Dua Manfaat Shalat Di Awal Waktu

ilustrasi maghrib (sumber wikimedia.org)

"Lo pernah ngerasa gak, kalau kita sholat maghrib awal waktu, jarak dari maghrib ke isya terasa lama banget."

Buat kamu yang muslim pernah juga merasakan hal serupa? Coba deh sholat maghrib awal waktu, setelah adzan langsung shalat. Beberapa kali saya merasakannya, itu pun karena sholat maghrib di awal waktu. Alasan kenapa waktu terasa lambat mungkin sama seperti alasan kenapa perjalanan pulang terasa lebih cepat dibandingkan waktu kita pergi.

Iya, kalau kita menuju tempat baru, entah tempat janjian atau tempat acara, waktu terasa lebih lambat. Perjalanan terasa lama sekali. Hal yang sama tidak ditemui saat perjalanan pulang. Pada perjalanan pulang, waktu terasa cepat. Kita mengira kalau pulang lebih cepat dibanding waktu kita pergi.

Hal ini disebut sebagai return trip effect. Walau terasa cepat, perjalanan pulang faktanya tidak benar-benar lebih cepat dari perjalanan pergi. Faktanya itu semua hanya ada di dalam otak kita. Dalam perjalanan pergi, otak kita cenderung lebih fokus untuk mencerna rute dan objek yang kita temui sepanjang jalan. Ketika otak kita sedang fokus, persepsi otak kita terhadap waktu akan terasa lebih lama. Itu lah juga yang terjadi ketika kita coba fokus di dalam kelas hingga mengeluh kenapa waktu terasa berhenti dan tidak bergerak.

ilustrasi di dalam kelas - capture youtube kok bisa?

Sedangkan saat pulang jika kita melewati jalan yang sama, otak kita lebih familiar dan tak perlu lagi bekerja keras untuk fokus. Sehingga persepsi otak kita terhadap waktu juga akan terasa lebih cepat.

Selain return trip effect, perasaan waktu berjalan lebih cepat atau lebih lambat juga bisa terjadi karena faktor ketenangan. Misalnya ketika kita berangkat dan kita diburu oleh waktu sementara di jalanan terjadi kemacetan. Tentu kita akan khawatir dan tidak tenang. Karena khawatir dan cemas ini, otak bekerja lebih cepat sehingga abai terhadap persepsi waktu. Akibatnya waktu juga terasa lebih lambat. Sementara jika kita bepergian tanpa beban, perjalanan terasa tenang.

Dari tulisan ini dapat disimpulkan bahwa manfaat sholat awal waktu setidaknya memiliki dua manfaat. Pertama, membantu kita untuk tetap fokus. Dan yang kedua, memberikan ketenangan pada kita yang menjalankannya. Jadi tidak salah jika anjuran shalat di awal waktu membantu kita menjaga kesehatan dan baik buat hidup kita.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment