7 Trik Untuk Makan Lebih Sehat

Ilustrasi makanan sehat - nationalgeographic.co.id
Menurut Dr. Aner Tal yang juga seorang PhD consumer psychology bahwa masalah utama bagi orang-orang yang berdiet adalah pada kemampuan seberapa kuat keinginannya. Sebut saja namanya will power. Semakin kuat keinginannya, maka semakin sukses. Misalnya saja pada pantangan untuk tidak memakan gula, jadi ya sangat tergantung pada kemampuannya untuk menahan keinginan memakan gula saja. Bukan pada yang lain.

Hal ini sangat mengganggu menurut Tal. Karena diet hanya akan sukses pada orang-orang yang berkeinginan kuat saja. Sementara ada cara lain untuk mensiasati will power tadi. Dan tentu dibantu dengan lingkungan. Misalnya saja saat menyimpan makanan di dalam kulkas. Simpan makanan-makanan sehat pada tempat-tempat yang mudah dijangkau. Sementara makanan yang kurang sehat, simpan pada tempat-tempat yang sulit dijangkau. Ini akan membantu kita untuk mengambil makanan sehat ketimbang makanan yang kurang sehat.

Berikut 7 tips lain untuk makan-makanan lebih sehat :

1. Gunakan Piring Yang Lebih Ringan

Analoginya sederhana, saat menggunakn piring yang lebih berat, kita semakin sulit menakar berapa banyak makanan yang akan kita makan. Akibatnya, kita tidak akan sadar jumlah, sehingga menyajikan makanan cenderung lebih banyak dan akhirnya, makan lebih banyak.

2. Gunakan Piring Yang Lebih Kecil

Saat menggunakan piring yang lebih besar, maka cenderung porsi yang dimakan juga akan lebih besar. Sementara saat menggunakan piring lebih kecil, maka jumlah yang sedikit akan terasa sangat banyak. Semacam psikologi saja sih, tapi sangat efektif.


3. Potong Makanan Sebelum Dimakan

Kita bisa meyakini diri sendiri saat makan dalam jumlah yang banyak. Padahal jumlah yang banyak itu kecil-kecil. Karena jumlahnya banyak, seolah kita makan sudah dalam jumlah yang banyak dan mengenyangkan. Padahal jika tidak dipotong, mungkin sama saja. Karena dengan semakin banyak potongan, kita akan berpikir bahwa kita makan dalam jumlah yang banyak.

4. Jangan Nonton TV Sambil Makan

Karena semakin kita fokus pada yang lain saat makan, maka kita juga tidak sadar kalau kita sedang makan. Akibatnya, nanti malah makan lagi dan makan lagi karena merasa belum makan.

5. Jangan Nonton Film Horror

Percaya atau tidak, saat menonton film action atau horror, kita makan lebih banyak dari biasanya. Ini terkait adrenalin yang diproduksi oleh tubuh. Jadi kita makan lebih banyak. Atau kalau tidak sambil makan coba deh tonton film horror atau film action. Bandingkan dengan film komedi. Lebih lapar mana setelahnya?

6. Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Ini salah satu yang saya dan istri terapkan. Karena beberapa kali kami belanja bulanan saat perut lapar, Keranjang belanjaan jadi lebih penuh. Dan penuhnya karena barang-barang yang merupakan makanan ringan. Karena memang kami lapar. Ya kalaupun terpaksa belanja dengan kondisi perut lapar, gunakan daftar belanjaan dan tetap fokus pada daftar tersebut.

7. Jangan Pernah Merasa Terpaksa

Ini yang paling krusial sepertinya. Jangan pernah merasa terpaksa untuk hidup sehat atau makan makanan sehat. Karena perasaan terpaksa ini pasti ada pelampiasannya. Dan saat masa itu datang, bisa lebih membahayakan.

Itu lah 7 tips untuk hidup sehat versi Dr. Aner Tal. Saya sih belum semua dijalankan. Tapi ya setidaknya berusaha saja.

Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment