Ini Sebabnya Kenapa Jendela Pesawat Berbentuk Bulat

Ilustrasi jendela pesawat - travel.detik.com

Sering memperhatikan gak sih kenapa jendela pesawat selalu berbentuk bulat? Ternyata ada faktor keselamatan penerbangan di sana. Karena sebelumnya jendela pesawat berbentuk kotak. Adalah De Havilland DH 106 Comet yang merupakan pesawat komersil pertama di dunia yang memiliki bentuk jendela kotak.

Penampakan pesawat berjendela kotak - cnn.com

Terbang pertama kali pada tahun 1949. Pesawat ini didesain dan dibuat oleh British Aircraft Manufacture De Havilland. Ini proyek yang membanggakan Inggris. Padahal masih dalam tahap pemulihan pasca perang dunia kedua, tapi sudah membuat pesawat jet komersial.

Pesawat-pesawat dengan desain jendela kotak ini mengalami kecelakaan fatal. Tidak tanggung-tanggung, terjadi 3 kecelakaan pada rentang waktu 1953 - 1954. Keamanan dan pengawasan terhadap dunia penerbangan begitu tinggi. Jadi jangan heran jika investigasi terhadap kecelakaan pesawat mendapat porsi yang besar. Bahkan bisa memakan waktu investigasi hingga belasan tahun.

Hal yang sama juga terjadi pada kecelakaan pesawat jet komersil pertama dunia ini. Belakangan diketahui terjadi lantaran bentuk jendela pesawat yang berbentuk kotak. Karena bentuknya yang kotak, menyebabkan terjadinya retak pada badan pesawat. Dan retak pada badan pesawat ini memicu terjadinya perubahan tekanan di dalam pesawat yang merusak sistem navigasi pesawat.

Bingung ya?

Begini, ketika pesawat di udara, maka tekanan yang berada di luar pesawat dengan di dalam pesawat tentu berbeda. Nah, perbedaan tekanan ini mengakibatkan stress pada jendela pesawat. Ketika bentuk jendela kotak, maka tekanan (stress) akan lebih sulit lewat ketimbang bentuk jendela bulat atau oval. Sulitnya tekanan ini lewat, maka akan menekan jendela pesawat lebih keras sehingga kemungkinan terjadi retak semakin besar.

ilustrasi tekanan pada jendela bulat dan kotak - techinsider.com

Hasil investigasi yang menyatakan bentuk jendela pesawat harus bulat kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi standar pembuatan pesawat hingga hari ini. Menurut FAA pilihannya ada 2, pertama, bahan pembuat jendela kotak harus dibuat lebih kuat dari badan pesawat. Atau yang kedua cukup dibuat bulat saja jendelanya agar mengurangi beban tekanan.

Mungkin karena alasan biaya yang mahal maka bentuk jendela pesawat hingga hari ini adalah bulat. Untuk mengenang pesawat komersial pertama di dunia, bisa lihat video di bawah ini.

\
Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment