Perbandingan API SocMed Sederhana

Sudah beberapa bulan terakhir ini saya berbasah-basah dengna API social media. Ada 3 yang saya geluti, Facebook, Google Plus dan Twitter.Dari social media yang dipelototin masing-masing API-nya punya kelebihan dan kekurangan.

Ilustrasi Struktur Data



Dari sisi kembalian data, Pesbuk juara. Paling Rapih. Mark Jukenberg keren banget dalam mengkalsifikasikan datanya. Sementara Twitter Paling seenaknya. Kayaknya waktu bikin struktur datanya pakai metode tambal sulam. Kalau Google+ mah kayaknya ada di tengah-tengah. Rapih. Tapi kayaknya karena fitur API dari Google itu BUANYAK banget, maka kembalian datanya 'disesuaikan'.

Ilustrasi Stream


Nah, kalau dari sisi akses stream, Twitter paling okeh. GRATISSSS. Google+ ada di urutan kedua. Sementara Facebook, walaupun gratis tapi ada step 'pendaftaran' terlebih dahulu yang meesti dilewati kalau mau pakai 'normal'.

Ilustrasi Engagement


Sementara jika dilihat dari sisi engagement, G+ paling payah. Kagak bisaaaa. Kalaupun bisa, cuman Page doang. Itupun kudu partnership sama G+. Sementara pendaftarannya masih membingungkan. Twitter paling cincay, FREE and GO. Yang terakhir Facebook ada di tengah-tengah, gratis sih, tapi perlu 'daftar' dan 'approve' dulu.

Social media lain?!? Udah ah 3 biji aja.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment