Lucas Levitan, Si Artis Penggabung Kartun dan Fotografi

Lucas Levitant - kickstarter.com
Beberapa orang menyebutkan bahwa jahil itu adalah salah satu bentuk dari kreatif. Jahil yang saya maksud itu tentu bukan jahil seperti zaman Muhammad yang artinya sesat dan bodoh. Jahil di sini adalah usil terhadap sesuatu, hingga sesuatu tersebut tampak menarik, lucu, kadang memalukan, atau menghibur.

Contoh jahil yang keren itu pada saat menanyakan kemana bapak pada gambar kaleng biskuit Khong Guan. Ini sungguh seru sekali. Banyak sekali meme kemudian bermunculan karenanya. Semakin menarik semakin menggila memenya. Tapi ada yang menarik, meme jahil tentang Khong Guan ini rupanya menaikan omset dari biskuitnya. Banyak yang kemudian mencaritahu kemasan asli dari biskuit ini.

Metode jahil ini juga sudah dilakukan oleh seorang artis asal Brasil yang sekarang menetap di London, Inggris. Namanya Lucas Levitan. Lewat tangan-tangan kreatifnya, Levitan sukses menciptakan karya yang membuat kita kadang tertawa melihatnya. Contohnya yang diupload pada salah satu postingan di instagramnya di lucaslevitan.


Coba lihat postingan Levitan di atas. Dengan jahilnya seolah Levitan sudah menemukan asal usul patung-patung yang ada pada pulau Easter. Iya, Easter Island yang berisi patung-patung kepala dan badan saja. Levitan kemudian menambahkan animasi menarik.

Levitan sendiri sudah banyak sekali melakukan kejahilan pada foto-foto yang dianggapnya menarik dan bisa dijahili. Lihat saja beberapa foto di bawah ini yang juga merupakan hasil karya Levitan :




Saking asiknya karya-karya Levitan ini, bahkan sejak pertengahan 2015 lalu sudah ada aplikasi mobile IOS untuk karya-karya Levitan ini. Namanya Photo Invasion. Kemudian sekarang setelah bisa dikatakan sukses, karya-karya Levitan ini akan dibuatkan bukunya dengan judul yang sama persis seperti APP yang dikeluarkan sebelumnya. Iya, bukunya bernama Photo Invasion juga. Semua hal terkait project buku Photo Invasion ini bisa dilihat dengan sangat gamblang pada halaman Photo Invasion di kickstarter.com.


Asik kan ya, dari jahil, bisa berkarya. Bahkan karyanya kemudian menjadi APP dan buku. Mau coba? Asal ingat! Jahilnya tidak boleh menyakiti orang lain ya. Baik perasaan ataupun fisik. Oke!?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment