Tujuh Pelajaran Dari Film The Jungle Book

Poster Jungle Book - dnaindia.com
Akhirnya kesampaian juga nonton film The Jungle Book setelah buat tulisan pengantar dari trailernya. (Baca : Enam Karakter Utama The Jungle Book) Sebuah film yang dulu waktu kecil senang baca kisah Mowgli si anak kecil yang hidup di hutan belantara Asia bersahabat dengan beruang dan macan kumbang.

Film ini diawali dengan kisah hutan di musim kemarau. Mowgli si anak kecil sudah agak besar dan bisa berkomunikasi dengan kawanannya (serigala). Karena kemarau, semua hewan terpaksa untuk mencari air di satu-satunya genangan di hutan belantara tersebut. Seperti sudah menjadi hukum rimba di hutan ini, ketika musim kemarau tiba dan semua hewan berkumpul pada genangan air tersebut, tidak boleh satupun hewan saling memangsa satu dengan yang lainnya. Hal ini dipertegas dengan hadirnya di raja rimba Sheera Khan.

Secara garis besar, film ini menceritakan tentang perjuangan Mowgli bertahan hidup di hutan rimba sementara dirinya diburu oleh Sheera Khan si Harimau raja hutan. Namun dibalik kisah tersebut, saya merangkum Tujuh pelajaran dari film ini.

1. Kasih Ibu Sepanjang Masa, Apapun Bentuknya


Mowgli dan Raksha - wennermedia.com
Gambar di atas adalah adegan dimana Mowgli akan berpisah dengan kawanan serigalanya. Sosok serigala di gambar tersebut adalah Raksha, ibu serigala bagi Mowgli. Mowgli sendiri diantarkan pada kawanan serigala oleh Bagheera si panther hitam yang menemukannya sendirian di dalam goa. Bagheera menganggap bahwa kawanan serigala ini adalah tempat paling cocok untuk memelihara manusia. Maka dipilihlah Raksha untuk mengasuh Mowgli bersama dengan tetua kawanan,

Ibu tetaplah ibu. Saat Mowgli sedang diburu oleh Sheera Khan, Raksha tampil penuh keibuan saat Sheera Khan menyambangi markas kawanan serigala tersebut. Bahkan ketika Mowgli kembali dengan api di tangannya pada akhir cerita mata Raksha benar-benar menggambarkan sosok ibu yang penuh kasih sayang.

2. Muslihat Ada Dimana-mana, Jangan Mudah Tertipu


Mowgli saat bertemu Kaa - capture Youtube.com
Hati-hati dengan tipu muslihat. Begitu pesan yang muncul kemudian saat Mowgli berjumpa dengan Kaa si ular piton raksasa. Kata-kata puitis Kaa begitu memesona dan membuai. Mowgli hampir tidak sadarkan diri dan lupa akan tujuan semula untuk melarikan diri dari Sheera Khan. Beruntung dirinya dikawal sempurna oleh Bagheera dan kemudian diantarkan pada Baloo si beruang.

3. Manfaatkan Segala Daya, Gapai Tujuanmu


Baloo menyantap madu hasil usaha Mowgli - telegraph.uk
Setelah selamat dari cengkraman Kaa si ular piton, Mowgli tiba-tiba sadar di dalam goa milik Baloo si beruang. Baloo memperdaya Mowgli dengan mengatakan bahwa dirinyalah yang sudah menyelamatkan Mowgli dari Kaa si ular piton. Karenanya Baloo meminta Mowgli untuk mengambilkan madu yang berada pada sarang lebah yang ada di tebing batu yang tinggi.

Namanya juga manusia cerdik, Mowgli membuat tali dengan menggunakan akar-akar pohon yang sudah dia kumpulkan. Dengan armor dari dedaunan, Mowgli menggunakan kayu dan tali tadi untuk menjatuhkan sangkar lebah penuh dengan madu. Madu kemudian jatuh dan disantap oleh Baloo. Tentu saja madu ini tidak gratis, Mowgli harus merasakan sengatan lebah di sekujur tubuhnya. Yes, Baloo si Beruang berhasil memperdaya Mowgli untuk mendapatkan keinginannya menyantap madu.

4. Jangan Tamak, Ketamakan Bisa Membahakanmu


Mowgli di markas King Louie - metronews.ca
Sekawanan monyet tiba-tiba menangkap Mowgli dan membawanya pada sebuah bangunan tua. Di sana, Mowgli dipertemukan dengan Orangutan raksasa bernama King Louie. Dia adalah raja primata di hutan. Seluruh primata takluk padanya. Dengan tubuhnya yang sangat besar sudah pasti memiliki kekuatan yang sangat besar pula. Segala buah-buahan ada di hadapannya. Dengan seluruh primata yang patuh padanya, tentu bukan hal sulit baginya untuk menguasai hutan.

Hanya saja King Louie masih ingin satu kekuatan yang hanya bisa dibuat oleh manusia. Disebut bunga merah. Adalah api yang biasa dibawa oleh manusia untuk menjaga diri. King Louie menginginkan hal tersebut karenanya menculik Mowgli ke markasnya. Ketamakannya akan kekuatan menjadikan dirinya hilang kontrol dan mengejar-ngejar Mowgli hingga akhirnya King Louie tertimpa reruntuhan bangunan yang dihancurkannya sendiri.

5. Menjadi Penjaga Yang Baik, Tentu Harus Bijak


Bagheera - wikia.com

Ini lah sosok penjaga Mowgli. Dia yang mengantarkan Mowgli kecil dari goa pada kawanan serigala. Dia juga yang menyelamatkan Mowgli dari cengkaraman Kaa si ular piton lalu mengantarkannya pada Baloo si beruang. Dia yang selalu mengingatkan dan mengajarkan Mowgli untuk bertahan di hutan belantara ini. Kata-kata yang paling sering diucapkan Bagheera pada Mowgli adalah : "Stop using tricks, life like others"

Maksudnya hiduplah seperti hewan lain, jangan hidup seperti manusia. Jika ingin hidup di hutan, berprilakulah seperti hewan. Jangan seperti manusia. Begitu kurang lebih artinya.

6. Sama Seperti Ketamakan, Dendam Juga Bisa Membahayakan


Shere Khan - wikia.com

Ini adalah tokoh antagonis dalam film ini. Namanya Shere Khan si harimau bagli yang sangat besar. Dirinya sangat terobsesi untuk membunuh Mowgli. Menurutnya, Mowgli tidak pantas berada di hutan ini karena dia adalah manusia. Menurutnya manusia adalah mahluk yang hanya bisa merusak hutan. Setiap kali bertemu dengan hewan lain, Shere Khan selalu mengingatkan betapa berbahayanya Mowgli ketika dewasa nanti. Maka dia harus membunuhnya sejak dini.

Kemarahan dan dendam Shere Khan bukan tanpa sebab. Ternyata salah satu matanya terluka lantaran perbuatan manusia yang memukulnya dengan obor menyala. Sejak saat itu lah Shere Khan sangat dendam pada manusia. Bahkan karena dendamnya itulah Shere Khan justru menemui ajalnya karena memburu Mowgli hingga terjatuh ke dalam bara api.

7. Dewasa Berarti Mampu Beradaptasi dan Bertanggungjawab


Mowgli - dnaindia.com
Ini dia tokoh utama dalam film ini. Dan satu-satunya manusia yang muncul dalam film ini. Perjalanan di film ini, Mowgli tumbuh dewasa dan kian bertanggungjawab. Sebenarnya dirinya bisa saja mendatangi perkampungan manusia dan bergabung di sana lalu hidup bahagia selamanya. Tapi bukan itu yang dia pilih, Mowgli memilih kembali ke kawanan serigala dan membalaskan dendam ayahnya.

Dalam perjalanan membalaskan dendam, Mowgli yang membawa obor menyala membuat kecerobohan. Percikan api yang terjatuh sukses membakar hutan. Tapi setelah berduel dengan Shere Khan, Mowgli dibantu para gajah memadamkan api. Sungguh suguhan yang menarik, seorang anak kecil bekerjasama dengan hewan untuk memadamkan hutan yang terbakar.

Itulah 7 pelajaran yang bisa diambil dari film The Jungle Book. Ada yang bisa menambahkan? Ini film sarat makna. Walaupun film ini bertujuan untuk menghibur anak-anak, ada baiknya mendampingi mereka dan ceritakan nilai-nilai positif yang terkandung dalam film ini.

Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment