Kita Sudah Merdeka?

Siluet garuda putih berlatar merah - cicakgundar.net
Kenapa sih bangsa Indonesia saat memperjuangkan kemerdekaan begitu kompak dan bersatu-padu? Kalau yang saya ingat dari pelajaran sejarah dulu sih katanya karena perasaan senasib. Sama-sama merasa tertindas dan terampas haknya. Merasakan ketidakadilan dan kesemenamenaan dari penguasa (penjajah). GIle bahasanya ribet banget ya? Enggak tau deh sesuai EYD apa enggak.

Banyak yang bilang kalau merdeka itu artinya ya bebas. Secara sempit bisa diartikan bebas dari belenggu penjajah dan tidak tertindas. Sempit karena dimaknai kondisi dimana belum merdeka. Maknanya kemudian menjadi sangat luas ketika dikaitkan dengan menentukan nasib bangsa sendiri. Cita-cita bangsa sesuai dengan tujuan merdeka memakmurkan diri dengan mengembangkan segala daya upaya diri.

Sebuah video konspirasi yang rilis pada awal Agustus 2016 lalu sedikit mengganggu saya. Benar-benar sebuah video konspirasi karena tujuan utamanya ya memasyarakatkan pemahaman bumi itu datar. Tapi episode yang rilis awal Agustus yang diberi judul Menggugat Sistem Yang Zalim itu benar-benar mengganggu pikiran saya.

Penjajahan yang awalnya represif dengan mengerahkan tentara dan kekerasan berubah menjadi penjajahan ekonomi global. Lihat saja sejak awal 1940an banyak negara-negara Afrika dan Asia yang dijajah Eropa tiba-tiba merdeka karena diberikan oleh penjajahnya. Tentu saja kemerdekaan ini tidak gratis. Pasti ada perjanjian-perjanjian ekonomi dibalik kemerdekaan tersebut. Begitu kurang lebih konspirasi pada video tersebut.


Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia merdeka dengan jerih payah sendiri dan tanpa belas kasihan negara lain. Itu lah sebabnya kenapa Sukarno begitu disegani di mata dunia. Kita bangsa yang berkarakter dan tangguh. Keluar dari PBB, buat Konferensi Asia Afrika. Menolak Olimpiade, membuat Ganefo. Pokoknya keren deh.

Itu lah sebabnya kemudian muncul gagasan untuk melengserkan Sukarno. Lantas diganti oleh Suharto yang menurut penjelasan video tersebut sudah disetir oleh negara-negara maju tersebut.

Video tersebut sebenarnya bisa saja salah hanya propanda dan konspirasi kebencian terhadap PBB, orang kaya dunia dan Suharto. Tapi coba deh tanya ke diri masing-masing sambil sedikit menilik ekonomi makro dan ekonomi mikro kita. Apa benar kita sudah merdeka?

Ngeselin ya tulisan ini.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment