Google Ara, Smartphone Masa Depan Fleksibel

google ara - thenextweb.com
Mungkin ini adalah project paling optimis dari Google. Oh iya, yang belum tahu, ini adalah Project Google yang bernama Google Ara. Setelah sukses dengan OS Mobile Android, Google nampaknya mulai serius merambah smartphone dari sisi hardware. Bukan hanya bekerjasama dengan satu atau dua penyedia saja. Tapi Google sedang membuat platform baru untuk Smartphone masa depan.

Google Ara ini seperti proyeksi smartphone masa depan yang canggih dan mampu mengikuti kemajuan zaman. Misalnya gini, ternyata camera canggih sekarang adalah 40 MegaPixel, kalau sudah mengikuti platformnya Google Ara, ya tinggal ganti saja modul kamera yang ada di HP Google Ara. Beres. Seperti plug & play-nya USB pada laptop. Jadi untuk urusan upgrade, ya tinggal plug n play saja.


Sudah lihat video di atas? Itu lah platform baru yang ditawarkan oleh Google Ara untuk smartphone masa mendatang. Bayangkan kalau hal tersebut terwujud. Betapa mudahnya kelak untuk mengupdate dan mengupgrade seluruh fitur handphone nanti. Bukan hanya pada level fitur saja. Bukan tidak mungkin cover untuk smartphone nanti dibuat semakin lebih berwarna dengan semakin banyak vendor yang berperan.

Ada dua hal yang masih belum terbayang dalam pikiran saya. Pertama, bagaimana jika Google Ara ini terjatuh? Apakah modul-modul pada Google Ara ini akan berhamburan berantakan? Wah kalau berantakan, pasti bakal repot. Tapi tentu bisa diakali dengan cover handphone. Tapi, kalau hanya dengan cover handphone, tentu akan banyak sekali varian cover handphone yang dijual di pasaran. Mengingat akan banyak sekali varian yang bisa disematkan pada Google Ara.

Yang kedua, ketika saya melihat rancangan Google Ara ini, saya langsung terbayang pasti ada platform utama yang menaungi modul-modul tadi. Tentu platform utama ini akan ada masa kadaluarsanya. Sama seperti mother board pada PC sekarang. Walaupun momory card bisa diganti-ganti, Video card bisa diganti-ganti, tapi tentu jalur utama pada mother board sangat terbatas. Mungkin untuk mother board sekarang hanya bertahan sekitar 2 atau 3 tahun sebelum datang memory atau VGA yang baru. Nah ini kan bicara platform handphone yang perkembangannya SUANGAAAT CEPAT. Dan semakin cepat waktu berlalu, tentu semakin cepat pula perkembangannya. Mungkin hanya hitungan bulan sebelum platform utama kadaluarsa.

Sejauh dua hal yang saya utarakan di atas. Tetap saja Google Ara ini adalah sebuah terobosan yang yahud. Bayangkan kalau hal ini bisa terwujud. Semua orang bisa membuat handphone dengan cirinya sendiri dan sesuai dengan kebutuhannya.

Smartphone masa depan menjadi fleksibel.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment