo, dan Hunter-Warrior McTeague memaksa Grewishka untuk mundur. Ido mentransplantasikan Alita ke dalam tubuh Berserker meskipun ada keberatan dari Dr. Chiren, dan menemukan Alita agak lebih tua dari remaja yang dia duga sebagai akibat teknologi adaptif yang mengubah proporsi tubuh agar sesuai.

Alita new armor - bleedingfool.com
Setelah jatuh cinta pada Hugo, Alita mengikuti lomba uji coba Motorball untuk mendapatkan hadiah uang untuk mengirim Hugo ke Zalem. Ido memperingatkan Alita bahwa para kontestan lain ingin cyborg yang disewa oleh Vector, di bawah perintah Nova, untuk membunuhnya tetapi dia menghancurkan banyak dari mereka dalam kompetisi.

Hubungan Hugo dengan Alita membuatnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan rahasianya. Dia menghadapi Tanji, dalam proses penjambretan cyborg lain dengan anggota geng lainnya; tetapi Zapan muncul, membunuh Tanji, cyborg dan membingkai Hugo, meskipun dia melarikan diri, dan memanggil Alita untuk meminta bantuan; dia meninggalkan perlombaan dan menemukan dia seperti Zapan. Zapana secara fatal melukai Hugo dan memberi tahu Alita bahwa hukum Hunter-Warrior menentukan bahwa dia harus membunuh Hugo atau membiarkan Zapan menghabisinya.

Zapan - tumblr.com
Chiren, yang bekerja untuk Vector, menawarkan untuk menyelamatkan Hugo dengan menempelkan kepalanya yang terputus ke sistem pendukung kehidupan Alita. Ketika Zapan melihat melalui trik dan upaya untuk menghentikan Alita, mech penjaga menghentikan Zapan dari mencuri klaimnya pada karunia Hugo dan Alita mengambil pisau Damaskus yang berharga dan memotong wajahnya.

Ido mentransplantasikan kepala Hugo ke tubuh cyborg, dan memberi tahu Alita bahwa tawaran Vector untuk membantu Hugo mencapai Zalem adalah dusta; sebagai warga negara pengasingan Zalem, Ido yakin bahwa warga Kota Besi tidak dapat memasuki Zalem kecuali menjadi juara bola motor. Alita menyerbu pabrik dan menghadapi Vector, yang mengungkapkan bahwa Chiren telah dipanen untuk organ tubuhnya. Vector memanggil Grewishka, tetapi tubuh nanoteknologi baru Alita memungkinkannya untuk menghancurkannya dengan mudah. Dia memaksa Nova untuk berbicara dengannya melalui Vector. Ketika Nova mengancam akan membahayakan teman-temannya, Alita dengan fatal menikam Vector.

Chiren & Vector - animemojo.com
Ido mengatakan kepada Alita bahwa Hugo telah melarikan diri untuk naik melalui tabung menuju Zalem. Alita menangkapnya, dan memohon padanya untuk kembali bersamanya. Dia setuju, tetapi cincin pertahanan bergerigi yang dijatuhkan Nova merobek tubuhnya dan melemparkannya dari tabung. Hugo, menyadari bahwa ia terlalu rusak untuk bertahan hidup, terima kasih kepada Alita karena telah menyelamatkannya sebelum jatuh ke kematiannya.

Beberapa bulan kemudian, Alita adalah bintang turnamen Motorball. Dihibur oleh kerumunan, dia berjanji membalas dendam dengan mengarahkan pedangnya ke arah Zalem, tempat Nova mengawasi dari atas, menyeringai mengantisipasi.


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment