Book of Life, Merayakan Masa Lalu Sambil Menatap Masa Depan

The Book of Life - bookoflife.wikia.com
Sebenarnya film ini keluar Oktober 2014 silam. Tapi baru kemarin-kemarin nonton film ini. Penasaran dengan film ini karena film animasi ini masuk nominasi Golden Globe Award for Best Animation Feature Film. Jadi, bisa dibilang film ini sangat bergengsi.

Film ini dibuka dengan sekelompok anak yang sepertinya anak nakal yang dipandu oleh Mary Beth ke ke dalam museum. Agak aneh karena tidak masuk melalui pintu utama, melainkan masu melalui pintu yang kasat mata malah seperti tembok. Masuk ke ruangan yang gelap gulita dan berpapasan dengan seorang janitor pria yang sudah tua. Setelah lampu menyala, Mary bercerita tentang kota San Angel dari Book of Life yang merangkum setiap kisah di dunia.

Mary Beth membuka Book of Life - soliloqueue.wordpress.com
Pada hari orang mati, La Muerte, penguasa Land of the Remember dan Xibalba, penguasa Land of Forgotten, bertaruh untuk saling menukar posisi setelah melihat Manolo Sanchez dan Joaquin Mondragon yang berkompetisi saling memperebutkan cinta Maria Posada. Xibalba memilih Joaquin, sedangkan La Muerte memilih Manolo.

Sebelum melangkah lebih jauh, Land of the Remember adalah alam setelah kematian dimana arwah-arwah yang tinggal di sana masih diingat oleh yang hidup. Misalnya kakeknya kakek yang masih diingat oleh cucunya cucu. Atau mungkin pahlawan yang berjasa.

Sedangkan Land of the Forgotten ya kebalikan dari Land of the Remember. Diisi oleh arwah-arwah yang sudah dilupakan oleh orang-orang yang masih hidup. Karena Land of Forgotten sangat membosankan, Xibalba kepingin bertukar peran dengan La Muerte, makanya dia menantang La Muerte untuk bertaruh pada salah satu dari dua pemuda yang sedang kasmaran dan memperebutkan wanita.

La Muerte (kiri), Xibalba (kanan) - parody.wikia.com
Satu waktu, Maria terpaksa harus pergi dari kota asalnya selama bertahun-tahun lamanya karena bersekolah di Spanyol. Joaquin dan Manolo yang cinta Maria, masing-masingnya memberikan sesuatu. Joaquin memberikan babi mungil yang berhasil diselamatkan Joaquin yang kemudian diberinama chuy. Sedangkan Manolo memberikan gitar yang diukir Always play from the heart.

Maria, Joaquin dan Manolo - angieirma.esy.es
Bertahun-tahun berlalu, impian Manolo yang ingin mengalahkan ayahnya Carlos terjadi. Manolo sekarang seorang matador demi menjaga kebanggaan keluarga. Sementara Joaquin menjadi pahlawan karena memiliki Medal's Aid.

Pada hari pertama adu banteng Manolo, Maria tiba. Manolo yang berhasil mengalahkan banteng justru menolak membunuh banteng tersebut. Keputusan Manolo ini membuat ayahnya dan para penonton kecewa. Tapi tidak dengan Maria. Maria kagum pada Manolo.

Malamnya, Maria ditekan oleh ayahnya dan walikota, General Ramiro Posada untuk bersedia menikah dengan Joaquin demi diri Maria dan kota dari Bandit King Chakal. Maria dan Manolo kemudian bertemu di sebuah tempat untuk saling menyatakan cinta.

Namun pertemuan ini diganggu oleh Xibalba dengan bantuan ular berkepala dua. Ular tersebut pertama menggigit Maria, sehingga saat Manolo datang mendapati Maria sudah tak bernyawa. Kemudian Xibalba datang dan menghasut Manolo agar digigit juga oleh ular ini agar bisa bersama dengan Maria.

Manolo dalam bentuk tulang belulang - norvillerogers.com
Padahal sebenarnya Maria tidak mati, dia hanya koma dan bisa dibangunkan dengan medali Joaquin yang didapat dari Xibalba.

Kembali ke Manolo yang masuk dalam Land of Remember. Dia kemudian bertemu dengan ibunya dan seluruh leluhur Sanchez. Setelah bertemu, Manolo diajak menemui penguasa Land of Remember. Begitu masuk ruang penguasa, mereka kaget karena bukan La Muerte yang memimpin, melainkan Xibalba. Di sini, Xibalba bercerita soal taruhan antara dirinya dan La Muerte dan tentu saja terselip soal kecurangannya.

Mendengar penjelasan Xibalba tersebut, Manolo, Carmen (ibunya), dan kakeknya Luis bergegas menuju Cave of Soul untuk bisa berbincang dengan La Muerte, mungkin mengadu lebih tepatnya. Tapi di tengah jalan, mereka bertemu dengan the Candle Maker. yang tugasnya pengawas kehidupan dan keluarga leluhurnya. Ternyata pada book of life yang dibawa the Candle Maker tidak ada yang padam - karena biasanya padam karena sesuatu selain angin.

Akhirnya mereka semua memutuskan untuk melapor pada La Muerte di singgasana barunya di Land of Forgotten. Mereka menceritakan semua yang dialaminya saat kurban terjadi. Xibalba yang marah tidak serta merta memberikan kesempatan Manolo untuk hidup kembali, Xibalba justru menantang Manolo mengalahkan banteng yang dibuat dari seluruh tulang yang dikirimkan oleh keluarga Sanchez.

Banteng untuk melawan Manolo
Sudah bisa ditebak lah ya siapa yang menang. Yap, Manolo menang dan kembali dihidupkan. Sementara di dunia kehidupan, Chakal sedang menyerang. Joaquin, Maria dan Manolo kemudian bahu membahu mnyelamatkan kota.

Udah ah segitu aja, tebak sendiri hubungan antara Manolo, Joaquin dan Maria. Pokoknya mengejutkan. Yang jelas pada bagian akhir kembali lagi pada pemandu Mary Beth yang ternyata di adalah La Muerte dan pak tua yang menjadi janitor adalah Xibalba.


Share on Google Plus

1 komentar :

  1. Bingung sih bacanya karena belum nonton filmnya. Sepertinya ini masuk list tontonan aku nih. Makasih infonya.

    ReplyDelete