Kamu Merasa Sendiri? Hati-hati! Bisa lebih Berbahaya dari Rokok dan Kegemukan

Ilustrasi kesepian - id-curahanhatiku.blogspot.co.id
Manusia itu sejatinya adalah makhluk sosial loh. Jadi kalau ada orang bilang kalau dia bisa hidup sendiri, itu adalah bohong. Bukan hanya berbohong pada oranng-orang di sekitar, tapi juga membohongi diri sendiri. Karena sejatinya merasa sendiri dan merasa bisa melakukan semuanya sendiri itu adalah hal yang berbahaya.

Masih ingat meme forever alone yang biasa kita lihat pada meme-meme yang muncul di 9gag? Lihat di bawah ini kalau lupa.

Meme forever alond khas 9gag
Kesendirian dalam meme tersebut sering ditafsirkan untuk orang-orang jomblo yang tidak memiliki pasangan. Orang dengan meme ini digambarkan mereka sulit sekali mendapatkan. Memang ini adalah jokes yang menyenangkan, tapi bayangkan kalau hal ini menimpa pada orang-orang yang kita cintai.

Memang sih forever alone itu hanya lucu-lucuan untuk jomblo akut. Tapi selama si jomblo masih memiliki tempat untuk berbagi dan bercerita, hal tersebut tidak menjadi masalah. Justru yang menjadi masalah adalah ketika si jomblo tadi lantas benar-benar merasa sendiri, merasa sepi tak ada yang menemani (halah).

Nah, kalau sudah merasa sepi begitu yang kemudian bisa berbahaya. Apalagi kalau sampai tidak punya orang yang bisa dijadikan untuk tempat berbagi. Itu sangat berbahaya. Bahkan fakta mengejutkan terjadi di Amerika sono, katanya 25% orang sono tidak punya tempat untuk curhat. Individualis sekali ya? Sesuatu yang bagi banyak orang adalah hal yang keren. Jangan ganggu hidup gue! Jangan ikut campur urusan gue! Begitu katanya.

Banyak loh generasi muda kita yang sekarang tumbuh dengan pemikiran seperti itu. Eh semuanya melewati fase tersebut deng. Semuanya, terlebih saat menginjak usia remaja. Ya, antara 13 sampai 17 tahun lah.

Ilustrasi remaja kesepian - liputan6.com
Masih lanjut ke soal penelitian di Amrik. Katanya, orang-orang yang merasa kesepian, bisa terjerumus pada hal-hal yang sangat tidak menyenangkan. Mereka bisa gelisah, depresi, bunuh diri, berprilaku anti sosial dan yang paling parah kesehatannya bisa terganggu.

Bayangkan begini, orang yang kesepian tak punya tempat cerita, saat memiliki masalah dia akan gelisah. Masalah ditahan dan semakin ditahan tentu akan menumpuk. Dan mengakibatkan depresi. Bayangkan saja beban yang tidak keluar-keluar, jadi apa tuh? Kita seminggu enggak pup aja bisa pusing, apalagi memendam masalah. Pusying pala barbie.

Yang paling parah, ketika depresi terus melanda, lama-lama kita akan merasa hidup tidak berguna yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup. Ya mau ngapain lagi? Hidup sudah tidak berguna.

So, kalau melihat ada orang sekitar yang kira-kira kesepian, yuk rangkul. Kan kalau tiba-tiba dia bunuh diri, repot juga.

Oh iya, ada yang menarik nih. Jepang yang tingkat bunuh dirinya tinggi saja sudah aware dengan masalah ini. Makanya Toyota mengeluarkan robot mini yang fungsinya bisa menemani pemiliknya. Tujuannya agar si pemilik tidak merasa sendiri dan kesepian.


sumber :
    Tech Insider
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment