Pingin Beli Mobil? Car Of The Year Bisa Jadi Referensi

Car of The Year - mobil123.com
2018 harus punya mobil!

Itu yang selalu saya tanamkan pada diri saya. Sebenarnya targetnya adalah tahun ini, alias 2017. Tapi mengingat anak baru lahir, ada cicilan yang harus dikejar dan baru pindah kerja, jadinya urung terwujud keinginan punya mobil tahun ini. Rada berat tahun ini diwujudkan. Karena dihitung-hitung kalau diwujudkan artinya cicilan bulanan membengkak dan makin banyak uang tertahan pada sebuah keperluan. Memang sih keperluan itu kebutuhan, tapi kalau ada keperluan mendadak lain yang besar bagaimana? Makanya batal deh.

2018 ini harus terwujud! Makanya hampir setiap hari saya rajin-rajin melihat situs jual beli mobil untuk memantau pasaran harga jual mobil incaran yang bekas. Ya kan kalau mobil impian saat ini terlalu mahal untuk diwujudkan, bisa dimulai dengan yang bekas dulu aja. Mobil impiannya dapat, harganya terjangkau. Selain melihat situs jual beli mobil tadi, lihat berita otomotif juga jadi rutinitas harian sekarang. Saya percaya kalau raga ini juga sudah dibiasakan melihat mobil impian, kelak raga akan menuntun jiwa dan jiwa akan membuat semesta turut mendukung.

Sekarang, mobil impian saya itu Smart Fortwo. Sebuah mobil lucu yang hanya berkapasitas 2 penumpang. Sering saya dicibir sama orang-orang kenapa harus mobil kecil sementara badan saya besar? Ada dua alasan, pertama ya lucu aja mobil kecil, tapi pas keluar, orangnya besar. Kedua, ini agak sentimentil alasannya. Sekitar 3 atau 4 tahun lalu saya pernah ke Bandung bersama kawan naik mobilnya. Di tol purbaleunyi, kami yang sudah pol-polan kecepatannya, ternyata disalip dengan santainya oleh smart fortwo. Dari situ saya jatuh cinta dengan mobil mungil ini.

Smart fortwo tampak belakang - mobil123.com
Mahal memang (lihat saja di mobil123.com), dan kalau saya memaksakan membeli mobil ini, istri pasti cuap-cuap enggak karuan. Ya minimal keluar pertanyaan, mau ditaro di mana anak kita?

Oke! Untuk itu saya kemudian mencari alternative lain mobil. Ada 2 yang selalu jadi patokan saya dalam memilih mobil. Pertama¸ review orang-orang yang suka gonta-ganti mobil. Dari mulai susah tidaknya mendapatkan suku cadang, mahal tidaknya suku cadang, hingga keawetan mobil yang saya incar. Sekarang sih sudah tidak terlalu sulit ya cari begituan. Banyak sekali orang-orang independen yang melakukan hal tersebut tanpa berafiliasi dengan merk mobil. Jadi, untuk mendapatkan pemahaman yang objektif harusnya lebih mudah.

Kedua, tentu ini cari yang popular dan kalau perlu rekomendasi banyak orang. Dan hal tersebut bisa didapat dari perhelatan tahunan car of the year yang dilakukan oleh mobil123.com yang bekerjasama dengan iCarAsia yang disponsori oleh PKF. Bisa dibilang ini fair karena mobil123.com tidak berafiliasi dengan merk tertentu sehingga keputusan sudah dipastikan tidak ada tendensius merk dan melibatkan orang untuk memilih car of the year. Terlebih dengan sponsor PKF semakin kokoh objektifitas pemilihan car of the year karena PKF ini independen.

Kalau cara pertama sih bisa dilakukan setiap hari, tapi yang kedua ini nih yang lumayan bikin deg-deg-ser. Karena kategori untuk budget ternyata ada. Budget sendiri saya baru tahu adalah istilah untuk terbatas. Jadi kalau mau menginap di hotel, tapi jatahnya terbatas, ya nginepnya di hotel budget. Begitu juga untuk barang, keluar juga istilah dan kategori budget ini. Seperti kategori-kategori mobil pada car of the year 2017 ini. Karena memang ini mobil pertama dan uangnya terbatas, maka kategori budget yang pasti dilirik paling pertama.

Budget Hatch

Honda Brio - mobil123.com
Ada 2 hatch yang setidaknya menarik perhatian saya, Datsun dan Honda Brio. Eh ternyata Brio yang menang. Sebenarnya tahun 2014 saya sempat satu kosan dengan sales Nissan yang pingin murtad ke Datsun karena tahun tersebut Datsun bakal nongol. Pamor Datsun sempat seksi sebelum dihajar oleh Agya, Ayla dan salah satunya Honda Brio ini. Wajar sih Brio ini jadi pilihan. Harga terjangkau dengan CC yang lebih besar dari pesaingnya pasti jadi pertimbangan.

Ini juga jadi salah satu pilihan saya. Selain harga terjangkau dan CC yang ok, sepupu yang punya mobil ini juga sering kasih review positif untuk mobil ini. Jadi rada ngiler. Cuma satu yang jadi pertimbangan, kapasitasnya cuma 5, jadi perdebatan panjang agak panjang sama istri soal kapasitas penumpang. Dan perdebatan ini belum selesai.

Budget MPV

Toyota Avanza - mobil123.com
Sudah bisa ditebak lah ya siapa pemenangnya. Ya kalau bukan Avanza, pasti Xenia. Karena memang ini mobil paling laku di pasaran. Ini nih yang selalu disarankan orang-orang terdekat sebagai mobil pertama. Murah, sparepart gampang dan di mana-mana. Kalaupun ada yang bermasalah, karena ini mobil sejuta umat, bisa dibawa ke bengkel mana saja. Semua pasti bisa.

Budget SUV

Honda BR-V - mobil123.com
Ini nih mobil yang masuk salah satu mobil impian kalau didowngrade dari smart fortwo. Body yang dikeluarkan Honda untuk mobil-mobilnya bisa dibilang ajib dan futuristik. Memang sih BR-V itu mirip-mirip dengan Mobilio. Kalau kata temen sih, BR-V ini adalah versi lebih tingginya dari Mobilio. Dan karena saya yang enggak ngerti mobil ini benar-benar kepincut sama desain luar BR-V yang keren. Serius keren. Apalagi yang warna hijau. Kesannya MEVVAH sekali.

Selain 3 kategori budget di atas, masih ada satu lagi Budget Sedan. Tapi memang dasar sedan tidak masuk pilihan untuk dimiliki, jadi ya sama sekali tidak dilirik.

Itu lah 3 mobil budget pilihan dari car of the year yang masuk hitungan untuk diwujudkan. Kerja lebih keras, lebih semangat, yakin bisa terwujud!



Tulisan ini diikutkan dalam Blog Competition Mobil123 dan Otospirit.


Share on Google Plus

2 komentar :